Cara Daftar Grabhitch Online, Perhatikan Syaratnya!

By | 29 Juni 2019

Bagaimana cara daftar Grabhitch dan apa saja syarat daftar grabhitch ini? Grabhitch atau grabcar nebeng merupakan salah satu layanan dari perusahaan grab. Yang berbagi kendaraan roda empat untuk masyarakat di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Bagi penumpang maupun driver, pasti sama-sama mendapatkan banyak keuntungan dengan hadirnya layanan ini. GrabHitch (Grabcar Nebeng) akan membuat biaya perjalanan harian lebih efisien, terutama untuk perjalanan jarak jauh yang melebihi 15 km.

Selain itu, dengan layanan ini anda dapat melakukan perjalanan menuju dan dari Jakarta tanpa perlu berganti kendaraan. Serta bisa menjadwalkan perjalanan Anda 30 menit hingga 7 hari sebelumnya, dan masih banyak berbagai keuntungan yang lainnya.

Cara daftar Grabhitch

Berbicara soal Grabhitch,  pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan tentang bagaimana seseorang bisa bergabung menjadi mitra layanan grab tersebut. Namun sebelum itu saya akan membahas apa saja persyaratan yang diperlukan untuk proses pendaftaran. Mari simak pembahasannya berikut ini

Persyaratan Dokumen yang Diperlukan

Sama seperti layanan grab lainnya, tentu saja bagi siapapun yang ingin menjadi salah satu pengemudi Grabhitch haruslah menyerahkan beberapa dokumen pendukung sebagai syarat administratif. Kalau anda daftar online, anda akan menyerahkan dokumen dalam bentuk gambar/ foto, bukan hasil scan, kemudian diupload. Kalau daftar langsung ke kantor, tinggal bawa berkas asli dan fotocopy nya. Apa saja dokumen – dokumen tersebut? Berikut adalah daftarnya.

1. Surat Izin Mengemudi (SIM)

SIM untuk daftar Grab

Foto SIM yang benar jika daftar Grab online

 

Sudah barang tentu, SIM atau Surat Izin Mengemudi menjadi persyaratan penting bagi seseorang yang ingin bekerja sebagai driver. SIM menjadi dokumen yang dapat membuktikan bahwa calon pelamar memang terbukti dapat mengendarai kendaraan dengan sangat baik.

Yang perlu dipersiapkan tentu saja adalah Surat Izin Mengemudi (SIM A) karena anda akan mengendarai mobil. Bagi yang belum memiliki, sebaiknya membuat terlebih dahulu di kantor Samsat terdekat.

Catatan: Nomor dan Tanggal berlaku SIM harus jelas!

2. KTP (Kartu Tanda Penduduk)

syarat daftar Grab

Gambar KTP yang benar jika daftar online

Selain Surat Izin Mengemudi, KTP atau Kartu Tanda Penduduk juga dibutuhkan sebagai salah satu persyaratan administrasi pendaftaran mitra Grabhitch. KTP menjadi bukti identitas yang harus diupload pada waktu pendaftaran.

3. STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor)

STNK daftar grab online

STNK daftar grab online

Seorang driver sudah barang tentu harus mempunyai dokumen penting yang satu ini, yakni STNK. Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor menjadi tanda bukti pendaftaran dan pengesahan kendaraan bermotor berdasarkan kepemilikan dan identitas yang telah didaftar. Ini menjadi persyaratan penting.

Untuk menjadi driver grabhitch, tentunya anda harus mempunyai STNK dan menjadi persyaratan dokumen penting yang harus dipersiapkan. STNK juga menjadi penanda bahwa mobil yang anda miliki bukanlah barang hasil curian.

4. Memiliki Smartphone Yang Memadai

daftar grabhitch

Pastikan smartphone anda memenuhi standar

Smartphone yang mumpuni termasuksyarat umum ketika mendaftar Grab, layanan apapun itu, termasuk Grabhitch. Tentu saja karena handphone merupakan penghubung antara driver dengan penumpang, tanpanya, mustahil ada orderan. Akan tetapi, smartphone saja tidak cukup, driver dituntut untuk memiliki hp dengan spesifikasi minimum Android dengan 1 GB RAM. Tapi tenang saja, smartphone sekarang murah murah kok, silahkan baca rekomendasi hp dengan spek yang lumayan.

5. Foto Selfi Memegang KTP

daftar grabhitch

Selfie pegang KTP

Karena ini adalah daftar online Grabhitch, maka anda dituntut untuk mengupload dokumen penting seperti foto SIM, KTP, SKCK, STNK, termasuk foto selfie sambil memegang KTP.

6. Punya Mobil Sesuai Kriteria Grabhitch

Mobil APV termasuk mobil grab

Karena Grabhitch sekarang adalah hanya nebeng mobil (grabhitch motor sudah tidak ada lagi), maka jenis kendaraan yang anda akan pakai adalah mobil. Mobil di sini, ada sepesifikasi nya lagi. Sama halnya dengan syarat mobil grabcar, mobil Grabhitch juga punya standar demi kenyamanan penumpang. Syarat mobil Grabhitch:

  • Mobil MPV dan Family Car diprioritaskan
  • Jenis mobil yang diizinkan minimal 1200cc
  • Kondisi mobil baik, seperti AC bekerja dan sabuk pengaman tiap kursi
  • Mobil yang digunakan tidak mati pajak dan memiliki surat yang lengkap
  • Mobil maksimal usia 5 tahun saat daftar Grabcar
  • Lebih lengkap, baca: Syarat dan Jenis Mobil Grab

Cara Daftar Grabhitch Secara Online

Berbeda dengan layanan lainnya, mendaftar grabhitch bisa dibilang sangat mudah prosesnya dan bisa dilakukan langsung dari ponsel android saja. Selama anda memiliki hp android yang cukup bagus, insyaallah pendaftaran bakal menjadi mudah. Bagaimana caranya?

1. Download Aplikasi Grab Terlebih Dahulu

daftar grabhitch

Download app Grab driver di playstore/app store

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mendownload aplikasi grab terlebih dahulu (bila belum ada). Aplikasi grab dapat anda temukan di google play store maupun app store. Setelah itu install dan buka aplikasinya.

2. Buka Aplikasi Grab

daftar grabhitch

Buka aplikasi, tekan Grabhitch, lalu daftar pengemudi

Sesudah aplikasi didownload dan terinstall, cara daftar Grabhitch selanjutnya adalah, silakan dibuka aplikasinya. Pilih “Grabhitch (nebeng)” lalu “daftar pengemudi”.

3. Upload Dokumen

daftar grabhitch

upload SIM, STNK dan foto selfie pegang KTP

Cara daftar Grabhitch selanjutnya adalah tinggal mengupload dokumen  (persyaratan dokumen yang telah disebutkan di atas). Anda tak perlu mengisi data-data diri seperti pada saat anda mendaftar jadi driver grabbike maupun grabcar.

Nantinya anda akan disuruh mengupload SIM dan juga STNK. Selain itu, anda juga harus berfoto selfie dengan memegang KTP.

4. Pilih Halaman Kendaraan di Aplikasi

daftar grabhitch

Jika upload dokumen sudah berhasil dilakukan, langkah selanjutnya adalah dengan memilih halaman “kendaraan”. Berikutnya isi model dan plat nomor kendaraan anda dengan benar dan klik “selanjutnya”

5. Masuk ke Halaman Pemahaman

daftar grabhitch

Halaman pemahaman saat daftar Grabhitch

Jika data telah terupload dengan benar maka, anda memasuki halaman “pemahaman”. Jika anda telah memahami dan menyetujui persyaratan yang diberikan, silakan tekan “setuju”.

Proses pendaftaran selesai dan anda tinggal menunggu SMS konfirmasi dalam waktu 3 hari kerja.

Perhatikan hal ini saat daftar Grabhitch

Saat proses unggah berkas, mungkin saja anda bisa mengalami kegagalan. Ada beberapa hal yang menyebabkan mengapa hal tersebut bisa terjadi. Apa saja itu?

A. Upload SIM Gagal

Bilamana pada saat pengunggahan SIM mengalami kegagalan, disebabkan karena nomor SIM yang tidak terlihat dengan jelas atau SIM habis masa berlakunya. Jadi pastikan, SIM anda masih aktif dan saat diupload bagian nomor SIM dan masa berlaku terbaca dengan jelas.

B. Upload STNK Gagal

Jika anda gagak ketika mengunggah STNK, hal tersebut disebabkan karena nomor STNK yang tidak terlihat/terbaca dengan jelas. Selain itu, tahun pembuatan kendaraan juga tidak terlihat dengan jelas atau masa berlaku STNK tersebut sudah habis.

Untuk itu, nomor STNK harus terlihat dengan jelas serta masa berlaku dan tahun pembuatannya juga terbaca dengan jelas. Pastikan yang anda upload benar-benar STNK bukan surat pajak.

C. Gagal Ketika Selfie Memegang KTP

Ada 2 hal yang membuat Anda gagal saat selfie memegang KTP. Yang pertama, nomor KTP (NIK) tidak terlihat dengan jelas dan masa berlaku KTP yang telah habis.

Maka dari itu, pada saat mengambil foto pastikan nomor KTP terlihat dan terbaca dengan jelas. KTP juga harus masih berlaku atau seumur hidup.

Dengan menjadi mitra Grabhitch,  bisa memembuat para mitra lebih banyak penghasilan. Terlebih lagi jika orderan meningkat sudah pasti pendapatan juga akan meningkat.

Bagi  anda yang belum daftar, yuk Lakukan dari sekarang dan jangan lupa siapkan persyaratan yang dibutuhkan dan ikuti tata cara daftar Grabhitch sesuai dengan petunjuk di atas. Sekian dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *