Cara Melihat Penilaian Penumpang Grab? Apa Bisa?

By | 26 Februari 2019

Masih banyak driver yang masih belum tau dan belum mengerti bagaimana cara melihat penilaian penumpang grab. Padahal penilaian tersebut sangat penting untuk memperkirakan seberapa pendapatan yang akan driver hasilkan. Tak sekedar itu saja, penilaian bintang juga menjadi indikator tingkat kepuasan penumpang atas layanan yang sudah kita berikan. Semakin banyak bintang yang diberikan, maka hal tersebut semakin bagus.

Cara melihat penilaian penumpang grab

Sumber gambar : grab.com

Namun berbeda halnya jika bintang yang diberikan semakin sedikit. Jika hal ini sampai terjadi, tentu saja akan merugikan driver itu sendiri. Bahkan sanksi terparah, keanggotaan anda akan dilepas secara permanen sehingga menjadi kehilangan pekerjaan. Bahkan banyak yang tidak menyadari dan tidak mengetahui tentang hal tersebut (cara melihat penilaian penumpang grab).

Lantas, Bagaimana Cara Melihat Penilaian Penumpang Grab yang Tepat?

Untuk melihat hal ini, tentunya anda harus memiliki terlebih dahulu aplikasi grab driver. Setiap mitra sudah pasti mempunyai aplikasi tersebut. Lantas, bagaimana cara melihatnya? Menu bagian mana yang harus saya buka? Jawabannya anda tidak bisa mengetahui cara melihat penilaian penumpang grab secara real time.

Loh, kok bisa?

Ya, memang sudah begitu sistem grab. Bagi anda yang baru tau mungkin merasa perusahaan tidak transparan kepada mitra yang telah bekerja untuknya. Namun sekali lagi, itu sudah kebijakan perusahaan dan kita wajib menghormati dan menerimanya. Jadi, pengemudi tidak bisa mengetahui bagaimana cara melihat penumpang grab setiap hari.

Akan tetapi…

Rating bintang yang diperoleh seorang driver tidak langsung diperhitungkan saat itu juga (sesaat setelah driver memberi pelayanan). Tetapi, rating bintang dirata-ratakan 2 kalo sehari dari 100 rating bintang terakhir yang diterima. Setiap bulannya driver atau pengemudi akan mendapatkan pesan notifikasi berupa komentar dari para penumpang dalam aplikasi Grab Driver. Pemberitahuan tersebut dapat dijadikan bahan evaluasi.

Tips Mendapatkan Penilaian yang Bagus

penilaian penumpang grab

Setiap mitra grab tentu sangat ingin mendapatkan rating yang bagus dari penumpang sebagai tanda kepercayaan akan kualitas pelayanan yang diberikan. Bukan sekadar itu saja, rating yang bagus bisa menambah jumlah penghasilan dari driver itu sendiri. Berikut ini beberapa tips yang harus dilakukan :

1. Ramah Terhadap Penumpang

Siapapun itu, tentu sangat menyukai orang-orang dengan sikap yang ramah. Baik orang yang sudah dikenal maupun belum dikenal. Begitupun halnya jika anda adalah seorang driver grab. Bersikaplah ramah kepada penumpang di kondisi terburuk sekalipun. Memang berat untuk tetap ramah dalam kondisi seperti itu, akan tetapi demi mendapatkan rating yang baik maka sebaiknya dilakukan.

Baca juga:

Saat pertama kali bertemu, budayakan ucapkan salam misal : “Selamat pagi”. Coba croscek lagi apakah ia jadi order. Bertanya dengan nada yang sopan dan selalu berikan senyum terbaik anda. Apabila anda supir grab car, jangan lupa ingatkan penumpang untuk selalu mengenakan sabuk pengaman.

2. Jaga Kondisi Kendaraan

Jangan mengira jika penumpang tidak memperhatikan kendaraan yang anda gunakan. Mereka pasti memperhatikannya karena menyangkut kenyamanan mereka ketika menaikinya. Ya walaupun tampilan buruk tetapi mesin bagus sejatinya tidak menjadi masalah. Namun tetap saja, penampilan body motor pasti menjadi sorotan penumpang.

Terutama pada sisi kebersihan. Kendaraan yang nampak kotor tidak akan disukai oleh penumpang. Alhasol, anda akan mendapatkan rating rendah dari penumpang. Maka dari itu jaga kebersihan kendaraan dengan rajin mencucinya minimal 1 Minggu 2 kali. Oke?

3. Penampilan yang Rapi

Jangan cuma kendaraan yang diperhatikan, penampilan diri sendiri juga harus diperhatikan. Masa iya sih, sepeda motornya udah kinclong, tetapi drivernya kayak belum mandi? Hehehe. Jangan salah, penampilan + kerapian driver benar-benar sangat diperhatikan oleh penumpang.

Jadi, sebelum anda bekerja mandilah terlebih dahulu, berpakaian yang rapi, sisir rambut, bila perlu sirami tubuh anda dengan parfum yang sangat wangi. Dijamin, penumpang bakal nyaman sepanjang perjalanan di bonceng oleh anda. Dan pada akhirnya, nilai baik bukan sesuatu hal yang mustahil untuk didapatkan.

4. Beri Pertolongan Kepada Para Penumpang

Awas, berhati-hati dengan hal seperti ini. Jangan sampai anda menolong orang tetapi malah tidak ikhlas danĀ  hanya berharap mendapatkan rating positif dari penumpang. Sama saja anda tidak ikhlas melakukan hal tersebut. Berikan pertolongan secara ikhlas, terutama untuk penumpang yang sudah berusia tua dan memang sangat membutuhkan bantuan. Insyallah jika anda menolongnya tanpa pamrih penumpang juga akan memberikan review positifnya juga secara ikhlas.

5. Berkendara dengan Baik Sepanjang Perjalanan

Bagaimana anda membawa kendaraan juga menjadi sesuatu hal yang disorot oleh penumpang. Bukan soal cepat tidaknya sampai ke tujuan, tetapi lebih kepada hal kemampuan berkendara anda. Bagaimana anda mengerem, gas, belok, menggunakan sein kiri dan kanan, dan masih banyak lagi. Penumpang pasti memberikan rating dan komentar positif bagi para driver yang memiliki skill yang baik dalam berkendara.

Selain soal skill, pemahaman anda soal rambu-rambu lalu lintas di jalan menjadi hal yang benar-benar diperhatikan oleh penumpang. Sebagai contoh saat lampu merah, penumpang akan melihat apakah drivernya berhenti di garis atau justru terlalu ke depan. Selain itu, perilaku dan gaya berkendara pengemudi terkadang juga mendapat perhatian dari penumpang. Mereka kurang menyukai pengemudi yang suka kebut-kebutan dalam berkendara dan sama sekali tidak peduli keselamatan penumpang yang ada di belakangnya.

Penutup

Dari hal ini dapat kita tarik kesimpulan bahwa tidak ada cara melihat penilaian penumpang grab yang bisa dilakukan setiap saat atau setiap hari. Tetapi harus menunggu setiap bulannya. Rating merupakan sesuatu hal yang sangat berharga dan sangat menentukan masa depan pekerjaan seorang driver. Tetapi tenang, dengan melakukan beberapa tips di atas insyaallah anda sebagai mitra bisa mendapatkan nilai atau rating yang tinggi dari para penumpang.

One thought on “Cara Melihat Penilaian Penumpang Grab? Apa Bisa?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *