Cara Melihat Feedback Customer Gojek Hanya Dalam 2 Langkah

By | 15 Juli 2018

Feedback dalam Bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai umpan balik atau loloh balik. Dalam kalangan Gojek, feedback merupakan salah satu hal penting bahkan sangat vital bagi pengendara/driver Gojek. Feedback Custumer merupakan tanggapan langsung ataupun penilaian dari pengguna jasa atau layanan Gojek. Bagi Anda yang menjadi pengemudi ojek online ini, sangat penting untuk mengetahui feedback dari customer demi kelangsungan pekerjaan Anda. Nah pada kesempatan kali ini akan diulas bagaimana cara melihat feedback customer Gojek.

Cara melihat feedback customer gojek

Cara Melihat Feedback Customer Gojek Hanya Dalam 2 Langkah

Cara Melihat Feedback Customer Gojek Dalam 2 Langkah

Feedback customer Gojek diwujudkan dalam bentuk pemberian rating berupa bintang antara 1 sampai dengan 5. Selain itu ada juga fitur komentar di mana pengguna layanan bisa memberikan komentar positif maupun negatif.

Jangan lupa baca:

Sistem dalam Gojek sendiri memang masih sangat mengandalkan feedback customer ini sebagai tolok ukur penilaian paling vital. Bahkan driver Gojek yang ratingnya di bawah 4,3 terancam suspended alias dipecat dari perusahaan. Adapun cara mengetahui feedback customer Gojek adalah sebagai berikut.

1. Install Aplikasi Gojek

Menginstall aplikasi Gojek menjadi syarat utama pengemudi Gojek menjalani pekerjaannya. Dengan aplikasi ini driver bisa memperoleh orderan baik Go-Ride, Go-Send, maupun Go-Food dan lainnya. Aplikasi Gojek juga ringan, hanya 59MB saja.

2. Masuk ke Menu Performa

Setelah menginstall bukalah akun Anda di Gojek. Pilih menu Performa. Di sini akan terlihat kinerja pengemudi dalam melayani pelanggan. Anda sebagai driver bisa tahu penilaian dan komentar dari pengguna di menu ini.

Cara melihat feedback costumer gojek

cara melihat feed back customer Gojek

Itulah sekilas cara melihat feedback pemakai Gojek. Selain pemberian rating berupa bintang antara 1 sampai 5, penumpang kadang juga meninggalkan komentar positif maupun negatif. Manfaatkan komentar negatif dari pelanggan sebagai koreksi atas pelayanan Anda. Lalu bagaimana jika sudah melayani dengan maksimal, tapi pengguna tidak atau belum memberikan rating atau feedback?

Cara Melihat Data Customer yang Belum Memberikan Feedback

Tidak setiap pelanggan tahu cara menggunakan aplikasi Gojek secara menyeluruh. Mungkin customer yang baru saja Anda layani kurang paham hal ini. Maka cara paling tepat adalah mengingatkan pelanggan tersebut dan meminta dukungannya untuk memberikan rating. Bagaimana cara meminta feedback pada customer Gojek?

Baca juga:

Dalam aplikasi Gojek, di bagian GoInfo tersebut saat ini sudah ada fitur untuk melihat nomor ponsel customer yang baru saja menggunakan jasa Anda. Berikut langkahnya.

  • Masih di menu Performa, klik tombol Rating. Setelah itu akan muncul data-data customer yang telah Anda layani. Nah, carilah dalam deretan data tersebut customer yang terdapat keterangan “Belum Memberikan Feedback”.

    Cara melihat feedback costumer gojek

    Klik bagian Rating. dan ikuti langkah selanjutnya.

  • Klik pada data customer Selanjutnya akan muncul halaman Detail Order yang menampilkan data lengkap pelanggan Anda. Mulai dari nama hingga nomor Hp.
  • Selanjutnya kirimlah SMS ke nomor customer yang belum memberikan feedback, dengan bahasa yang santun. Misalnya, “Selamat Siang. Saya adalah (nama) yang melayani orderan (detail order). Demi kelangsungan layanan kami, mohon Anda berikan feedback positif. Terimakasih.”
  • Jika ternyata custumer belum tahu caranya memberikan Feedback, sebaiknya berikan arahan singkat cara memberikan feedback untuk driver Gojek.

Perhitungan Rating Driver Gojek

Penghitungan rating driver ada aturan tersendiri. Penghitungan ini didasarkan pada 25 order terakhir. Jika dalam 25 orderan tersebut ratingnya berbeda-beda, maka dijumlahkan dan dibagi 24. Contohnya, dari 25 orderan Anda memperoleh rating 5 pada 15 orderan, dan rating 4 pada 10 orderan. Maka penghitungannya:

5 (rating) x 15 (orderan) = 75

4 (rating) x 10 (orderan)= 40

Jumlah Rating: 75 + 40 = 115

Hasil Akhir: 115 : 25 = 4,6.

Nah, kini kita sudah tahu cara melihat feedback customer Gojek, sekaligus cara meminta feedback, dan sistem penghitungan rating. Manfaatkan data customer dengan bijak, dan jangan untuk sasaran iseng. Jika rating Anda masih jauh dari harapan, dengan mengetahui ini, diharapkan bisa meningkatkan layanan. Selamat bekerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *