Cara Mengatasi Akun Gojek Gagu? Berikut 8 Tipsnya!

By | 20 Juli 2019

Bagi driver ojek online alias Ojol, terutama yang bergabung dengan perusahaan start up Gojek, mengetahui cara mengatasi akun Gojek gagu menjadi suatu keharusan. Tentunya, pengemudi juga perlu memahami dengan benar deskripsi situasi dari akun ojol gagu dan penyebabnya sehingga kemudian bisa menemukan solusi yang tepat. Berikut ulasan lengkapnya.

Cara Mengatasi Akun Gojek Gagu

Apa Itu Akun Gojek Gagu?

Akun gagu sejatinya tidak cuma dihadapi oleh driver Gojek saja. Hampir di semua platform transportasi online dapat muncul kondisi serupa dan bisa menimpa pengemudi online secara acak. Apa sebenarnya maksud dari akun gagu? Menurut etimologi bahasa, gagu adalah ketidakmampuan berbicara. Bagaimana sebuah akun yang merupakan teknologi artifisial bisa disebut gagu?

Maksud dari akun gagu yaitu suatu kondisi di mana akun pengemudi online jarang sekali mendapat orderan. Hal itu berlangsung tidak hanya dalam waktu beberapa jam, namun bisa sampai berhari-hari, hingga hitungan pekan. Jadi, gagu dalam hal ini adalah akun driver membisu seolah tidak aktif padahal pengemudi selalu stand by.

Baca artikel menarik:

Penyebab Akun Gojek Gagu

Lalu, bagaimana bisa akun ojek online, khususnya Gojek, menjadi gagu? Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal itu terjadi. Dengan mengetahui penyebabnya, maka bisa diketahui cara mengatasi akun Gojek gagu tersebut. Langkahnya antara lain :

  1. Algoritma aplikasi Gojek yang berubah seiring dengan update berkala yang diberikan oleh developer. Sedangkan update berpotensi memengaruhi kestabilan sistem di mana akhirnya muncul bug atau gangguan. Jika bug tersebut tidak lekas ditangani, maka risiko yang dapat muncul adalah kegaguan akun pengemudi online secara random.
  2. Driver tidak rajin memperbarui aplikasi Gojek ke versi terbaru. Jadi, setiap kali ada pembaruan dari developer, pengemudi dengan versi terbarulah yang mendapatkan prioritas orderan.
  3. Pengemudi terlalu pilih-pilih dalam menerima orderan dari kostumer / penumpang. Sesuai dengan kebijakan sistem Gojek, driver yang aktif nge-bid atau mengambil orderan akan diprioritaskan. Jadi, pengemudi yang jarang mengambil order atau sering menolak harus menerima konsekwensi disingkirkan dari daftar prioritas sehingga jarang mendapatkan pesanan.
  4. Pengemudi ‘gaptek’ alias gagap teknologi. Sebab itu tidak bisa memanfaatkan akun Gojek yang dimiliki secara maksimal dan berdampak pada akun menjadi gagu.
  5. Jaringan internet pengemudi lemah atau kuotanya menipis sehingga berdasar sistem Gojek auto-bid, driver lain dengan sinyal yang lebih stabil berpeluang lebih besar.
  6. Lokasi mangkal pengemudi bersangkutan tidak terlalu strategis di mana jauh dari tempat yang ramai bidding, terutama untuk layanan Go-Ride, Go-Car, dan GoFood.
  7. Ponsel yang dipakai kurang memenuhi syarat, terutama dari segi RAM dan internal yang terbatas. Sehingga tidak bisa melakukan perbaruan atau aplikasi sering crash karena RAM atau internal yang tersedia kurang.

Cara  Mengatasi Akun Gojek Gagu Agar Kembali Gacor

cara mengatasi akun gojek gagu

Jika situasi seperti itu terjadi, pengemudi pasti berusaha semaksimal mungkin mencari cara mengatasi akun Gojek gagu agar orderan kembali ramai. Bagaimana solusi agar akun yang dimiliki kembali gacor, banjir pesanan?

  1. Pengemudi wajib memiliki sinyal internet yang stabil dan kuota yang cukup. Usahakan untuk memakai provider dengan jaringan yang paling stabil di daerah bersangkutan dengan paket internet terjangkau. Bila perlu, agar jaringan tidak terputus-putus, pilih kuota unlimited.
  2. Gunakan ponsel dengan spesifikasi yang cukup. Tidak harus mahal, karena saat ini banyak HP Android yang menawarkan spesifikasi gahar dengan harga terjangkau. Minimal sistem operasi adalah Marsmallow dengan RAM 3/32 GB. Dijamin aplikasi tidak akan sering crash dan bisa lancar menggunakan maupun memperbaruinya.
  3. Pelajari aplikasi Gojek dengan cermat dan mendalam juga merupakan langkah mengatas iakun Gojek gagu. Periksa semua pengaturan yang bisa membantu orderan menjadi ramai. Contohnya pengaturan auto-bid atau penerimaan order otomatis sehingga akun menjadi murah mendapatkan pesanan dari sistem.
  4. Pilih lokasi mangkal yang strategis, seperti dekat dengan sentra kuliner atau gedung perkantoran dan lembaga pendidikan. Berdasarkan sistem bidding Gojek, pengemudi yang dipilih adalah yang berada di lokasi terdekat dari calon penumpang atau tempat pesanan Go-Food. Jadi, semakin strategis driver mangkal di area-area tersebut, kesempatan mendapat order semakin besar.
  5. Pengemudi harus rajin melakukan update aplikasi ke versi terbaru.
  6. Driver harus memastikan pengaturan GPS di ponsel memiliki tingkat akurasi tinggi. Sebab, akurasi GPS yang kurang berpengaruh pada laporan lokasi pengemudi pada sistem. Di mana situasi tersebut memungkinkan kesalahan informasi bahwa driver berada di tempat yang jauh dari penumpang atau lokasi order Go-Food.
  7. Pengemudi harus berusaha untuk tidak terlalu pemilih apalagi sering menolak orderan. Bila memang tidak memungkinkan untuk menerima pesanan tersebut, bicarakan dengan kostumer secara baik-baik. Beri pengertian agar mereka bersedia dengan suka rela membatalkan pesanan sehingga tidak berdampak negatif terhadap pengemudi.
  8. Bila cara-cara di atas tidak membuahkan hasil, maka solusi terakhir adalah pengemudi harus membuat laporan pada pihak Gojek. Melalui pengaduan tersebut agar dapat dilakukan pemeriksaan tentang penyebab akun menjadi gagu.

Dampak Negatif Jika Membiarkan Akun Gojek Tetap Gagu

Apa yang terjadi jika pengemudi Gojek tidak segera mengatasi akun Gojek gagu? Ada beberapa risiko yang bisa menimpa pengemudi, yaitu :

  1. Penghasilan pengemudi berkurang drastis.
  2. Poin pengemudi yang bisa didapatkan dari perusahaan melalui tingkat kerajinan mengambil order tidak terpenuhi sehingga tidak mendapat bonus.
  3. Jika driver terlalu sepi orderan, akun bisa terbaca oleh sistem Gojek tidak aktif. Ada dua kemungkinan yang dapat terjadi, yaitu akun mengalami suspend atau penghentian sementara maupun dinonaktifkan selamanya.

Jadi, sebaiknya pengemudi tidak menganggap sepele jika akun terlalu sepi orderan karena mungkin menjadi gagu. Lekas tanggap mencari cara mengatasi akun Gojek gagu agar orderan kembali lancar sehingga penghasilan stabil dan tidak berisiko di-suspend atau dihentikan sepihak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *