Cara Membuka Suspend Driver Gojek dan Gocar?

By | 24 Juli 2018

Tak ada driver yang ingin terkena suspend. Ketika hal ini terjadi, mitra driver tersebut tidak bisa menerima pesanan penumpang. Dengan kata lain, si pengemudi akan “libur dengan paksa”. Hal lain yang membuat para pengemudi ketakutan adalah jumlah uang yang ada dalam akun si driver juga tak bisa dicairkan. Untuk itu, penting bagi para driver untuk bisa mempelajari cara membuka akun tersebut, alias cara membuka suspend driver gojek maupun gocar.

Alasan Akun Gojek Terkena Suspend

cara membuka suspend driver gojek

Apa penyebab akun digantungkan?

Meskipun mendapatkan suspend merupakan hal yang kurang menyenangkan. Akan tetapi, pengemudi perlu berkaca kembali; apakah ada kesalahan atau ketidaknyamanan yang terjadi selama memberikan pelayanan di beberapa hari terakhir? Gojek secara jelas telah memberi peringatan kepada seluruh mitra driver mengenai hal hal yang melanggar kode etik pengemudi.

  1. Menerima Order Fiktif

Yang dimaksud dengan order fiktif adalah pemesanan yang tak berpemilik. Untuk menjalankan aksinya, so mitra driver ini biasanya menggunakan ponsel lain.

  1. Menyelesaikan Order Terlalu Cepat Atau Terlalu Lama

Untuk menempuh jarak dari titik penjemputan ke tujuan, sistem Gojek bisa memperkirakan waktu tempuh yang diperlukan. Maka, jika mitra driver berkendara dengan waktu yang tidak wajar, pihak Gojek akan memberikan peringatan.

  1. Menggunakan Aplikasi Yang Dimaksudkan Untuk Memanipulasi

Dengan jumlah mitra driver yang terus bertambah, pihak Gojek telah memiliki perkiraan jumlah order yang dapat diselesaikan dalam jangka waktu tertentu. Maka, satu-satunya penjelasan atas pencapaian cemerlang diatas batas maksimal dari si mitra pengemudi adalah pemasangan aplikasi yang bersifat manipulatif.

  1. Memiliki Rating Rendah

Setiap kali seorang driver Gojek menyelesaikan sebuah order, si penumpang akan memberikan rating untuk performance mitra driver tersebut. Jika driver tertentu sering mendapatkan komentar negatif, maka perusahaan Gojek akan mengambil tindakan.

Informasi terkait!

Dengan tujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, segala bentuk pelanggaran harus ditindak dengan tegas. Selain hukuman yang membuat jera, hal lain yang harus diperhatikan adalah keakuratan penyelidikan. Para mitra driver yang tidak mengikuti kode etik umumnya akan menerima kode suspend tertentu:

  1. Auto Suspend

Maksud dari kode ini adalah si driver telah melakukan pelanggaran yang terdeteksi sistem pengawasan yang diberlakukan oleh Gojek. Dalam kasus ini, akan sulit untuk cara melepas suspend permanen gojek.

  1. Manual Suspend

Selain sistem pengawasan otomatis, perusahaan Gojek secara berkala juga mereview komentar dan rating yang diberikan oleh para pelanggan. Akun driver yang dirasa memberikan kesan kurang baik pun akan menerima imbasnya. Untungnya, ada cara menghilangkan suspend permanen gojek untuk kasus ini.

Berapa Lama Suspend Gojek?

cara membuka suspend driver gojek

Berapa lama suspend gojek?

Mengapa para mitra driver perlu mempelajari cara membuka suspend driver gojek? Jawabannya mudah: karena waktu suspend yang bervariasi. Tergantung dari jenis pelanggaran yang dilakukan, periode suspend bisa kurang dari satu jam hingga harian dan bulanan. Bahkan, beberapa pelanggaran tertentu akan membuat driver tersebut mendapatkan pemutusan kerjasama permanen dari perusahaan Gojek.

Cara Mendeteksi Akun Yang Terkena Suspend

cara membuka suspend driver gojek

Cara mengetahui akun yang ter suspend

Langkah penting yang harus dilakukan sebelum membahas tentang cara membuka suspend driver gocar adalah memastikan bahwa akun benar benar terkena suspend. Beberapa mitra driver tak perlu repot repot melakukan investigasi karena mereka sudah mendapatkan SMS notifikasi dari perusahaan Gojek. Pesan ini dikirimkan ke nomor ponsel yang terdaftar di awal registrasi.

Rekomendasi:

Selain melalui ponsel, pemberitahuan juga bisa diberikan melalui email si pengemudi. Cara lain untuk melihat apakah akun terkena suspend atau tidak adalah menarik saldo yang ada di akun gojek. Apabila muncul pemberitahuan bahwa “akun sudah tidak aktif lagi”, maka akun driver tidak dapat digunakan. Artinya, sanksi suspend sudah mulai berlaku.

Tutorial Cara Membuka Suspend Driver Gojek dan Gocar

cara membuka suspend driver gojek

Dan terakhir, bagaimana cara membuka akun yang terkena suspend

Sebelum lanjut, apakah ada aplikasi buka suspend untuk gojek? Mengenai hal itu, kami juga kurang tahu tepatnya. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan. Para pengemudi yang sudah memastikan bahwa akunnya tersuspend pasti sudah tak sabar untuk belajar cara membuka auto suspend gojek.

  1. Menelpon Costumer Service

Pada banyak kasus, perusahaan tidak menyampaikan secara rinci pelanggaran apa saja yang dilakukan oleh pegemudi hingga ia terkena sanksi tersebut. Maka, langkah awal adalah menanyakan kejelasan pelanggaran yang telah dilakukan.

  1. Mengumpulkan Bukti

Jika alasan yang disampaikan dirasa tidak benar, maka pengemudi berhak membuktikan bahwa dirinya tak bersalah. Akan tetapi perlu diingat bahwa mitra driver juga memerlukan bukti yang kuat.

  1. Datang Ke Kantor Pusat Gojek

Setelah bukti yang diperlukan terkumpul, cara membuka auto suspend gocar selanjutnya adalah mendatangi kantor pusat. Sampaikan keluhan terkait sanksi suspend tersebut. Jika bukti dari mitra dirasa cukup kuat, maka perusahaan akan mempertimbangkan untuk membuka kembali akun yang terkena suspend tersebut.

Dengan sistem yang ada, pengemudi seharusnya menerima pemberitahuan tertulis baik melalui email maupun teks mengenai alasan dan durasi suspend. Untuk dapat bertugas kembali, si pengemudi disarankan agar mengunjungi costumer service Gojek langsung. Berdiam diri tak akan memecahkan masalah. Bersiaplah untuk melakukan cara buka suspend permanen gojek.

33 thoughts on “Cara Membuka Suspend Driver Gojek dan Gocar?

  1. Noerdiyanto

    Tgl. 17 sept 2018 saya kena suspend apa ada kompensasi sekitar jam 03:30 pagi . penumpang tetap saya jemput antar sampai tujuan ke juanda (gopay) , saya kerja blm seminggu sdh kena suspend.

    Reply
  2. Rofi santoso

    Suspensi putus mitra.kenapa alasan melakukan opic.saya berani jamin dan sumpah kalau saya tidak pernah melakukan Opik.ruting performa saya 5 .tapi entah kenapa saya di pm.sy drver yg sering Bolang dan tidak pernah melakukan pilih order.saya bingung istri lagi hamil.anak sekolah.dan ada anak yatim dirumah.tapinsetelah saya pm.sy tidak bisa melamar kerja karena usia.dan daftar grabb Lom dipanggil …apa yang harus saya lakukan…….

    Reply
  3. asnan

    sya kena suspend permanen.sdngkan bru 1 x kena suspend tpi ud permanen.

    Reply
  4. Muhammad sholahuddin

    Akun gojek saya terkena PM apa bisa diaktifkan kembali tolong pengertian nya ya.. Makasih

    Reply
  5. Sukardi

    Klau stnk pajak mati satu bulan boleh buat melamar gocar ga yaa mohon infonya

    Reply
  6. ferdinand

    saya kena suspend tp tdk ad jawban yg pasti..infonya suspend permanend by email..pdhl kita juga bersungguh2 mencari uang..tdk ad sama sekali peringatan seperti d kantor SP 1 SP2 SP3 atau terminate..

    Reply
  7. Agus suryana

    Sy pernah kena susfend permanen,bisa aktif lg,karena ud 5 bln

    Reply
      1. Info Kerja Post author

        maaf, tapi kalau kenna seperti itu mas sebaiknya terhubung ke admin, dan saya bukan pegawai gojek

        Reply
  8. Jamali

    Sispend outo sy kira kurang bGus.dan alasN pun tidak logis.sy di saspen denga lasan bawa peumpang akun baru tros/ganti akun tp satu hp.sy cari duit buka cari angin.tolong di tinjau kembali

    Reply
  9. Abdul rahman

    Mengapa status gocar saya tidak aktif saat ini….
    Saya tidak ada bermain curang dalam suatu pekerjaan tapi kenapa status saya saat ini tidak aktif….
    Mohon penjelasan nya..
    Kalau begini cara nya trus trang aja saya tidak puas dengan gocar seperti ini !

    Reply
  10. Anthonius fredy wijaya

    Akun gocar saya terkena suspend. Tapi saya sama sekali tidak mendapatkan notif dari pusat. Akun tetap aktif tapi tidak mendapatkan orderan. Mohon kiranya bisa membantu keluhan saya. Terima kasih

    Reply
      1. Agus

        Ga membantu apa2 tu broo, karena yg kami butuhkan ga harus datang kekantor tapi saspen bisa dibuka online

        Reply
        1. Info Kerja Post author

          lah, baik kalau datang langsung. Daripada coba telpon dan kontak CS tapi gak direspon. Apa yang salah dengan datang langsung ke kantor

          Reply
  11. Agr

    Tiba2 kena pm katanya order fiktif, aneh…. Katanya sistem, lah.. Sistem ajah masih suka error… Lbh baik cek kelapangan, jgn mudah suspend dan pm.

    Reply
    1. Info Kerja Post author

      Saya setuju mas, tapi kami ini bukan dari pihak gojek

      Reply
  12. junaidi

    Sebaiknya aplikasi ojol baik grab maupun gojek itu di usir aja dari bumi pertiwi ini karena mereka hanya memikirkan keuntungan belaka buat mereka

    Reply
    1. Info Kerja Post author

      Hahaha, kenapa bang? kan banyak juga yang bisa hidupi keluarga dari gojek dan grab

      Reply
      1. Junaidi

        Memang banyak driver yg bisa menghidupi kebutuhan sehari nya, karena nasib mereka belum apes seperti driver lain yg sdh tersuspend tanpa alasan yg tepat dari pihak aplikasi gojek atau grab

        Reply
  13. Ratna sari dewi

    Saya telah mengajukan banding ke kantor operasional cabang Padang malah permasalahan akun driver saya tidak dapat teratasi bahwa karyawan cabang mengatakan akun driver saya dalam keadaan bersih bahkan sistem pusat yg dapat mengaktifkan kembali,,mohon bantuan dari info kerjaku

    Reply
  14. Ratna sari dewi

    Saya telah mengajukan banding ke kantor operasional cabang Padang malah permasalahan akun driver saya tidak dapat teratasi bahwa karyawan cabang mengatakan akun driver saya dalam keadaan bersih bahkan sistem pusat yg dapat mengaktifkan kembali sehingga sampai saat ini akun driver saya tidak dapat beroperasional udah selama 1 tahun malah pihak pusat GoJek tidak mau menanggapi ,,mohon bantuan dari info kerjaku

    Reply
  15. agus

    saya baru kena suspen tak tau karena apa.
    tpi harus gimana lagi, yang jelas kita sudah melakukan yang terbaik tpi sistim yang menilai kita beda,
    iklaskan saja mungkin segitu kita jadi mitra

    Reply
  16. Alana abadi

    lokasi saya di kota kecil timur jawa.. akun saya baru aktif 24/06/19 kmrn sdh bisa angkut penumpang..tiba2 besoknya ada order masuk tp gak ada wujudnya dan lebih sebelnya lagi perform turun jadi 67%..akibatnya sampai hari ini saya tulis komentar belom dpt order lagi..mungkin ada yg tahu solusinya..terima kasih

    Reply
  17. surya moko

    Akun saya terkena putus mitra yang bukan kesalahan saya dengan code orderan booking RB.251 308 1320.
    dengan notice coustomer tidak saya jemput.
    saya sudah lapor ke DSU cab tangerang serpong tgl 26/6/2019 jam 13.20.
    sdh 2×24 jam belum ada pemberitahuan
    mengenai akun saya ini.
    mohon kerjasamanya,mengingat saya harus memberi nafkah keluarga saya.
    terimakasih

    Reply
    1. Info Kerja Post author

      Maaf, bpaak bisa kontak via email atau telepon ke CS nya biar jelas

      Reply
  18. Subahan

    Saya terkena auto-suspend,mungkin karena terlalu sering meng-cancel….
    Saya mohon agar suspendnya bisa dilepaskan.

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *