Bagaimanakah Cara Memesan Gojek dengan Benar? Perhatikan!

Dengan popularitasnya yang terus meningkat, aplikasi jasa antar Gojek sudah tidak asing lagi. Bahkan, setiap bulannya selalu ada ratusan pelanggan baru yang mengunduh dan membuat akun. Selain  standar pelayanan yang diberikan, fitur yang ada dalam aplikasi Gojek pun cukup mudah dimengerti. Selain itu, ada beberapa pilihan cara memesan gojek yang tersedia.

Temukan Aplikasinya

cara memesan gojek

Dapatkan app nya!

Sebelum si pelanggan mempelajari cara memanggil gojek, hal pertama yang harus dimiliki adalah aplikasi Gojek. Agar dapat mengunduh aplikasi ini, si pelanggan harus mencarinya di toko aplikasi online. Bagi para pengguna android, aplikasi Gojek dapat ditemukan di Google Play Store. Sedangkan untuk para pengguna Iphone, cobalah untuk mencari di App Store.

Baca:

Selain kedua pilihan diatas, para calon pengguna juga dapat menemukan aplikasi gojek melalui situs pencarian. Pada kolom yang tersedia, ketikkan “download aplikasi Gojek”. Tautan pada halaman pertama akan mengarahkan si pelanggan ke halaman unduhan yang dimaksud. Ketika memilih tautan, pastikan aplikasi tersebut kompatibel dengan ponsel yang dimiliki.

Unduh Ke Ponsel

cara memesan gojek

Download gojek ke smartphone kalian.

Setelah menemukan aplikasi tersebut, maka pelanggan hanya perlu melanjutkan beberapa langkah sebelum akhirnya bisa mempelajari cara pemesanan gojek.

  1. Pilih aplikasi Gojek pada app store
  2. Pastikan ponsel memiliki sambungan internet
  3. Pastikan ponsel memiliki ruang kosong yang mencukupi
  4. Pilih tombol “pasang” untuk pengaturan bahasa Indonesia atau “install” untuk pengaturan bahasa Inggris
  5. Pastikan proses pengunduhan berjalan dengan lancar
  6. Pastikan proses pemasangan muncul setelah pengunduhan selesai
  7. Tunggu sampai aplikasi selesai diunduh
  8. Pastikan logo Gojek muncul pada halaman ikon ponsel setelah proses pemasangan selesai
  9. Hapus beberapa aplikasi yang jarang digunakan apabila muncul notifikasi bahwa ruang pada ponsel tidak mencukupi
  10. Periksa kembali koneksi internet apabila proses pengunduhan terhenti

Buat Akun Baru

cara memesan gojek

Sign up akun gojek

Memiliki aplikasinya bukanlah langkah akhir dalam tata cara memanggil gojek. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan si pengguna adalah membuat akun Gojek pribadi.

1. Masuk ke dalam aplikasi Gojek yang ada pada ponsel

cara memesan gojek

Masuk ke akun gojek!

2. Pastikan ponsel memiliki sambungan internet

3. Pada halaman awal, pilih “sign up” atau “daftar”, karena si pengguna akan membuat akun Gojek baru

cara memesan gojek

Sign up yah!

4. Isi formulir yang muncul. Ketikkan email pada kolom email. Si pelanggan disarankan untuk memasukkan email aktif, karena Gojek akan mengirimkan berbagai pemberitahuan. Untuk kolom nomor telpon, pastikan nomor tersebut dapat menerima panggilan dan pesan. Sedangkan untuk kolom kunci, masukkan kombinasi yang mudah diingat dan diketikkan.

5. Pilih tombol “sign up”

cara memesan gojek

Kode verifikasi

6. Tunggu pesan dari Gojek untuk verifikasi nomor telpon. Proses ini juga dapat dilakukan melalui tautan email.

7. Masukkan kode verifikasi pada pesan

8. Pilih tombol “submit”

9. Klik tautan yang tersedia, jika verifikasi dikirimkan melalui email.

10. Tunggu sampai halaman depan Gojek muncul

Cara Order Gojek

cara memesan gojek

Order gojek

Dengan aplikasi yang sudah siap digunakan, si pelanggan sekarang dapat mulai mempelajari cara panggil gojek. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan ketika akan memesan jasa antar dari Gojek.

1. Masuk ke aplikasi Gojek

2. Periksa kembali koneksi internet dan pastikan koneksi tersebut aktif

3. Pilih aplikasi “Go-ride” untuk pemesanan jasa antar dengan motor atau “Gocar” untuk jasa antar dengan mobil.

4. Tulis lokasi penjemputan pada kolom bagian bawah. Bagian atas kolom adalah lokasi penjemputan atau lokasi dimana si pelanggan berada. Biasanya, lokasi ini akan terisi secara otomatis selama si pelanggan mengaktifkan fitur GPS. Jika lokasi kurang tepat, aplikasi Gojek akan mengarahkan si pelanggan untuk menentukan titik jemput yang akurat.

cara memesan gojek

Lokasi pick up dan drop down

5. Isi juga detail tempat penjemputan. Informasi ini akan memudahkan go driver untuk menemukan si pelanggan, terutama jika titik penjemputan berada di pusat keramaian kota.

6. Cek harga yang tertera. Harga ini muncul setelah lokasi penjemputan dan tujuan selesai diidentifikasi. Terdapat keterangan tambahan berupa jarak yang akan ditempuh.

cara memesan gojek

Lihat harga nya dan pesan

7. Pilih metode pembayaran yang akan dipilih: gopay atau cash. Gopay sendiri merupakan dompet akun si pelanggan yang dapat di top up nominalnya. Sedangkan metode pembayaran cash adalah metode pembayaran dengan uang tunai.

8. Pilih tombol “pesan go-ride”. Sistem Gojek secara otomatis akan mencari driver yang berada di sekitar area si pelanggan.

9. Tunggu sampai sistem menemukan driver tersebut. Pada layar ponsel akan muncul foto dan nama driver yang bertugas.

10. Tunggu panggilan telpon dari driver untuk konfirmasi pemesanan dan lokasi penjemputan

Batalkan Pesanan/orderan

cara memesan gojek

Cara cancel orderan gojek

Selain mengetahui cara naik gojek, si pelanggan juga wajib mempelajari cara membatalkan pesanan. Mengapa? Karena terkadang si pelanggan salah memasukkan alamat tujuan atau bahkan alamat panjemputan. Langkahnya cukup sederhana, kok!

Pada aplikasi gojek, pembatalan dapat dilakukan pada dua kondisi berbeda. Pertama, ketika sistem masih mencari driver di sekitar area tersebut. Yang kedua adalah ketika driver sudah didapat.

  1. Untuk membatalkan pesanan ketika sistem sedang mencari driver, si pelanggan cukup memilih tombol “cancel order”. Tombol ini terdapat pada bagian bawah halaman pemesanan Gojek.
  2. Pilih alasan yang tidak memberatkan driver ketika mengisi halaman feedback. Mengapa? Karena feedback pelanggan akan menjadi salah satu poin penilaian performa driver Gojek tersebut.
  3. Ketika sudah mendapatkan driver Gojek, si pelanggan akan melihat profil driver yang akan menjemput.
  4. Ketuk pada bagian profil tersebut.
  5. Pilih tombol “cancel order” pada bagian bawah metode pembayaran untuk membatalkan pesanan.

Cara Top Up Gopay

cara memesan gojek

Cara top up go pay

Salah satu metode pembayaran pada aplikasi Gojek adalah Gopay. Untuk dapat mengisi dompet Gopay, pelanggan dapat dilakukan melalui driver, bank transfer maupun di merchant yang ditunjuk. Untuk top up melalui driver, si pelanggan hanya dapat melakukan top up setelah menggunakan layanan go-ride. Sedangkan untuk bank transfer dan merchant, si pelanggan harus memasukkan nomor kode khusus.

Baca juga:

Gojek Lewat LINE

cara memesan gojek

Psan gojek via line

Beberapa pelanggan tidak dapat mengunduh aplikasi Gojek karena memori ponsel sudah penuh. Lalu, apakah mereka tidak dapat menggunakan layanan Gojek? Tentu saja tidak. Gojek bekerjasama dengan aplikasi chatting LINE untuk menyediakan jasa antar.

  1. Masuk ke aplikasi LINE
  2. Cari akun resmi Gojek Indonesia
  3. Ikuti akun resmi tersebut
  4. Isi formulir yang tampil di halaman awal Gojek Indonesia, cukup dengan menambahkan email dan nomor telpon saja. Bahkan, si pelanggan dapat mendaftarkan akun Gojek yang sudah pernaj aktif sebelumnya.
  5. Pilih tombol “order” untuk melakukan pemesanan
  6. Masukkan alamat penjemputan dan tujuan
  7. Tunggu sampai sistem menemukan driver terdekat

Untuk para calon pelanggan yang ingin menggunakan jasa antar Gojek namun memori ponsel terbatas, tak perlu melulu mengunduh aplikasi. Ada pilihan lain yang tersedia, yakni melalui aplikasi Line. Langkah pendaftarannya pun terbilang mudah. Akan tetapi, cara order gojek hanya menggunakan basis fitur chatting biasa. Tertarik untuk mencoba?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *