Cara Melihat Chat di Grab Semakin Mudah, Ini Panduannya!

By | 2 Februari 2019

Meningkatnya penggunaan aplikasi ojek dalam jaringan (online) tentu tidak terlepas dari kecanggihan teknologi yang ada. Kemudahan dalam menggunakan aplikasi dan harga yang lebih terjangkau menjadi alasan utama ojek online mampu diterima masyarakat. Tidak heran, dalam sekejap ojek online sudah mendominasi alternatif transportasi masa kini. Terlebih setelah kehadiran fitur baru cara melihat chat di Grab yang semakin mempermudah saja. Alhasil, ojek online berbasis aplikasi Grab lebih diminati dan dipercaya penumpang.

Cara Melihat Chat di Grab

 

Kemunculan fitur komunikasi atau chat di Grab telah menjadi salah satu solusi penting. Terutama saat pengemudi dan penumpang perlu untuk saling berkomunikasi terkait titik pasti penjemputan. Hal tersebut karena kondisi di lapangan tentu tidak cukup mampu jika hanya dilihat dari gps. Selain itu, adanya fitur komunikasi juga menjadi solusi penting lain terhadap penjagaan ruang privasi antara pengemudi dan penumpang. Pasalnya fitur komunikasi tersebut tidak akan menampilkan kontak pribadi baik dari si pengemudi maupun penumpang.

Aplikasi Ojek Online Grab

Kini berpergian ke mana saja menjadi cepat dan aman berkat layanan aplikasi ojek online Grab. Aplikasi Grab sendiri sudah berdiri sejak tahun 2012 di Singapura. Sebagai salah satu platform yang sering digunakan di Asia Tenggara, layanan Grab juga ikut merambah wilayah Indonesia di tahun 2013. Kehadiran Grab bertujuan agar setiap masyarakat mampu memperoleh keuntungan dari adanya perkembangan ekonomi digital. Oleh sebab itu, aplikasi layanan Grab masih terus dinikmati hingga hari ini.

Baca juga:

Aplikasi Grab memberikan banyak pelayanan terhadap kebutuhan sehari-hari. Misalnya transportasi perjalanan baik motor maupun mobil, pengiriman barang dan pemesanan makanan. Selain itu, ada juga keuntungan lain seperti pembayaran secara digital dan poin penghargaan dari setiap layanan yang terselesaikan. Bahkan pada tahun 2016, layanan dalam aplikasi semakin ditingkatkan dengan adanya fitur cara melihat chat di Grab. Tentu saja fitur ini sangat menunjang setiap pelayanan yang tersedia dalam aplikasi.

Fitur Chat dalam Aplikasi Grab

Setelah adanya fitur chat atau pesan dalam aplikasi Grab, komunikasi antara pengemudi dan penumpang menjadi lebih lancar. Pengemudi dapat menghubungi penumpang dengan mudah. Begitu juga sebaliknya. Dengan fitur pesan tersebut secara otomatis pengemudi dan penumpang akan terhubung. Kemudian fitur pesan ini langsung muncul setelah penumpang melakukan pemesanan lalu berhasil menemukan pengemudi. Aplikasi layanan Grab seketika menampilkan layar pesan yang menghubungkan pengemudi dan penumpang.

Selanjutnya pengemudi dan penumpang tersebut bisa saling berkirim pesan singkat. Fitur pesan sendiri dirancang serupa dengan aplikasi chatting pada umumnya yang sudah dikenal masyarakat. Selain dapat saling berkirim pesan, fitur pesan dalam aplikasi Grab juga bisa untuk berkirim gambar dan pesan suara. Jadi, pengemudi dan penumpang bisa saling mengenali wajah dan suara supaya tidak terjadi salah orang ketika penjemputan. Setelah perjalanan selesai, tampilan layar fitur pesan langsung menghentikan sesi percakapan.

Cara Menggunakan Chat di Aplikasi Grab

Penyedia layanan ojek online dalam aplikasi Grab telah menambahkan ruang obrolan untuk pengemudi dan penumpang. Meskipun sudah dirilis sejak tahun 2016, cara melihat chat di Grab ini masih belum banyak digunakan secara maksimal. Misalnya dalam fitur hanya dipergunakan sebatas untuk berkirim pesan teks. Padahal, fitur pesan ini telah memungkinkan pengemudi dan penumpang saling berkirim pesan suara dan foto. Bisa saja, Anda termasuk yang masih merasa asing dengan fitur pesan suara dan foto tersebut.

1. Cara melihat pesan teks

Cara Melihat Chat di Grab

Tampilan fitur pesan dalam aplikasi Grab akan muncul seketika setelah seorang pengemudi menerima layanan pemesanan Anda. Ikon pesan tersebut berada di samping identitas pengemudi. Saat menyentuh ikon pesan maka layar tampilan atau ruang obrolan akan memenuhi layar ponsel Anda. Berikut ini cara melihat pesan teks di Grab, yaitu.

  1. Buka aplikasi Grab
  2. Lakukan proses layanan pemesanan
  3. Tunggu beberapa saat sampai pemesanan diterima oleh seorang pengemudi
  4. Ketika tampilan pemberitahuan pengemudi sudah didapatkan, ikon pesan akan berada di samping identitas pengemudi
  5. Klik ikon pesan
  6. Ruang obrolan akan muncul
  7. Anda bisa memilih beragam pesan teks yang sudah menjadi template dalam aplikasi, cukup dengn meng-klik teks tersebut
  8. Anda juga bisa mengetik pesan teks lainnya jika pesan teks tersebut belum ada di template
  9. Setelah selesai membuat pesan teks, tekan tombol kirim untuk memulai percakapan dengan pengemudi yang menerima pemesanan.

2. Cara melihat pesan suara

Umumnya pengemudi Grab yang menerima pesanan layanan akan langsung menelepon penumpang. Kemudian cara melihat chat di Grab hadir dengan opsi pesan suara untuk lebih menguntungkan pengemudi. Hasilnya, 70% pengemudi mengatakan bahwa fitur pesan suara sangat membantu. Selain itu, fitur pesan suara tersebut mampu menghemat tagihan biaya pulsa telepon bagi pengemudi. Meskipun tidak menutup kemungkinan fitur pesan suara juga dimanfaatkan oleh penumpang. Berikut ini cara melihat pesan suara dalam aplikasi Grab, yaitu.

  1. Setelah tampilan pemberitahuan pengemudi sudah didapatkan, ikon pesan akan muncul di samping identitas pengemudi
  2. Klik ikon pesan
  3. Ruang obrolan akan muncul
  4. Anda bisa memilih ikon perekam suara yang berada di pojok kanan bawah
  5. Setelah ikon perekam suara diklik, Anda bisa langsung merekam pesan suara untuk kemudian dikirimkan.

3. Cara melihat pesan foto

Adanya kesulitan dalam menemukan lokasi penjemputan yang tepat membuat Grab menghadirkan fitur pesan dengan opsi pesan foto atau gambar. Berdasarkan survei oleh Grab, sekitar 60% pengemudi menyukai fitur pesan yang mampu menerima pesan foto. Hal tersebut karena pesan foto dapat menunjukkan wajah penumpang beserta tempat keberadaannya. Sehingga membantu pengemudi menemukan penumpang lebih cepat. Berikut ini Cara melihat chat di Grab yang berupa foto.

  1. Setelah tampilan pemberitahuan pengemudi sudah didapatkan, ikon pesan akan muncul di samping identitas pengemudi
  2. Klik ikon pesan
  3. Ruang obrolan akan muncul
  4. Anda bisa memilih ikon kamera yang berada di bawah sebelah kanan kotak pesan teks
  5. Setelah ikon kamera diklik, Anda bisa langsung berfoto seperti biasanya untuk kemudian dikirimkan.

Keuntungan Menggunakan Fitur Pesan

Fitur pesan memberikan banyak keuntungan terutama dalam hal keamanan dan privasi. Berikut ini keuntungan selama menggunakan layanan cara melihat chat di Grab yang perlu diketahui pengemudi dan penumpang.

  1. Komunikasi lancar antara pengemudi dan penumpang

Adanya penambahan fitur pesan dalam aplikasi layanan Grab tentu membuka lebar jalur komunikasi yang lancar. Terutama komunikasi di antara pengemudi dan penumpang. Sekejap setelah mendapatkan pengemudi, fitur pesan akan otomatis bekerja. Komunikasi yang berlangsung bisa menggunakan pesan teks, pesan suara dan foto. Fitur pesan ini sama cepatnya dengan aplikasi chatting lain. Sehingga baik pengemudi maupun penumpang lebih efektif dalam berkomunikasi khususnya saat penjemputan.

2. Keamanan bagi pengemudi selama percakapan berlangsung

Banyak berita mengabarkan, terjadinya kecelakaan seringkali disebabkan oleh ulah pengemudi yang lalai saat bekerja. Salah satunya akibat penggunaan ponsel yang mampu mengalihkan perhatian pengemudi. Bahkan kecelakaan yang timbul karena penggunaan ponsel tersebut menyumbang sekitar 8%. Untuk itulah, Grab memberikan fitur pesan cepat hanya dengan sekali sentuh bagi pengemudi agar tetap aman selama berkendara.

  1. Privasi pengemudi dan penumpang terjamin

Tidak sedikit orang merasa khawatir jika identitas atau nomor kontak pribadi diketahui oleh orang asing. Termasuk juga ketika harus dihadapkan pada fitur pesan yang notabanenya membutuhkan nomor kontak. Namun, Grab memberikan solusi terhadap kekhawatiran tersebut. Fitur pesan yang ada dalam aplikasi layanan Grab ini dirancang khusus menjamin privasi pengemudi dan penumpang. Sehingga ketika perjalanan selesai, ruang obrolan atau riwayat percakapan akan hilang tanpa meninggalkan identitas pengemudi dan penumpang.

  1. Mengurangi pengeluaran biaya

Kehadiran fitur pesan dalam aplikasi layanan Grab memang sangat menguntungkan. Pengemudi dan penumpang tidak perlu lagi menggunakan sms (short message service) atau telepon. Tentu saja hal tersebut akan mengurangi pengeluaran biaya pulsa baik dari pengemudi maupun penumpang. Pasalnya, fitur pesan dalam aplikasi layanan Grab hanya menggunakan pulsa internet saja.  Jadi, tidak perlu repot menyediakan pulsa telepon atau sms untuk memulai menggunakan setiap layanan Grab baik pengiriman maupun perjalanan.

Itulah ulasan terkait cara melihat chat di Grab yang bisa menjadi rujukan informasi bagi Anda. Tentu saja pengemudi dan penumpang memperoleh keuntungan dengan adanya penambahan fitur pesan tersebut. Oleh karena itu, jangan ragu dalam menggunakan setiap layanan yang ada dalam aplikasi Grab. Fitur pesan sangat mudah diakses dengan meng-uprage aplikasi Grab terbaru secara gratis di Play Store atau App Store.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *