Bagaimana Cara Ganti Motor Atau Mobil GrabBike GrabCar?

By | 27 Januari 2019

Bagi para driver Grab terkadang menggunakan kendaraan yang berbeda saat melakukan aktivitasnya. Biasanya mengganti kendaraan lama ke kendaraan baru bisa dikarenakan kendaraan lama rusak atupun ingin mengganti ke kendaraan yang lebih bagus. Agar tak terkena suspend, maka harus mengganti kendaraan yang sudah terdaftar ke kendaraan yang baru. Agar pendaftaran lancar, maka perlu cara ganti motor atau mobil GrabBike GrabCar yang baru.

Cara Ganti Motor Atau Mobil GrabBike GrabCar

Menjadi driver Grab merupakan pekerjaan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Selain mendapat penghasilan dari hasil pelayanannya, tambahan penghasilan dari insentif bonus juga cukup lumayan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tak jarang kehidupan ekonomi para driver Grab meningkat seiring bertambahnya penghasilan bulanannya.

Baca juga:

Ada kalanya seorang driver Grab ingin mengganti kendaraannya yang lebih nyaman dan bagus. Agar tidak terkena sanksi dari pihak Grab, mendaftarkan kendaraan baru ke pihak Grab diperlukan untuk memperlancar aktivitas sebagai driver online.

Mengganti Kendaraan GrabBike dan GrabCar

Tak selamanya bekerja dengan menggunakan kendaraan akan lancar. Ada kalanya kendaraan akan rusak dan memerlukan waktu untuk memperbaikinya. Saat kendaraan Anda rusak, ada baiknya Anda menghindari menggunakan kendaraan orang lain untuk bekerja. Hal ini bisa menyebabkan akun Anda dibekukan oleh pihak Grab karena menggunakan kendaraan yang tidak didaftarkan.

Beberapa akun driver Grab ada yang terkena suspend dari pihak Grab karena beberapa hal. Selain karena telah melakukan kecurangan, memperoleh rating jelek, dan sering cancel orderan, akun Grab bisa terkena suspend karena menggunakan kendaraan yang berbeda dengan yang didaftarkan.

Risiko menggunakan kendaraan yang berbeda dengan yang didaftarkan bisa terjadi jika ada laporan dari tim lapangan Grab ataupun laporan dari penumpang. Akun akan terkena suspend karena driver Grab telah melanggar kode etik Grab. Tak hanya menggunakan kendaraan yang berbeda saja, mengganti plat nomor kendaraan dan belum didaftarkan juga akan menerima sanksi yang sama.

Jika driver Grab tidak ingin menerima risiko terkena suspend dari pihak Grab, tentunya seorang driver Grab harus memperhatikan ketentuan dan kode etik yang berlaku. Selain untuk kenyamanan dari sendiri, memperhatikan aturan yang berlaku juga dapat membuat penumpang nyaman dan merasa aman ketika menggunakan layanan Grab.

Syarat Cara Ganti Motor Atau Mobil GrabBike GrabCar

Agar menjalani profesi sebagai driver Grab nyaman dan terhindar dari suspend dari pihak Grab, ada baiknya Anda memperhatikan kode etik yang berlaku. Seperti halnya ketika Anda ingin mengganti kendaraan Grab Anda ataupun ketika mengganti plat nomor kendaraan Grab, mematuhi syarat yang ada akan mempermudah Anda untuk mengikuti prosedur cara ganti motor atau mobil GrabBike GrabCar.

Dalam prosedur mengganti kendaraan Grab diperlukan syarat penggantian motor mobil GrabBike GrabCar. Berikut syarat yang diperlukan untuk mengganti motor atau mobil Grab.

1. Kendaraan yang Akan Didaftarkan

Ketika Anda akan mengganti kendaraan yang akan Anda gunakan, ada baiknya Anda memperhatikan minimal tahun keluaran kendaraan yang Anda pakai. Untuk motor, ada baiknya Anda menggunakan motor keluaran produksi minimal tahun 2009, sedangkan untuk syarat minimal tahun mobil adalah tahun 2012. Selain mempersiapkan kendaraan baru, STNK dan plat nomor juga harus dilengkapi untuk langkah selanjutnya.

2. Aplikasi Grab Driver

Persiapkan aplikasi Grab Driver yang biasa Anda gunakan. Mengubah profil harus dilakukan untuk memperbaharui data kendaraan yang dipakai dan plat nomor kendaraan.

3. KTP dan SIM Atas Nama Sendiri

KTP dan SIM menjadi syarat mutlak ketika Anda mengganti kendaraan Grab Anda. Pergunakan KTP dan SIM Anda yang masih berlaku untuk keperluan verivikasi data.

4. Surat Kuasa atau Ijin Penggunaan Kendaraan

Jika Anda menggunakan kendaraan milik orang lain, Anda bisa meminta surat ijin kuasa dari pemilik kendaraan. Hal ini sangat penting terkait dengan penggunaan tersebut selama Anda membuka order Grab.

Surat kuasa dari pemilik kendaraan harus dilengkapi dengan materai 6000. Agar dapat terbaca dengan jelas, Anda bisa memotretnya ataupun men-scan dokumen surat kuasa tersebut.

4. Foto

Syarat Mengganti Kendaraan Grab

Cara ganti motor atau mobil GrabBike GrabCar memerlukan syarat beberapa foto untuk diunggah ke form persyaratan. Yang menjadi poin penting saat mengunggah foto adalah foto terlihat jelas terbaca. Beberapa dokumen yang menggunakan foto adalah foto selfie STNK dan KTP serta foto kendaraan lengkap dengan plat nomor yang bisa terbaca.

Mengganti Kendaraan GrabBike dan GrabCar

Foto selfie KTP ada baiknya menggunakan kamera dengan resolusi tinggi. Selain akan terbaca dengan jelas, KTP yang Anda pegang juga harus terbaca jelas nama dan terlihat foto dalam KTP.

cara ganti motor atau mobil GrabBike GrabCar

 

Selain KTP, foto SIM juga memenuhi panduan seperti foto selfie saat memegang KTP. Ada baiknya Anda memotret secara jelas agar nama dalam SIM dan foto SIM terlihat jelas.

cara ganti motor atau mobil GrabBike GrabCar

Anda juga memerlukan foto plat kendaraan jika Anda ingin mengganti kendaraan GrabBike dan GrabCar. Foto plat kendaraan harus jelas dan sesuai dengan nomor plat kendaraan yang didaftarkan di aplikasi Grab Driver.

 

Foto kendaraan yang baru juga harus Anda lampirkan untuk mengganti motor atau mobil GrabBike GrabCar. Foto kendaraan bisa Anda potret dari samping, sehingga keseluruhan dari motor atau mobil bisa terlihat.

Cara Mengganti Motor atau Mobil GrabBike GrabCar

Setelah persyaratan lengkap, Anda harus memperbaharui profil Anda pada aplikasi Grab Driver. cara ganti motor atau mobil GrabBike GrabCar cenderung mudah dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah tanpa harus berkirim surat ataupun mendatangi kantor Grab.

  1. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan membuka aplikasi Grab Driver. Caranya cari menu ‘Bantuan’, kemudian klik ‘Pusat Bantuan’ dan klik ‘Perbaharui Data’.
  2. Pada menu ini akan terdapat form penggantian nomor plat kendaraan. Anda bisa mengisi formulir tersebut dengan mengisi kolom kendaraan lama dan kendaraan baru yang akan digunakan.
  3. Setelah itu, pastikan Anda memilih jenis GrabBike atau GrabCar yang sesuai dengan jenis moda transportasi yang akan Anda layani. Untuk memilihnya harap cek kembali apakah sesuai dengan jenis akun Grab Anda atau tidak. Untuk mengisi formulir penggantian kendaraan baru, Anda bisa menggunakan laptop atau PC. Jika Anda kesulitan untuk mengaksesnya Anda bisa menggunakan browser Chrome pada smartphone.
  4. Setelah mengisi form, Anda juga harus mengunggah beberapa dokumen yang tersedia. Pastikan dengan cermat ketika Anda mengunggah dokumen agar tidak tertukar dengan kolom lainnya.
  5. Pastikan data yang Anda isikan merupakan data yang benar dan tepat pada kolom. Jika Anda merasa data yang diisikan sudah benar, klik ‘Kirim’.

Data yang sudah terisi dalam form penggantian plat nomor akan diverifikasi oleh pihak Grab. Data tersebut akan selesai divalidasi dalam waktu paling lama 3 x 24 jam. Selama masa validasi, ada baiknya Anda cuti untuk tidak mengemudi terlebih dahulu hingga proses validasi selesai.

Nah, itulah cara ganti motor atau mobil GrabBike GrabCar yang bisa Anda lakukan sendiri dimanapun. Dengan mengganti kendaraan baru yang akan Anda gunakan, maka Anda bisa terhindar dari suspend dari pihak Grab.

One thought on “Bagaimana Cara Ganti Motor Atau Mobil GrabBike GrabCar?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *