Cara Mengatasi Orderan Sepi Grab, Ternyata Mudah!

By | 19 November 2018

Sekarang ini banyak driver Grab yang mengeluhkan sepinya orderan yang masuk. Banyak penyebab orderan ojek online sepi karena beberapa hal. Sehingga diperlukan cara mengatasi orderan sepi Grab. Dengan adanya cara untuk mengatasi permasalahan sepi orderan, maka penghasilan yang didapatkan pun bisa meningkat.

Cara Mengatasi Orderan Sepi Grab

Penyebab Orderan Grab Sepi

Jika dulunya banyak driver Grab yang menerima orderan 3-15 kali sehari, tetapi ternyata sekarang orderan tak seramai dulu. Maka sebelum menerapkana cara mengatasi orderan sepi Grab, kita harus dicari terlebih dahulu penyebab sepinya orderan Grab. Ada beberapa faktor yang menyebabkan sepi orderan, diantaranya:

1. Mengabaikan atau Membatalkan Orderan

Beberapa driver Grab cenderung mengabaikan orderan yang masuk karena beberapa hal. Seperti jarak yang terlalu dekat ataupun konsumen menggunakan promo pembayaran non tunai. Selain itu, terkadang driver akan membatalkan orderan secara sepihak. Hal ini yang akan membuat rating aplikasi menjadi anjlok. Dan untuk mengembalikan rating memerlukan usaha yang tidak gampang.

Baca juga:

2. Salah Posisi

Dalam aplikasi suda disediakan fitur untuk menentukan spot posisi potensial dalam menerima orderan. Jika driver mangkal di tempat yang kurang berpotensi, maka  orderan yang didapatkannya pun tidak akan ramai.

3. Lupa Online

Salah satu hal yang sering dilupakan para driver Grab adalah tidak menyalakan tombol penerima pekerjaan (online) pada aplikasi. Sehingga orderan tidak akan masuk sampai driver Grab menyalakan tombol online.

4. Mode Senyap atau Getar

Terkadang driver lupa mengganti notifikasi senyap atau getar. Hal ini membuat orderan terlewati dan membuat aplikasi terkunci sementara. Sehingga akan susah untuk mendapatkan orderan selanjutnya.

5. Perangkat Tidak Mendukung

Adakalanya perangkat yang digunakan oleh driver Grab tidak mendukung untuk menangkap orderan, terutama jika perangkat yang digunakan merupakan HP 3G. Jika driver Grab menggunakan HP 3G akan kalah dengan driver Grab lain yang menggunakan HP 4G.

Selain itu, penggunaan operator seluler juga mendukung banyaknya orderan yang masuk. Jika jaringan operator seluler tidak memiliki sinyal yang kuat untuk mendapat orderan akan mempersulit driver Grab untuk menerima orderan lainnya.

Bagaimana Cara Mengatasi Orderan Sepi Grab?

Beberapa driver Grab sering mengeluhkan sepinya orderan karena beberapa penyebab orderan Grab sepi seperti yang sudah dijelaskan di atas. Dengan mengetahui beberapa penyebab Grab sepi orderan, maka Anda dapat mengatasinya. Sehingga Anda akan mendapatkan banyak orderan dan membuat penghasilan Anda semakin meningkat. Berikut ini merupakan cara mengatasi orderan sepi Grab yang bisa Anda lakukan.

1. Tidak Mengabaikan Tiga Orderan Pertama

Untuk membuat pesanan pada aplikasi terus datang, maka cara termudah untuk mendapatkan orderan adalah dengan tidak mengabaikan tiga orderan pertama. Meskipun terkadang konsumen menggunakan promo ataupun rute yang diambil konsumen terlalu jauh/dekat jangan dijadikan alasan untuk tidak mengambil orderan tersebut. Dengan tidak mengabaikan orderan akan membuat akun Grab semakin gacor.

2. Gunakan Heat Map

Aplikasi Grab Driver sudah dilengkapi dengan fitur heat map. Dengan fitur ini akan mempermudah Anda dalam mencari tempat mangkal yang ramai. Selain itu jika Anda mangkal di tempat yang tepat akan mempermudah Anda dalam mendapatkan orderan.

3. Pastikan Waktu yang Tepat untuk Ngebid

Menjadi driver Grab bukan berarti Anda bisa bersantai ataupun terlalu lama beristirahat. Anda bisa mengunakan waktu yang sekiranya banyak konsumen yang mengambil orderan. Misalnya, ketika jam pulang sekolah ataupun ketika sore hari.

4. Menjaga Kualitas Jaringan

Untuk mendapatkan orderan, Anda harus mendapatkan jaringan internet yang stabil. Jaringan 4G akan lebih cepat menangkap orderan dibanding dengan jaringan 3G. selain itu sebelum mengaktifkan aplikasi hendaknya Anda memastikan kuota internet Anda mencukupi untuk mengambil orderan yang masuk.

5. Aktifkan Aplikasi

Mengaktifkan tombol penerima pekerjaan sebelum ngebid wajib dilakukan agar orderan yang masuk tidak terlewat. Dengan mengaktifkan tombol online, maka orderan yang masuk tidak akan terlewat. Hal ini akan membuat rating Anda tidak menurun dan akun Anda akan semakin gacor. Dengan begitu, penghasilan Anda dapat meningkat seiring peningkatan orderan yang Anda terima.

Dengan mengetahui penyebab orderan sepi, maka cara mengatasi orderan sepi Grab dapat dilakukan. Beberapa cara di atas bisa Anda lakukan untuk membuat akun Grab Anda semakin gacor, baik itu GrabCar maupun GrabBike. Sehingga penghasilan Anda sebagai driver Grab semakin meningkat.

13 thoughts on “Cara Mengatasi Orderan Sepi Grab, Ternyata Mudah!

  1. Adir Mannang

    Saya tidak sepaham dengan penjelasan diatas karena saya dilapangan sering terjadi cancel karena penumpang tidak sabar, orang yg iseng sengaja mengerjai mitra dan ada juga katanya tidak sengaja cancel. Hal tersebut di sapu rata oleh pihak grab dengan alasan pembatalan yg secara akal sehat untuk apa saya ngojek kalau untuk saya batalkan sangat kurang bijaksana kebijakan pihak grab.

    Reply
  2. Nur cholik

    Penumpang harus sabar dikit menunggu karena jalanan kadang mau jemput macet tapi penumpang langsung main cancel saja pihak grab tolong di mengerti kasihan para driver Grab terima kasih.

    Reply
  3. Natrom

    Tolong dibuat sanksi jg buat penumpang yg suka cancel orderan.biar sama¬≤ kena sanksi klo cancel orderan…

    Reply
    1. Info Kerja Post author

      Saya setuju pak, tapi kami bukan dari pihak resmi Grab.

      Reply
    2. Ru

      Mana mau grab kasi sanksi, ke penumpang… Takut penumpangnya pada kabur mas hahaha, mau penumpang salah kek tetep aja driver yg di punish…klo diver pda minggat grab nya untung malah, krna bisa buka pendaftaran dan banyak pemasukan lagi, klo pengguna yg minggat mau di rekrut pake apa hahahah, pake promo????? Hhaahahah, sudah lah mas, om om, bapak2, ibu2 sekalian, pasrah aja disalahin terus..

      Reply
  4. Sunaryo

    Alhamdullilah setidaknya solusi ekonomi terbantu oleh Aplikasi Grab.

    Reply
  5. Noldi lensun

    Gk ngaruh gk blh lwtn 3 orderan prtma….toh sm aja ky semacam orderan udh d atur dan d gilir…..hr ini aja sy d ksh cm 6 orderan sdngkn sy gk lwtn 1 pun orderan….tp sdngkn tmn sy yg 1 tongkrongan udh cancel 2 skl gus te2p aja msh dpt orderan berturut-turut

    Reply
    1. Onih

      Satuju ..pihak grab sengaja mengatur orderan..nu gacor gacor nu anyeup anyeup

      Reply
  6. Sony Affan

    Omong kosong semua itu cuma kira2 aja tidak PASTI.
    Penguasanya adalah sistem/program yg kendalinya ada di pihak Perusahaan OJOL itu sendiri

    Reply
    1. Info Kerja Post author

      saya setuju sama mas, kita hanya bisa coba gimana buat orderan bisa lancar.

      Reply
  7. Info Kerja Post author

    sepertinya sekarang ada algoritma khusus dari grab yah? kok bsa gitu sih

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *