Cara Mudah Daftar Uber Taxi Sebagai Mitra/ Penumpang

By | 21 Mei 2018

Cara Daftar Uber Taxi – Ada yang tahu cara mudah daftar Uber Taxi? Aplikasi antar jemput ini memang bukan yang pertama, namun tetap menjadi incaran masyarakat yang membutuhkan jasa yang ditawarkan. Ada pula masyarakat yang tertarik untuk menjadi mitra Uber. Untuk pendaftaran baik sebagai penumpang ataupun mitra driver, Uber tidak memungut biaya apapun, yang penting si pendaftar tahu syarat dan ketentuannya.

Mendaftar Sebagai Penumpang

Cara Daftar Uber Taxi

Mendaftar uber sebagai penumpang

Untuk dapat menikmati layanan ini, masyarakat cukup mengikuti cara daftar Uber Taxi. Persyaratannya tak memberatkan dan sangat mudah untuk diikuti.

  1. Unduh aplikasi Uber dari Google Play. Bagi pengguna ponsel Apple, silahkan mengunduh dari aplikasi iStore.
  2. Buka aplikasi yang sudah diunduh.
  3. Isi formulir yang muncul pada halaman awal: nama, email, nomor ponsel dan bahasa yang akan digunakan.
  4. Setujui syarat dan ketentuan Uber dengan memilih mencentang kotak yang tersedia.
  5. Tunggu pesan konfirmasi dari sistem Uber. Pesan ini akan terkirim otomatis ke ponsel pendaftar.
  6. Masukkan kode yang dikirimkan melalui nomor ponsel ke kolom yang tersedia.
  7. Pilih metode pembayaran yang diinginkan. Ada tiga jenis pembayaran yang ditawarkan: kartu kredit, kartu debet dan tunai. Untuk dua metode pembayaran pertama, sistem Uber akan memotong biaya langsung dari rekening untuk tiap transaksi. Untuk pilihan tunai, si penguna diperbolehkan untuk membayar di tempat.
  8. Tunggu email konfirmasi dari sistem Uber untuk mengaktifkan akun.
  9. Pilih link yang diberikan untuk mengkonfirmasi email.
  10. Aplikasi Uber Taxi siap untuk digunakan.

Hal Yang Perlu Diperhatikan

Cara Daftar Uber Taxi

Perhatikan hal berikut ini saat mendaftar!

Sudah mencoba cara daftar Uber Taxi diatas? Dalam prosesnya, para calon pendaftar mungkin saja mengalami beberapa kendala. Bagaimana cara mengatasinya?

Baca:

1. Email Tidak Dapat Digunakan

Hal ini terjadi jika si pendaftar sudah menggunakan akun tersebut untuk mendaftar Uber sebelumnya. Ganti dengan alamat akun yang baru.

2. Nomor Ponsel Tidak Valid

Sama seperti kasus email diatas, Uber hanya mengijinkan satu nomor ponsel untuk memiliki satu nomor ponsel untuk Uber. Gunakan nomor baru yang belum pernah dipakai untuk aplikasi Uber.

3. Pemberitahuan Kesalahan Rekening

Bagi para pendaftar yang memilih kartu debit atau kredit, sistem Uber memiliki akses untuk memotong saldo yang ada dalam rekening untuk tiap transaksi. Apabila kode CVV yang dimasukkan tidak sesuai, akan muncul pemberitahuan pada aplikasi untuk memperbaharui kode yang dimaksud.

4. Tak Ada Akses Untuk Prabayar

Uber tidak membuka akses untuk kartu prabayar. Apabila si pendaftar mencoba memasukkan data kartu tersebut, maka proses pendaftaran tidak bisa dilanjutkan.

Mendaftar Sebagai Mitra Pengemudi

Cara Daftar Uber Taxi

Langkah mendaftar sebagai mitra

Selain menjadi pengguna jasa Uber, masyarakat juga bisa menjadi salah satu mitra pengemudi Uber. Perlu diketahui bahwa terdapat dua jenis layanan Uber Taxi yang tersedia: Uber Black dan Uber X. Kedua merupakan jasa antar jemput dengan kendaraan roda 4, hanya saja Uber Black menggunakan mobil mewah dan Uber X menggunakan mobil biasa.

Baca:

Syarat Mendaftar

  1. Memiliki SIM A aktif
  2. Memiliki SKCK aktif
  3. Memiliki KTP yang masih berlaku, boleh menggunakan KTP sementara
  4. Memiliki mobil yang dirakit pada tahun 2011 ke atas (2012, 2013, dst)
  5. Melengkapi surat kendaraan (STNK) yang masih berlaku
  6. Mentaati pembayaran pajak kendaraan tahunan (pajak tidak mati)

Langkah Pendaftaran

  1. Kunjungi halaman awal Uber melalui tautan berikut: https://www.uber.com
  2. Pilih “formulir pendaftaran”. Pada tampilan ponsel, si pendaftar harus menuju tab terlebih dahulu. Pada tampilan komputer atau laptop, tombol ini berada di pojok kanan atas.
  3. Isi formulir yang tampil sesuai data yang diperlukan. Kolom yang muncul biasanya terdiri dari nama, email, nomor telpon, kota dan sandi akun. Untuk kota, silahkan ketikkan kota tinggal dan pilih salah satu dari rekomendasi wilayah yang muncul.
  4. Masukkan kode undangan apabila si pendaftar mendapatkan undangan dari rekan lain untuk mendaftar sebagai mitra pengemudi.
  5. Pilih “submit”
  6. Pilih jenis uber yang diinginkan. Berikan keterangan yang sebenarnya tentang kendaraan yang digunakan, apakah merupakan kendaraan pribadi atau properti perusahaan lain. Di bagian bawah tiap pilihan, terdapat syarat tambahan yang harus dipenuhi.
  7. Pilih tombol “continue”.
  8. Unggah persyaratan yang diperlukan untuk proses registrasi. Adapun dokumen yang diperlukan sudah disebutkan sebelumnya. Pendaftar akan dipandu dalam proses pengunggahan. Ikuti instruksi yang diberikan. Urutan dokumen yang harus diunggah adalah SIM, SKCK, KTP, dan STNK.
  9. Pastikan sistem dapat membaca dokumen dengan baik. Si pendaftar akan diminta untuk mengulang unggahan dokumen jika foto yang disediakan tidak terbaca.
  10. Tunggu konfirmasi dari sistem Uber. Umumnya, proses ini berjalan selama dua sampai tiga jam dari jam pendaftaran.
  11. Jika pendaftaran berhasil, maka mitra pengemudi dapat masuk ke halaman awal Uber Taxi.
  12. Pelajari video tutorial yang disediakan. Hal ini adalah kewajiban pertama bagi semua mitra pengemudi. Video ini membantu mitra driver untuk mengenali semua tombol yang ada pada aplikasi Uber.
  13. Pelajari “Buku Panduan Pengemudi Driver” yang diberikan oleh sistem. Tujuannya agar si pengemudi dapat memberikan pelayanan yang baik.
  14. Masuk ke akun Uber Taxi
  15. Unggah foto dengan memilih tombol “akun”. Jangan lupa unggah foto yang mudah dikenali untuk memudahkan masyarakat yang memesan layanan tersebut.
  16. Tambahkan nomor rekening melalui halaman akun. Tujuannya agar sistem Uber dapat langsung mengirimkan pendapatan, bonus ataupun insentif yang terkumpul di rekening utama.

Kesalahan Umum Ketika Mendaftar

Cara Daftar Uber Taxi

Kesalahan yang biasa terjadi

Sistem Uber menunda proses verifikasi dokumen pada beberapa kasus. Apa saja kasus yang paling sering terjadi?

1. Foto Tidak Jelas

Untuk dokumen seperti KTP dan SIM, pastikan untuk mengambil foto tegak lurus. Hindari mengambil dari sisi miring, karena akan menutupi beberapa informasi yang diperlukan. Pastikan tidak ada bayangan yang muncul diatas dokumen tersebut. Jika mengunggah melalui komputer, pastikan tidak menggunakan aplikasi crop, scan atau editing.

2. Foto Terpotong

Dokumen seperti SKCK dan STNK biasanya agak sedikit sulit untuk difoto karena ukurannya. Namun demikian, semua informasi pada SKCK dan STNK tidak boleh terpotong. Seluruh kertas harus terlihat jelas dan dapat dibaca.

3. Informasi Tertutupi

Khusus untuk STNK, informasi yang wajib terbaca dengan jelas adalah masa berlaku dan tanggal pembayaran pajak.

4. Dokumen Terlipat

Akibat penyimpanan yang kurang layak, dokumen seperti STNK atau SKCK dapat terlipat dengan posisi yang tidak baik. Atur sedemikian rupa agar lekukan tersebut tidak menutupi informasi penting pada surat.

Baca juga:

Tidaklah sulit untuk menjadi pengguna ataupun mitra pengendara Uber. Mengapa demikian? Cara mudah daftar Uber Taxi sudah dijabarkan secara gamblang. Syarat dan ketentuannya pun tak memberatkan para pendaftar. Selama pendaftar menghindari hal hal yang mungkin menghambat proses registrasi, maka mereka hanya butuh waktu singkat untuk terdaftar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *