Penumpang Grab Tidak Sopan? Cepat Lapor!

By | 14 November 2018

Profesi driver Grab masih banyak peminatnya meskipun isu-isu terkait insentif, dan banyak lainnya mewarnai profesi ini. Bahkan kejadian tak menyenangkan tidak hanya dialami penumpang, namun para driver juga. Para driver Grab juga bisa saja bertemu penumpang tidak sopan lalu tidak tahu bagaimana cara lapor penumpang Grab yang berperangai tidak baik tersebut. Memang, customer datang dengan berbagai macam karakter, sebagai antisipasi maka para mitra Grab harus mengerti secara detail cara lapor penumpang Grab. Apa saja cara lapor penumpang Grab yang berperilaku tidak baik? Berikut informasinya.

Cara Lapor Penumpang Grab

Tips Menghadapi Penumpang Yang Tidak Sopan

Sebagian driver pernah mengalami kejadian tak mengenakan ketika membawa penumpang. Hal tersebut tidak bisa dimungkiri karena Grab merupakan salah satu penyedia jasa transportasi online yang peminatnya banyak sekali dan setiap customer memiliki sifat berbeda-beda. Ada customer yang tidak pelit memberikan bintang, sejumlah bonus uang untuk perjalanan yang memuaskan dan lain sebagainya. Namun tidak semua customer berhati baik karena banyak juga yang kurang manusiawi perilakunya sehingga para mitra Grab harus tahu cara melaporkan penumpang yang kurang ajar.

Baca juga:

Sebagai mitra Grab, Anda dituntut melakukan pelayanan sebaik mungkin agar penumpang atau customer merasa puas. Saat mereka merasa mendapatkan pengalaman yang baik terhadap layanan Anda maka bintang yang akan menjawabnya. Namun, sebaik apapun service yang yang diberikan untuk menyelesaikan tugas masih saja ada sejumlah oknum penumpang yang nakal. Untuk para driver jika menghadapi hal tersebut, ini beberapa cara lapor penumpang Grab yang tidak sopan atau kurang ajar.

  1. Berlaku sopan dan tenang

Ketika ada penumpang yang kurang ajar, Anda harus tetap sopan dan tenang. Anda abaikan saja sebisanya jika menemui penumpang dengan perilaku tidak baik. Anda juga harus menghindari konflik karena sedang membawa kendaraan.

  1. Arahkan ke kawasan ramai orang

Jika penumpang sudah mulai ribut, Anda arahkan ke kawasan yang ramai agar ketika terjadi sesuatu ada banyak orang akan menjadi saksi dan menolong Anda. Namun, harus selalu Anda ingat untuk selalu tenang dengan kondisi apapun dan keselamatan adalah hal utama. Jangan sampai Anda melewati jalan-jalan sepi dimana penumpang yang memiliki motif jahat tersebut malah akan dengan mudah melancarkan aksinya.

  1. Turunkan penumpang terlebih dahulu

Turunkan penumpang tersebut dulu sebelum Anda menghubungi pihak customer service Grab. Setelah menurunkan penumpang, Anda bisa melaporkan kejadian tak enak yang Anda alami akibat perilaku penumpang yang menyimpang lewat fitur ulasan trip seusai perjalanan tuntas diselesaikan.

Cara Lapor Penumpang Grab yang Kurang Ajar atau Tidak Sopan

Pihak Grab selalu berkomitmen untuk meningkatkan mutu pelayanan sehingga berpihak tidak hanya penumpang namun juga para mitra Grab. Berikut ini tutorial memberikan ulasan trip untuk para mitra Grab yang termasuk kedalam poin penting cara lapor penumpang Grab yang tidak sopan dan sebagainya.

Pastikan para mitra Grab menyelesaikan perjalanan, kemudian memasukkan jumlah pembayaran dan lanjutkan dengan tekan pilihan konfirmasi.

Jika sudah melakukan konfirmasi maka akan muncul pada layar aplikasi dua warna wajah merah dan hijau. Untuk warna merah pertanda jika perjalanan tidak memuaskan dan warna hijau adalah sebaliknya.

Jika mendapat penumpang Grab yang kurang ajar berarti Anda tekan warna merah kemudian sejumlah pilihan keluhan akan muncul pada layar. Terdapat menu pilihan keluhan terhadap perilaku penumpang. Misalnya keterlambatan datang, perbuatan/bahasa kasar, mengganti tujuan akhir, penumpang meminta mengirim paket, penumpang tidak mau membayar, biaya tol tidak dimasukkan, dan lain-lain.

Pilih menu keluhan sesuai dengan yang Anda alami, untuk para penumpang yang tidak sopan Anda dapat klik pilihan yang bertuliskan perbuatan/ bahasa kasar. Kemudian akan ada kolom untuk Anda menuliskan segala komentar. Jika sudah menulis komentar kemudian tekan kirim.

Selain itu para mitra Grab juga bisa memberi ulasan perjalanan lewat ‘Menu Riwayat’ yang telah disediakan pada aplikasi GrabDriver.

Sifat setiap individu jelas berbeda-beda karena tidak semua orang berperilaku baik. Itulah sebabnya pihak Grab telah menyediakan layanan yang juga memihak akan kelancaran layanan para mitra Grab. Semoga informasi mengenai cara lapor penumpang Grab diatas telah menjawab pertanyaan Anda para driver yang menemui pengalaman kurang sedap, maupun untuk bahan persiapan Anda yang tidak ingin mengalaminya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *