10 Langkah Cepat Membuat SKCK Online Banyuwangi, Update 2020

Cara membuat skck online banyuwangi – SKCK online Banyuwangi merupakan bentuk peningkatan pelayanan yang diberikan khusus kepada warga Banyuwangi sehingga dapat memperoleh SKCK dengan lebih mudah. Karena dengan melakukan pengajuan secara online, teman-teman tidak perlu antri lama-lama di kantor polisi seperti dulu, cukup buka webnya, input dan upload data yang dibutuhkan kemudian datang pada waktu yang diinginkan dan SKCK baru sudah dapat dimiliki.

buat SKCK online banyuwangi

Cara Buat SKCK Banyuwangi

Website ini dapat digunakan oleh seluruh warga negara Indonesia di berbagai daerah untuk mengajukan SKCK. Walaupun demikian warga Banyuwangi juga bisa menggunakan website yang sama. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diketahui karena pilihan dan inputan datanya cukup banyak sehingga membingungkan bagi beberapa orang.

Untuk menghindari kesalahan tersebut, teman-teman dapat mengikuti langkah pengajuan SKCK online Banyuwangi di bawah ini. Hal ini sangat diperlukan agar SKCK yang diajukan sesuai dengan ketentuan dan kebutuhan masing-masing.

Baca juga artikel tentang SKCK:

Cara Cepat Membuat SKCK Online Banyuwangi 2020

Teman-teman yang memiliki KTP Banyuwangi dapat menggunakan website skck.polri.go.id untuk melakukan pengajuan SKCK secara online. Gunakanlah komputer ataupun laptop agar tampilan halamannya tidak terpotong sehingga teman-teman bisa melihat berbagai informasi yang dibutuhkan secara utuh.

SKCK

Website SKCK Online

Setelah membuka website tersebut klik opsi form pendaftaran untuk memulai proses pengajuan SKCK online Banyuwangi. Adapun langkah-langkah tersebut antara lain:

1. Memilih Satuan Wilayah Kepolisian Terdekat

SKCK

Memilih Kesatuan Wilayah

Pada halaman ini teman-teman harus memilih kepentingan untuk membuat SKCK beserta dengan pilihan polres atau polseknya. Perlu diketahui bahwa setiap kantor kepolisian memiliki jenjang dan kewenangan yang berbeda untuk pengurusan SKCK. Jadi, bacalah informasi di bagian kanan halaman terlebih dahulu sebelum melakukan pengajuan SKCK online.

Setelah memilih keperluan pembuatan SKCK, teman-teman dari Banyuwangi harus memilih Polda Jawa Timur, lalu polresta Banyuwangi kemudian diikuti dengan pilihan polsek atau polres terdekat dari kediaman masing-masing. Pada bagian bawah halaman terdapat pilihan pembayaran yaitu tunai atau transfer melalui BRIVA. Setelah selesai tekan tombol “lanjut” yang ada di bagian bawah.

2. Isi Data Pribadi Secara Lengkap

SKCK

Data Pribadi

Halaman berikutnya merupakan data pribadi yang harus dilengkapi dengan hati-hati. Karena banyak ditemukan kesalahan input data yang berakibat pada hasil akhir SKCK teman-teman. Karena itu isilah dengan benar dan cek kembali seusai input data tersebut.

Adapun data yang diperlukan adalah nama, status, tempat dan tanggal lahir, pekerjaan, agama, alamat dan lainnya. Teman-teman juga diwajibkan upload foto terbaru berukuran 4×6 dengan latar berwarna merah. Setelah itu klik tombol “lanjut” untuk masuk ke halaman berikutnya.

3. Data Keluarga

SKCK

Data Keluarga

Halaman selanjutnya adalah data keluarga yang harus di isi mulai dari data ayah, ibu, adik, suami dan istri (untuk yang sudah berkeluarga). Adapun input data masing-masing anggota keluarga yang dibutuhkan adalah nama, pekerjaan, usia, kebangsaan, umur, agama, alamat dan lainnya. Pastikan inputan data sesuai dengan aslinya agar proses pengajuan SKCK dapat berjalan dengan lancar.

4. Data Pendidikan

SKCK

Data Pendidikan

Setelah mengisi data keluarga, teman-teman harus mengisi data pendidikan pada halaman selanjutnya. Data yang dibutuhkan harus yang lengkap mulai dari tingkat dasar sampai tertinggi yang pernah teman-teman ikuti. Jadi, jika kebetulan seorang doktor maka isilah sampai jenjang pendidikan S3. Setelah selesai klik kembali tombol “lanjut” untuk masuk halaman selanjutnya.

5. Data Pidana dan Pelanggaran

SKCK

Perkara Pidana dan Pelanggaran

Halaman berikutnya berupa perkara pidana serta pelanggaran yang pernah dilakukan sebelumnya. Bagi kebanyakan warga Indonesia, halaman ini dapat dilewati dengan memilih opsi “tidak pernah” pada masing-masing pertanyaan yang diberikan. Namun, bagi teman-teman yang pernah mengalami hal tersebut diharapkan untuk mengisinya dengan jujur karena pihak kepolisian bisa memeriksa track record masing-masing.

6. Data Ciri Fisik

SKCK

Ciri Fisik

Halaman selanjutnya adalah input data ciri fisik pihak yang mengajukan SKCK online Banyuwangi. Karena itu teman-teman harus input data berupa bentuk rambut, bentuk wajah, warna kulit, tinggi dan berat badan, tanda istimewa serta rumus sidik jadi. Sidik jari ini tidak wajib terutama bagi yang pertama kali mengajukan SKCK. Karena sidik jari teman-teman akan diambil ketika akan mengambil SKCK di polsek atau polres pilihan.

7. Upload Dokumen Persyaratan

SKCK

Upload Dokumen

Pada halaman selanjutnya, teman-teman harus upload beberapa dokumen seperti KTP, KK, Akta lahir/ ijazah, paspor dan sidik jari. Paspor dan sidik jari tidaklah wajib, namun dokumen lainnya wajib diupload. Setelah selesai klik tombol “lanjut” untuk masuk ke halaman berikutnya.

8. Data Tambahan

SKCK

Data Tambahan

Bagian ini berupa data tambahan yang perlu teman-teman isi dengan baik. Informasi yang dibutuhkan adalah alamat email, hobi, alamat dan nomor telepon yang mudah dihubungi serta riwayat pekerjaan. Sedangkan untuk WNA harus mengisi data tambahan seperti perusahaan atau instansi yang mensponsori, alamatnya, nomor telepon atau fax dan jenis usahanya.

Setelah mengisi semuanya, teman-teman klik untuk menyetujui persyaratan yang diberikan. Setelah itu klik tombol “proses” dan sistem akan memproses pengajuan teman-teman.

9. Download dan Print Kartu Pendaftaran

SKCK

Kartu Pendaftaran

Hasil akhir pengajuan SKCK online Banyuwangi adalah kartu pendaftaran seperti pada gambar di atas. Teman-teman perlu memperhatikan waktu berlakunya kartu ini, data yang mengajukan SKCK, nomor BRIVA dan biaya yang dibutuhkan (khusus untuk transfer). Download dan printlah kartu ini ketika akan mengunjungi kantor kepolisian terdekat.

10. Mengunjungi Kantor Polisi Pilihan

Langkah berikutnya adalah mengunjungi kantor polisi yang pilihan yang terdekat dari kediaman masing-masing. Sebelum datang pastikan sudah mempersiapkan beberapa dokumen, seperti:

  • Fotokopi KTP, KK, Akta lahir/ ijazah, paspor (1 lembar)
  • SKCK lama (khusus untuk perpanjangan)
  • Pas foto terbaru ukuran 4×6 dengan latar merah (3 lembar)
  • Bukti transfer (bagi yang memilih pembayaran via BRIVA)
  • Print kartu pendaftaran

Setelah mempersiapkan semuanya datanglah dengan mengenakan pakaian yang rapi dan sopan. Setelah sampai, segeralah mengunjungi loket SKCK serahkan semua berkas yang diperlukan, bayar biaya pembuatan SKCK (bagi yang memilih pembayaran tunai), isi formulir (jika diberikan petugas). Setelah itu sidik jari teman-teman akan diambil.

Kemudian, teman-teman hanya perlu menunggu beberapa menit dan SKCK sudah dapat diperoleh. Namun, sebelum pulang pastikan sudah difotokopi dan legalisir karena cukup teman-teman hanya perlu berkas yang dilegalisir. Sedangkan yang aslinya disimpan dengan baik karena dapat diperpanjang kembali ketika dibutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *