15 Cara Menaikkan Rating Gojek Paling Ampuh dan Wajib Dicoba!

By | 20 Juli 2019

Dalam dunia ojek online alias ojol, besaran penghasilan diperoleh dari besar-kecilnya orderan yang masuk di aplikasi. Makin banyak orderan, jelas penghasilan melimpah. Nah, untuk memperoleh orderan yang banyak, salah satu hal yang harus diketahui setiap ojol adalah bagaimana cara menaikkan rating Gojek. Kenapa begitu? Karena rating rupanya sangat memberikan pengaruh besar ke penghasilan ojol.

Cara Menaikkan Rating Gojek

15 Cara Menaikkan Rating Gojek Paling Ampuh

Rating yang buruk akan membuat si mitra pengemudi dianggap punya kinerja tidak baik sehingga sistem transportasi online tidak akan mengutamakannya saat ada orderan masuk. Sementara itu, rating merupakan hasil pelayanan seorang ojol terhadap konsumen sehingga hanya bisa dinilai oleh konsumen. Sehingga jika Anda ingin tahu seperti apa cara menaikkan rating driver di Gojek, tentu pelayanan harus memuaskan.

Hanya saja rupanya tidak semua ojol paham seperti apa cara meningkatkan rating Gojek dengan tepat. Termasuk yang demikian? Tenang saja, ulasan berikut ini bakal sangat membantu Anda:

1. Pakai Atribut Lengkap dan Busana Sopan

Cara meningkatkan rating Gojek

Ketika Anda bergabung sebagai mitra pengemudi GO-JEK dengan armada sepeda motor, akan diberi atribut mulai dari helm dan jaket GO-JEK. Meskipun memang ada beberapa driver yang enggan membeli, keberadaan atribut ini rupanya sangat penting untuk menaikkan rating di Gojek. Kenapa begitu? Karena dengan mengenakan atribut seperti helm dan jaket, adalah bukti Anda partner resmi.

Dengan begitu, calon konsumen tentu bakal merasa yakin dengan tampilan Anda yang berseragam GO-JEK dan lebih aman melakukan orderan. Karena memang ada konsumen yang memilih membatalkan orderan hanya karena driver tidak memakai atribut lengkap. Lengkapi dengan busana sopan supaya konsumen makin puas dan bersedia memberikan rating bagus untuk pelayanan Anda.

Baca juga:

2. Tidak Membuat Penumpang Menunggu Lama

Ketika Anda mendapatkan orderan, langsunglah beri tanggapan dengan menerima dan menghubungi konsumen. Setelah itu, jadilah driver yang cekatan dengan sesegera mungkin menjemput penumpang karena ini merupakan salah satu cara menaikkan rating Gojek. Jangan biarkan penumpang menunggu terlalu lama karena mereka bisa kecewa dan membatalkan orderan.

Kalau konsumen terlalu sering membatalkan orderan, maka Anda akan memperoleh rating buruk. Rating yang buruk membuat kinerja Anda tidak sesuai target dan akhirnya, penghasilan tidak memuaskan.

3. Tepat Lokasi Jemput dan Antar

Meskipun memang semua lokasi penjemputan dan pengantaran penumpang bisa dilihat langsung di aplikasi, ada baiknya kalau Anda memahami area tersebut. Memang, dengan adanya internet maka jalur menuju sebuah tempat bisa dilacak melalui GPS, tapi seorang driver yang lebih paham kawasan secara nyata akan membuat konsumen lebih percaya.

Dengan mengetahui lokasi penjemputan secara pasti, maka Anda bisa memperkirakan estimasi waktu tiba supaya konsumen tidak kecewa. Meskipun sederhana, hal ini bisa meningkatkan rating di Gojek yang berimbas ke performa Anda sebagai mitra pengemudi.

4. Menggunakan Kendaraan Berkualitas

Saat mendaftar sebagai mitra pengemudi GO-JEK untuk armada sepeda motor, perusahaan transportasi online berstatus Decacorn itu biasanya memberikan syarat usia sepeda motor maksimal 10 tahun. Di mana kalau Anda daftar jadi calon driver pada tahun 2019, maka usia sepeda motor maksimal adalah keluaran 2009. Kenapa begitu? Karena sepeda motor tua cenderung punya performa tidak memuaskan.

Dengan kendaraan yang berkualitas, konsumen pun bakal nyaman saat berkendara. Selain itu, sepeda motor keluaran baru atau motor lama yang selalu terawat akan membuat perjalanan Anda aman. Lengkapi juga sepeda motor dengan sepasang kaca spion, lampu yang menyala dan kemampuan rem serta gas mumpuni. Kualitas sepeda motor sangat bisa meningkatkan rating driver di Gojek.

5. Selalu Bersikap Ramah

Memiliki sikap ramah adalah upaya termudah menaikkan rating driver di Gojek. Ramah di sini adalah Anda memberikan senyum, tidak berkata kasar hingga merendahkan penumpang. Terutama konsumen perempuan yang jelas sedikit sensitif sehingga membuat Anda wajib menghormati mereka. Namun jangan jadikan sikap ramah untuk berperilaku SKSD (Sok Kenal Sok Dekat).

6. Jangan Sering Batalkan Orderan

menaikkan rating di Gojek

Hal yang wajar jika Anda mendadak membatalkan orderan entah ban sepeda motor tiba-tiba bocor atau kendaraan mogok hingga tubuh terasa sakit. Namun ingat, terlalu sering membatalkan orderan bisa mempengaruhi rating. Driver yang sering membatalkan orderan akan dianggap sistem GO-JEK sebagai pengemudi yang tidak profesional sehingga rating Anda bisa menurun drastis.

7. Aman Bawa Kendaraan

Kemampuan membawa kendaraan di jalan raya termasuk cara menaikkan rating Gojek yang paling ampuh. Jika Anda membawa kendaraan dengan ugal-ugalan dan melanggar aturan lalu lintas, penumpang jelas bisa kesal dan emosi yang akhirnya memberi rating buruk. Selain itu, berkendara secara sembrono bisa membahayakan diri Anda sekaligus penumpang

8. Tidak Melakukan Aksi Curang

Tingginya persaingan ojek online membuat beberapa driver nekat menggunakan aplikasi curang saat mencari orderan. Yang paling terkenal adalah aplikasi Fake GPS yang bisa merekayasa lokasi GPS Anda. Misalkan saja, Anda sedang di rumah tapi Fake GPS meletakkan posisi Anda di pusat keramaian. Sehingga sistem GO-JEK akan melihat Anda sedang di lokasi ramai dan akan memberikan orderan.

meningkatkan rating di Gojek

Aksi curang ini jelas merugikan rekan driver lain dan justru membuat Anda tak akan bisa meningkatkan rating driver di Gojek. Kenapa begitu? Karena GO-JEK melarang betul penggunaan aplikasi curang. Mitra pengemudi yang ketahuan bakal langsung di-suspend akunnya dan memperoleh rating rendah.

9. Menawarkan Kelengkapan Penumpang yang Bersih

Sebagai mitra pengemudi profesional, cara meningkatkan rating Gojek lainnya adalah dengan menawarkan kelengkapan untuk penumpang. Misalkan saja helm hingga masker. Namun bukan semata menawarkan saja, kelengkapan penumpang itu juga harus dalam kondisi bersih. Supaya penumpang merasa diutamakan dan membuat mereka rela memberikan rating bagus ke pelayanan Anda.

10. Membantu Penumpang

Hal berikutnya yang sangat simple tapi merupakan cara menaikkan rating Gojek secara mudah adalah dengan menawarkan bantuan ke penumpang. Misalkan saja ada konsumen order GO-RIDE dan membawa barang belanjaan cukup banyak, Anda bisa membantu mengaturnya dan meletakkan belanjaan secara aman di dekat kaki. Hal sederhana ini justru membuat konsumen puas dan senang.

11. Berkomunikasi Baik ke Penumpang

Segera ketika Anda memperoleh orderan, langsung jalin komunikasi baik dan profesional ke konsumen. Berikan informasi kalau Anda sudah di lokasi penjemputan, sudah mengambil pesanan GO-FOOD atau mungkin tengah terjebak kemacetan. Komunikasi ini bisa Anda lakukan secara profesional melalui fitur chatting di aplikasi dan lakukan secara tepat.

12. Meminta Bayaran Sesuai Tarif Aplikasi

Mendapatkan penghasilan tambahan adalah harapan setiap driver. Namun jangan sampai hal ini membuat Anda nekat memaksa konsumen memberikan tip tambahan, lebih dari tarif yang tertera di aplikasi dengan cara apapun. Hal ini jelas membuat konsumen sebal dan bisa-bisa Anda diberi rating buruk. Karena itu jika ingin menaikkan rating di Gojek, mintalah bayaran sesuai tarif orderan di aplikasi.

13. Mengingatkan Soal Rating ke Penumpang

meningkatkan rating driver di Gojek

Seorang driver memiliki hak dan kewajiban meningatkan penumpang untuk memberi rating dan bintang segera setelah pelayanan usai. Tak perlu sungkan, karena hal ini termasuk upaya meningkatkan rating di Gojek yang wajib diketahui mitra pengemudi. Karena ada beberapa konsumen yang lupa memberikan rating sehingga berdampak ke performa harian Anda.

14. Pilih Lokasi Nongkrong Strategis

Berbeda dengan opang (ojek pangkalan), ojol memang tak perlu ngetem. Namun bukan berarti Anda tidak memiliki lokasi strategis. Jika tepat memilih lokasi, tanpa sadar Anda sudah berusaha menaikkan rating driver di Gojek karena peluang memperoleh orderan lebih besar. Lokasi yang strategis juga membuat waktu penjemputan lebih singkat sehingga konsumen tidak perlu menunggu lama.

15. Selalu Ucapkan Terimakasih

Ini adalah cara menaikkan rating Gojek yang terakhir sekaligus sederhana. Ya, sebagai driver yang bertanggung jawab, selalu ucapkan terima kasih kepada konsumen setiap kali Anda usai melakukan orderan. Hal kecil ini akan membuat konsumen puas dan mereka tak segan memberikan bintang tinggi sehingga rating Anda sebagai mitra pengemudi bakal bagus.

Wah, ternyata ada banyak sekali bukan cara menaikkan rating Gojek? Melihat ulasan di atas, sebetulnya tidak sulit bagi seorang ojol untuk mendapatkan rating yang bagus. Jika Anda lakukan secara tepat dan rutin, bukan tak mungkin kalau seluruh konsumen bakal puas dan akhirnya Anda akan memperoleh rating istimewa. Rating yang sesuai target akan membuat Anda mendapat komisi tambahan sehingga penghasilan meningkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *