4 Langkah Cara Daftar GrabParcel Untuk Kota Tertentu

By | 12 Desember 2018

Salah satu perusahaan penyedia aplikasi jasa transportasi online yakni Grab, memiliki salah satu layanan baru yang berhubungan dengan layanan jasa pengiriman barang. Bagi Anda para Grab Driver yang tertarik, silakan disimak cara daftar GrabParcel dan dapatkan tambahan penghasilan yang cukup menggiurkan.

cara daftar Driver GrabParcel

Cara daftar GrabParcel ini tidak terlalu sulit. Apalagi jasa antar kirim paket yang menggunakan sistem next day service atau same day service & Delivery ini baru saja diluncurkan dan menggandeng beberapa marketplace kenamaan, sebut saja Lazada, Blibli, Tokopedia, dan Bukalapak. Layanan ini telah hadir di 15 kota yang ada di Indonesia seperti Bandung, Jabodetabek, Surabaya, Malang, hingga wilayah di luar pulau Jawa seperti Samarinda.

Perlu untuk diketahui bahwa cara daftar GrabParcel ini menggunakan aplikasi yang berbeda dengan aplikasi Driver GrabBike dan GrabCar. Untuk melakukan pendaftaran Anda dapat mengunjungi laman http://bit.do/grabparcel-freelance

Langkah-langkah Cara Daftar GrabParcel

cara daftar grabparcel

Panduan cara daftar grabparcel

Syarat Daftar Grabparcel

Untuk syarat terkait dengan dokumen dan apa yang harus dipenuhi, anda bisa membaca nya secara lengkap di Syarat Daftar Grab 2019 Terlengkap, Perhatikan Syarat Kendaraan

Cara Daftar Grabparcel

Berikut langkah-langkah melakukan pendaftaran sebagai Driver GrabParcel:

  1. Klik link http://bit.do/grabparcel-freelance untuk melakukan pengisian form pendaftaran yang telah dibuat oleh pihak Grab.
  2. Form pertama yang harus diisi adalah informasi tentang email yang Anda miliki. Sebagai catatan, email yang dipakai tentu saja masih dalam keadaan aktif. Jika belum mempunyai email, segera membuat akun email baik menggunakan Yahoo atau Gmail. Setelah memasukkan email address klik opsi NEXT.
  3. Form berikutnya yang harus diisi adalah data pribadi Anda seperti:
    • Nama sesuai dengan yang terdaftar pada aplikasi Grab Driver
    • Plat kendaraan yang harus sama seperti yang terdaftar di aplikasi Grab Driver
    • Nomor ponsel (WhatsApp) yang digunakan dan harus dalam keadaan aktif
    • Alamat domisili atau tempat tinggal yang sesuai dengan area pekerjaan Driver Grab. Misal telah terdaftar sebagai Driver Grab wilayah Jakarta, maka ketika mendaftar sebagai Driver GrabParcel, Anda harus memilih lokasi yang sama yakni Jakarta.
    • Jika semua data di atas telah dimasukkan, klik opsi YES/YA pada poin SIAP MENTAATI KODE ETIK GRABPARCEL.
    • Lalu tekan opsi SEND ME A COPY OF MY RESPONSES hingga menjadi warna hijau.
    • Terakhir, masukan captcha yang telah disediakan oleh pihak Google, kemudian mencentang opsi SAYA BUKAN ROBOT.
  4. Cara mendaftar menjadi Driver GrabParcel telah selesai dan Anda tinggal menunggu pihak Grab untuk menindaklanjuti proses daftar Driver GrabParcel yang telah dilakukan sebelumnya.

Berbagai Hal yang Perlu Diketahui Tentang Driver GrabParcel

daftar grabparcel

Setelah mengetahui tentang tata cara mendaftar Driver GrabParcel mudah, berikut poin-poin yang berhubungan dengan syarat dan ketentuan antar kirim paket menggunakan GrabParcel.

  • Pada pelayanan GrabParcel Same Day Delivery, hanya dapat dilakukan proses antar kirim paket pada wilayah yang sama. Contoh: pengiriman paket dari Jakarta ke Jakarta saja.
  • Untuk layanan Next Day Delivery, jasa antar kirim paket hanya berlaku untuk pengiriman dari kota ke kota lainnya yang masih berdekatan. Misal, antar kirim paket dari Jakarta ke Jabodetabek.
  • Bagi layanan antar kirim paket dengan menggunakan Same Day Delivery, driver GrabParcel akan datang setelah ada request Pick Up dengan waktu maksimum 3 jam. Hal ini juga berlaku untuk proses pengiriman barang yakni maksimum 3 jam setelah paket diterima.
  • Bagi layanan Next Day Delivery, setelah terjadi proses request Pick Up, driver akan mengambil paket maksimum 3 jam. Sementara proses barang sampai ke tangan konsumen, maksimum H+1 setelah proses pengiriman paket.
  • Aturan mengenai biaya pengiriman dengan menggunakan Same Day Delivery yakni Rp 15.000 (flat) dan berat produk maksimal 7 kg.
  • Aturan biaya pengiriman yang harus dibayarkan jika menggunakan jasa layanan Next Day Delivery adalah Rp 5.000/kg dan maksimal berat paket adalah 20 kg.
  • Batas waktu untuk respon terhadap pesanan dengan layanan Same Day Delivery adalah 1×24 jam, setelah proses pembayaran diverifikasi. Kemudian 1×24 jam lagi, untuk batas waktu konfirmasi pengiriman atau request Pick Up yang dihitung sejak pesanan direspon.
  • GrabParcel memiliki Cut Off Time Pick Up yakni pukul 09.00-13.00 waktu setempat. Jika ada permintaan request Pick Up di luar batas waktu tersebut, maka request dianggap tidak valid dan pengguna jasa GrabParcel (penjual) harus melakukan proses request ulang esok harinya.

Aturan-aturan Lainnya:

  • Ukuran maksimal paket/ produk yang diterima adalah 45x45x45 cm. Selain itu pihak Grab tidak akan bertanggung jawab dan tidak menyediakan layanan yang secara khusus melakukan pengemasan terhadap paket yang bahannya dibuat dari kaca, keramik, dan produk yang mudah mengalami perubahan/ kerusakan dalam hal ini makanan, es krim, atau bunga segar.
  • Jika produk/ paket hilang selama proses pengiriman, GrabParcel menyediakan opsi asuransi senilai harga produk/paket yang hilang dengan catatan bahwa produk yang hilang sesuai dengan informasi yang diberikan. Penggantian biasanya dihitung sesuai dengan struk pembelian dan/atau sesuai dengan nilai wajar harga produk.
  • Jika produk/ paket hendak diasuransikan maka pengirim wajib menuliskan nilai barang pada Waybill. Selain itu maksimum nilai produk/paket yang hendak diasuransikan sebesar Rp. 50.000.000 setiap pengiriman.
  • Jika produk/ paket yang dikirimkan berupa emas, maka nilai pertanggungan Waybill akan dikurangi sebesar Rp 500.000.
  • Jika produk/ paket tidak diasuransikan makam hanya mendapatkan penggantian maksimal 10 kali biaya kirim atau senilai Rp 500.000.
  • Pihak Grab juga memiliki hak untuk melakukan penolakan terhadap produk/paket yang tidak diasuransikan.
  • Untuk produk/paket rusak, batas waktu klaim adalah 3×24 jam. Sementara untuk produk/paket hilang, batas klaim adalah selama 30 hari terhitung setelah tanggal pengiriman produk/paket.

Demikian informasi yang berkenaan dengan tata cara daftar GrabParcel. Pastikan mengikuti langkah-langkah tersebut dengan baik agar proses pendaftaran lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *