Cara Ampuh Menaikan Rating Bintang Driver Grabbike Dan GrabCar

By | 26 Juni 2018

Cara Menaikan Rating Bintang Driver Grabbike Dan GrabCar – Mengetahui cara meningkatkan rating bintang driver Grabbike dan Grabcar memang penting untuk mendapat bonus dan insentif. Seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya, rating bintang didapatkan langsung dari penumpang. Agar fulus tetap mulus, driver harus mempunyai trik untuk menaikan rating bintangnya.

Sebelum mengetahui cara menaikkan rating bintang driver Grabbike dan Grabcar, penting bagi driver untuk mengetahui mengapa rating bintang penting? Rating bintang menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan bonus insentif Grab, baik itu Insentif Bonus Harian maupun Insentif Jaminan Argo.

ara Menaikan Rating Bintang Driver Grabbike Dan GrabCar

Cara menaikkan bintang driver grabbike dengan cepat

Selain menjadi syarat untuk mendapatkan insentif, rating bintang juga menjadi tolok ukur Nilai Performa driver. Semakin tinggi bintang driver, maka semakin baik pula kinerjanya di perusahaan. Begitupun sebaliknya; jika nilai bintang menurun, maka kinerja driver akan turun juga.

Baca:

Pentingnya Rating Bintang Bagi Driver Grab

Rating bintang menjadi hal yang cukup penting bagi driver Grab. Hal ini dikarenakan rating bintang menjadi parameter pelayanan driver Grab kepada pelanggan dengan skala 1-5 bintang. Semakin tinggi bintang rating yang diperoleh oleh driver Grab menandakan pelayanan yang diberikan kepada pelanggan cukup memuaskan.

Pemberian rating bintang oleh pelanggan tidak harus dilakukan setelah melakukan perjalanan, pelanggan bisa memberikan rating bintang beberapa hari setelah melakukan perjalanan. Hal inilah yang terkadangmembuat rating bintang driver Grab naik atau turun, meski di hari tersebut driver Grab tidak melakukan perjalanan atau mengambil orderan.

Meskipun driver Grab hanya bisa melihat rating bintangnya, memberikan pelayanan yang memuaskan akan meningkatkan rating bintang driver Grab. Selain itu, rating bintang juga menentukan jumlah insentif yang akan diterima. Pihak Grab memiliki aturan, bagi driver Grab yang ingin memperoleh insentif tambahan harus memiliki syarat rating bintang minimal 4,3.

Memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan juga akan menghindarkan driver Grab dari risiko pemblokiran akun Grab Driver. Hal ini bisa dicegah dengan cara mengingatkan pelanggan untuk selalu memberikan rating bintang 5 setelah melakukan perjalanan.

Cara Menghitung Rating Bintang Grab Driver

Penghitungan rating bintang Grab Driver biasanya akan diperbaharui di jam 12 siang atau 12 malam dalam setiap harinya. Penghitungan rating bintang driver Grab dapat ditentukan dengan rata-rata 2x sehari penilaian 100 pelanggan terakhir yang sudah memberikan penilaiannya.

Driver Grab bisa mengetahui berapa penumpang yang telah memberikan rating bintang dengan melihat laporan bulanan pada aplikasi Grab Driver. Dengan adanya notifikasi di aplikasi Grab Driver, laporan bulanan mengenai jumlah rating bintang yang didapat akan lebih mudah diakses. Hanya saja driver Grab tidak bisa melihat komentar yang diberikan pelanggan setelah orderan selesai.

Cara Menaikkan Rating Bintang Grab Driver

Nilai rating bintang GrabCar maupun Grabbike dapat dilihat di halaman depan aplikasi Grab driver masing-masing. Untuk menjaga performa, driver wajib mengecek rating bintang secara berkala. Sayangnya, driver hanya bisa mengukur performa dari rating tersebut saja karena komentar penumpang tidak bisa diakses dari aplikasi Grab driver. Lalu, bagaimana cara menaikkan rating bintang? Lihat caranya di bawah ini.

Lakukan Standar Mitra yang Baik

Cara Menaikan Rating Bintang Driver Grabbike Dan GrabCar

Standar mitra yang baik sangat dibutuhkan

Selalu lakukan hal-hal ini untuk menunjukkan kualitas sebagai mitra Grab yang berkualitas:

  • Selalu berpakaian yang bersih, wangi, dan sopan
  • Pastikan kendaraan selalu dalam kondisi yang terawat dan bersih
  • Jangan membuat pelanggan menunggu terlalu lama. Apabila ada musibah seperti kecelakaan, hubungi pelanggan untuk memproses layanan
  • Bagi driver Grabbike, selalu berikan helm yang bagus dan tidak bau untuk penumpang
  • Saat menjemput pelanggan, jangan lupa memberi sapaan dan senyuman
  • Pastikan alamat tujuan dengan pelanggan sebelum berangkat untuk menghindari alamat yang salah. Bila tempat tujuan tidak terkenal atau tidak terdaftar maps, tanyakan detil pada pelanggan
  • Bantu pelanggan untuk menaikan barang jika ada
  • Sediakan masker ataupun jas hujan jika diperlukan.

Saat Menjemput Penumpang

Ketika orderan sudah masuk pada aplikasi, ada baiknya driver Grab tidak pernah membatalkan setiap orderan yang masuk. Hal ini akan membuat aplikasi susah untuk menangkap orderan dan pendapatan yang diterima juga akan semakin berkurang. Agar pelayanan yang diberikan dapat memuaskan pelanggan, driver Grab dapat melakukan hal-hal sebagai berikut:

  • Sapa pelanggan dengan menyebutkan nama untuk menghindari kesalahan penjemputan
  • Konfirmasi alamat penjemputan agar tidak terjadi kesalahan penjemputan atau waktu yang lama saat penjemputan
  • Ketika alamat sudah ditemukan, konfirmasi kembali pelanggan dan tujuan pengantarannya.
  • Bantu pelanggan yang membawa bawaan dan berikan helm atau barang lain seperti masker atau jas hujan jika dibutuhkan.
  • Bagi pelanggan GrabCar ingatkan untuk menggunakan sabuk pengaman.
  • Jika tujuan pelanggan menuju bandara, ingatkan agar tiket pesawat tidak terlupa dan identitas pengenal untuk check-in.

Etika Selama Perjalanan

Cara Menaikan Rating Bintang Driver Grabbike Dan GrabCar

Jaga attitiude selama tour

Waktu perjalanan merupakan waktu paling lama untuk driver berhadapan dengan pelanggan. Maka, ada baiknya bila driver menunjukkan citra yang baik, misalnya:

  • Bagi driver Grabbike, sebaiknya berikan masker pada pelanggan sebelum berangkat
  • Berkendara dengan sopan dan baik, bukan dengan ugal-ugalan dan terlalu cepat
  • Sebisa mungkin hindari mengerem mendadak
  • Ajak penumpang mengobrol untuk menunjukkan keramahan. Apabila pelanggan nyaman mengobrol (senang menjawab dan bercerita), jaga pembicaraan ke arah positif dan tidak menggangu privasi penumpang. Apabila pelanggan nampak tidak nyaman, sebaiknya kurangi mengobrol dan berbicara saat diperlukan.

Saat Sampai Tempat Tujuan

Walaupun proses layanan sudah selesai, driver masih harus berhadapan dengan pelanggan. Jadi, pertahankan citra dengan melakukan hal berikut:

  • Pastikan pembayaran sesuai dengan argo yang sudah tertera
  • Hindari secara sengaja meminta pembayaran lebih dari argo
  • Selalu ucapkan terimakasih
  • Ingatkan pelanggan untuk memberikan bintang

Sedikit catatan mengenai poin terakhir; terkadang ada pengguna Grab yang tidak tahu tentang fitur pemberian bintang dan komentar (biasanya, hal ini dilakukan oleh pengguna baru yang segera menutup aplikasi setelah layanan selesai).

Baca juga:

Dengan mengingatkan, biasanya pelanggan akan segera memberikan bintang dan menambah kesempatan driver untuk menaikan rating bintang. Tetapi, selalu ingat untuk menjaga kesopanan dan jangan memaksa pelanggan untuk memberikan bintang.

Begitulah berbagai cara menaikkan rating bintang driver Grabbike dan Grabcar. Cara-cara diatas sudah terbukti meningkatkan nilai performa para driver ojol. Apabila ingin menjaga kualitas sebagai driver dengan konsisten, lakukan hal-hal diatas setiap bertemu dengan pelanggan. Selamat mencoba!

One thought on “Cara Ampuh Menaikan Rating Bintang Driver Grabbike Dan GrabCar

  1. Ahmad irvan

    Kenapa penilaian pengemudi saya menurun dari 5.80 menjadi 4 78 di saat saya tidak mengunakan aplikasi grab selama 2hari

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *