5 Cara Ampuh Mengatasi Enable Maps Permission Gojek

By | 24 Januari 2019

Banyak pertanyaan dari pengguna aplikasi ojek online mengenai bagaimana cara mengatasi enable maps permission gojek dan apa yang menyebabkannya. Saat menghadapi masalah ini, pada aplikasi biasanya juga muncul notifikasi “please enable the maps permission in your setting”. Apa dampak dari error seperti ini?

Tentu memberikan dampak bagi calon penumpang. Penumpang menjadi tidak bisa lagi memesan layanan go ride ataupun go car. Selain itu, penumpang juga tidak bisa order go food ataupun layanan aplikasi Go Jek lainnya.

Penumpang yang harus pergi ke kampus ataupun ke tempat kerja, bisa-bisa terlambat karena Bang Ojol tidak bisa menjemput penumpang. Selain itu, bagi seseorang yang tidak bisa pesan makanan tentu merasa bingung, apalagi kalau itu ia sedang kelaparan. Bisa-bisa perut semakin ingin memberontak.

Cara mengatasi enable maps permission gojek

Cara Mengatasi Enable Maps Permission Gojek

Selain dari sisi penumpang, driver juga merasa rugi jika problem map gojek tidak muncul ini terjadi. Driver bisa kehilangan penumpang sehingga dapat mengurangi penghasilan mereka. Selain itu, jika problem ini terjadi setelah dilakukan pemesanan, menyebabkan ojol tidak bisa mendeteksi adanya keberadaan penumpang sehingga menjadi sulit ketika harus mencari.

5 Cara Mengatasi Enable Maps Permission Gojek dengan Mudah

Sebelum saya memberikan tutorial mengatasi masalah error peta gojek ini, anda harus tau terlebih dahulu hal-hal yang menjadi penyebab tidak bisa diaksesnya peta lokasi saat aplikasi gojek sedang dibuka.

Penyebab tersebut bisa diakibatkan oleh virus atau Malware yang  mencoba masuk ke sistem, kesalahan pada server, atau android anda yang bermasalah bermasalah. Namun apapun penyebabnya, yang jelas penanganannya sama.

Percayalah, sejatinya tidaklah sulit untuk mengatasi masalah aplikasi gojek yang satu ini. Anda tidak perlu menggunakan aplikasi lain, apalagi sampai datang ke pusat kantor Go Jek. Tidak, hal tersebut sama sekali tidak perlu dilakukan.

Baca juga:

Tetapi anda hanya memanfaatkan pengaturan perizinan yang ada pada smartphone. Yuk langsung saja, berikut ini 5 cara mengatasi enable maps permission gojek yang dapat anda lakukan :

A. Cara Pertama : Atur Perizinan Lokasi Aplikasi Gojek

Pada setiap aplikasi, tentu saja membutuhkan perizinan agar bisa diakses dan digunakan dengan lancar. Perizinan tersebut bisa dari gambar, lokasi, telepon, SMS, dan lainnya. Nah, untuk aplikasi gojek ini, dibutuhkan akses lokasi supaya peta bisa dilihat pada aplikasi gojek baik oleh penumpang maupun oleh driver ojol sendiri. Bagaimana caranya?

Cara Mengatasi Enable Maps Permission Gojek (cara pertama)

  1. Masuk ke pengaturan
  2. Menuju aplikasi dan cari aplikasi Go Jek
  3. Pilih perizinan
  4. Hidupkan atau centang lokasi. Selesai.

Sekarang coba buka aplikasi gojek anda. Apakah petanya sudah bisa terlihat? Jika belum coba cara kedua ini.

B. Cara Kedua : Permission Google Play Services

Dalam mengatasi enable maps permission gojek, ternyata juga bisa dilakukan dengan melakukan perubahan pengaturan pada Google Play Services. Adapun caranya yaitu sebagai berikut :

Google Play Services

Google play services

  1. Silahkan masuk menu pengaturan
  2. Ke menu keamanan aplikasi
  3. Pilih permissions atau perizinan
  4. Pilih Get location info
  5. Cari Google Play Services
  6. Terakhir, Accept Google Play Services Permission

Masih tidak bisa juga? Tenang, anda masih bisa melakukan cara ketiga.

C. Cara Ketiga : Autostart Google Services Framework

Terkadang juga problem aplikasi gojek juga disebabkan dari google services framework. Google Service Framework yang mati bisa mengakibatkan gangguan pada aplikasi Gojek. Pastikan google services framework berjalan lalu aplikasi gojek dalam keadaan autostart. Bingung? Ikuti saja langkah-langkah berikut ini :

Cara Mengatasi Enable Maps Permission Gojek

  1. Silakan masuk menu pengaturan
  2. Langsung menuju ke Security App atau keamanan aplikasi.
  3. Pilih permissions/perizinan
  4. Pilih autostart
  5. Cari Google Service Framework
  6. Enable Google Service Framework
  7. Langkah terakhir, enable autostart aplikasi gojek

D. Cara Keempat : Menghapus Cache Aplikasi

Cara mengatasi enable maps permission gojek dengan cara menghapus cache dari aplikasi gojek itu sendiri. Sebagai mana yang kita ketahui, cache merupakan tempat penyimpanan sementara perangkat, yang menyimpan tipe-tipe data tertentu. Proses menghapus cache ini akan berdampak positif yaitu dapat mempercepat dan memperlancar perangkat beroperasi. Selain itu, juga bisa bisa mengurangi data yang dikonsumsi. Berikut ini cara menghapus cache dari aplikasi gojek :

  1. Ke menu pengaturan
  2. Pilih aplikasi
  3. Cari dan buka aplikasi google
  4. Scroll ke bawah, cari pengaturan cache
  5. Bersihkan cache.

Cara Mengatasi Enable Maps Permission Gojek

Tunggu hingga prosesnya selesai. Semakin banyak cache yang menumpuk biasanya prosesnya pun juga agak lama.

E. Cara Kelima : Install Ulang Aplikasi

Banyaknya virus pada ponsel cerdas anda merupakan momok menakutkan yang mempengaruhi kinerja dari aplikasi yang ada di dalamnya. Virus atau Malware selalu membawa masalah tak hanya pada aplikasi, tetapi juga performa.

Mengatasi perizinan peta pada aplikasi gojek yang bermasalah bisa dilakukan dengan menginstall ulang aplikasi gojek bila dirasa mulai terjangkit virus. Hal-hal yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut.

  1. Masuk ke pengaturan, cari aplikasi.
  2. Pilih aplikasi gojek
  3. Uninstall atau hapus aplikasi. Dengan begitu kini aplikasinya sudah tidak ada.
  4. Selanjutnya download dan install kembali aplikasi Go Jek.

Kelima cara di atas insyaallah cukup ampuh untuk mengatasi hal-hal yang berhubungan dengan problem pada aplikasi ojek online (Go Jek). Termasuk diantaranya peta lokasi yang sangat penting bagi driver maupun penumpang supaya bisa lebih mudah saling menemukan.

Driver ojol pun semakin cepat tiba di lokasi tempat anda menunggu. Dan pada akhirnya anda bisa tiba di tempat tujuan dengan lebih cepat. Benar begitu bukan?

Demikianlah beberapa hal yang bisa saya berikan mengenai bagaimana Cara mengatasi enable maps permission gojek, semoga bermanfaat bagi anda seluruh pengguna layanan dan aplikasi ojek online di Indonesia yaitu Go-Jek, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *