Cara Daftar GrabFood 2019 Bagi Pemilik Restoran Semua Daerah

By | 27 Juni 2019

Untuk para pengusaha yang terjun di dunia kuliner juga turut merasakan manfaat hadirnya layanan aplikasi seperti GrabFood. Tidak hanya layanan transportasi, Grab juga memiliki layanan pesan antar makanan untuk para konsumen yang bernama GrabFood. GrabFood menjadi salah satu solusi meningkatkan ekonomi kerakyatan. Untuk para pemilik restoran yang tertarik ingin menjadi bagian dari GrabFood, berikut ini informasi lengkap mengenai cara daftar GrabFood dengan cepat dan mudah.

Tutorial Cara daftar Grab Food

Bagaimana cara daftar Grabfood 2019 buat pemilik bisnis?

Ada beragam kelebihan dari layanan Grabfood ini khususnya buat pemilik dagangan. Tanpa perlu repot- repot, anda bisa mempromosikan usaha kuliner anda dan meningkatkan penjualan. Berdasarkan beberapa referensi, profit penjualan usaha makanan bisa meningkat BERKALI KALI lipat setelah join Grabfood. Kelebihan lainnya adalah pihak Grab akan memberikan PIC tertentu untuk kemitraan Grabfood untuk bersama-sama terus meningkatkan kinerja bisnis, dengan sistem bagi hasil kesepakatan bersama. Cara daftarnya sangat mudah…

Cara Daftar Grabfood Merhcant Online 2019

  1. Kunjungi situs resmi Grabfood Merchant
  2. Isi formulir daftar grabfood
  3. Verifikasi Email dari Grab
  4. Upload informasi Restoran
  5. Menandatangani kontrak
  6. Email verifikasi outlet
  7. Masuk proses OVO
  8. Verifikasi by OVO
  9. Email aktivasi dan training

Singkatnya, begitu cara pendaftaran Grab food. Detailnya ada di bawah, namun anda sebaiknya memperhatikan dengan seksama proses dan alurnya…

Pendaftaran Grabfood ini berlaku untuk seluruh wilayah di Indonesia yang tercover oleh layanan Grab. Mulai dari balikpapan, bandar lampung, bandung, banjarbaru, banjarmasin, batam, bekasi, blitar, bogor, cianjur, cilacap, cirebon, depok, indramayu, jakarta, jambi, jember, jepara, jogja, jombang, karawang, kediri, kebumen, klaten, kota malang, lampung, lumajang, madiun, magelang, makassar, malang, manado, mojokerto, palembang, pekanbaru, pemalang, ponorogo, pontianak, purwokerto, semarang, solo, surabaya, tangerang, tegal, tuban, tulungagung, yogyakarta dan masih banyak lagi (Silahkan dicek kota nya masing – masing yah)

Karena itu, wajib buat anda sekiranya sebagai bisnis owner untuk mengikuti program ini…

Syarat Daftar Grabfood 2019 Buat Pemilik Usaha Makanan

Syarat daftar Grabfood

Syarat daftar Grabfood 2019

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai langkah cara daftar Grabfood penjual 2019, anda sebaiknya mempersiapkan persyaratan pendaftaran agar proses daftar itu sendiri menjadi lebih lancar. Beberapa persyaratan dan kriteria restoran yang harus terpenuhi agar anda bisa mendaftar sebagai mitra Grabfood telah kami rangkum di sini dan berdasarkan situs resmi Grabfood Merchant.

  • Nama dan alamat restoran (disertai nomor titik koordinat peta)
  • Nomor telepon beserta email restoran
  • Foto KTP asli yang berlaku/ Resi sebagai pengganti KTP
  • Foto Selfie memegang KTP
  • Foto asli NPWP
  • Foto Daftar Menu disertai dengan harga
  • Foto Makanan sesuai dengan menu
  • Foto restoran dari luar, pastikan ada nama restoran baik di spanduk, stiker atau kertas
  • Foto restoran dari dalam, pastikan kasir, meja makan atau dapur terlihat
  • Foto logo restoran jika ada
  • Foto buku tabungan dengan nomor rekening yang jelas. Apabila pemilik rekening berbeda dengan penanggung jawab, maka harus melampirkan surat kuasa: https://ufile.io/h5zd0

Biar lebih teratur, anda bisa membaca Syarat Daftar Grab 2019 Terlengkap karena dilengkapi dengan bagian ceklist untuk mempermudah anda mengumpulkan dokumen. Silahkan dicek pada bagian syarat daftar grabfood (pemilik restoran).

Poin Penting Seputar Pendaftaran Grab

Beberapa poin penting yang harus anda perhatikan saat melakukan proses pendaftaran agar bisa berjalan lancar dan cepat.

1. Titik Koordinasi Lokasi Rumah Makan/ Toko

Sebelum mendaftarkan tempat usaha kuliner, Anda harus tahu dimana lokasi restoran berada supaya sesuai dengan arahan GPS. Anda harus akurat dalam pemberian informasi titik koordinasi lokasi karena akan menjadi lokasi usaha dan untuk pesan antar makanan. Terdapat dua cara untuk mengetahui titik koordinasi lokasi yaitu dengan aplikasi Google Maps dan browser di komputer.

a. Google Maps

Buka Google Maps pada ponsel. Selanjutnya, carilah alamat tempat bisnis atau restoran Anda pada aplikasi Google Maps. Setelah berhasil menemukan lokasinya, selanjutnya geser dan tahanlah pin berwarna merah sampai ada keterangan ‘Pin Dipasang’ atau ‘Dropped Pin’. Selanjutnya klik ‘Info Selengkapnya’ yang berada di pojok kiri bawah.

bagi hasil grab food

Langkah berikutnya adalah Anda harus mengklik dan menahan teks titik koordinat lokasi kemudian lepaskan hingga muncul pemberitahuan bahwa titik koordinat lokasi tersalin ke clipboard. Simpanlah titik koordinat lokasi restoran atau tempat usaha kuliner Anda yang akan digunakan untuk mengisi form pendaftaran.

b. Browser pada Komputer

Hidupkan komputer dan buka browser apa saja seperti Mozilla, Chrome, dan sebagainya. Selanjutnya buka Google Maps https://www.google.com/maps dan carilah alamat tempat bisnis atau lapak yang akan Anda daftarkan pada GrabFood. Setelah lokasi yang Anda maksud telah ditemukan, selanjutnya tekan tanda merah tersebut dan klik kanan.

cara daftar grabfood tanpa npwp

 

Akan muncul beberapa pilihan menu, Anda klik ‘Ada apa di sini?’. Sebuah kotak berisi nama alamat dan titik koordinak muncul di bagian bawah. Anda simpan titik koordinat tersebut untuk dituliskan ada formulir pendaftaran.

2. Perhitungan Pajak

Jika harga yang tertera tidak ada pajaknya maka ditulis apa adanya tanpa dikurangi atau ditambahi. Jika harga makanan Anda inclusive atau sudah termasuk pajak maka ketika pemesan melakukan order berarti sudah termasuk dengan pajak. Contoh harga inclusive adalah harga makanan sebesar Rp10.000 dipotong pajak 10% menjadi Rp9.000 sehingga pemesan tidak perlu membayar tambahan pajak makanan. Namun untuk makanan harga exclusive atau belum termasuk pajak, maka pembayaran akan ditambah pajak tersendiri dari harga makanan sesuai restoran.

Cara Daftar Mitra GrabFood Online 2019 Terbaru

Cara daftar grabfood online

Bagaimana cara daftar grabfood online?

Grab turut serta berkontribusi dalam perekonomian nasional dan bermanfaat untuk masyarakat. GrabFood juga menjadi pintu masuk para UMKM menuju ekonomi digital. Untuk Anda yang memiliki restoran dan ingin memasarkan produk Anda namun mengalami kendala dalam biaya pemasaran, daftarkan saja restoran Anda pada GrabFood.

Langkah ini dapat membuat restoran atau usaha kuliner yang Anda miliki dikenal semakin banyak konsumen. Selain itu, para konsumen yang tidak memiliki cukup waktu untuk datang ke tempat Anda juga dapat menikmati deretan menu kuliner yang disediakan dengan bantuan GrabFood.

Ada dua cara mendaftar jadi mitra GrabFood yang bisa Anda lakukan yaitu melalui Aplikasi dan Official Website Grab.com. Namun pada akhirnya, anda juga akan dialihkan ke situs resmi untuk mendaftar. Jadi untuk lebih singkatnya dan cepatnya, kami sudah merangkum dengan detail setiap langkah untuk mendaftar.

1. Kunjungi situs resmi Grabfood Merchant

situs resmi Grabfood merchant

Langkah pertama tentunya mengunjungi situs resmi Grabfood Merchant, baik melalui PC maupun di hp. Pastikan anda memiliki smartphone/ komputer yang memadai serta internet yang stabil. Jangan sampai hal yang tidak diinginkan terjadi. Situs resminya bisa anda kunjungi di sini: grab.com/id/merchant/food/

2. Isi formulirnya dengan lengkap

formulir situs grabfood

Di sini langkahnya cukup mudah, anda hanya perlu mengisi formulir yang disediakan di situs resmi Grabfood. Contohnya anda bisa di atas.

  • Nama Restoran, masukan nama restoran atau nama dari bidang usaha kuliner yang Anda jalankan.
  • Nama Anda, masukan nama pemilik restoran atau bidang usaha kuliner.
  • Kota, pilih kota kota dimana restoran atau usaha kuliner Anda berada.
  • Alamat, masukan alamat restoran atau usaha kuliner Anda.
  • Nomor Telepon, masukan nomor telepon restoran atau pemilik restoran yang mudah dihubungi.
  • Email, isikan dengan email yang masih aktif.
  • Catatan atau Pertanyaan, masukan beberapa pertanyaan atau tanggapan Anda mengenai GrabFood.
  • Captcha, selanjutnya Anda diharuskan untuk menyelesaikan tantangan Captcha. Hal ini guna memverfikasi bahwa Anda bukan robot.
  • Submit, apabila semua kolom pada formulir pendaftaran sudah terisi dengan baik dan benar. Maka langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah menekan tombol Submit.

3. Verifikasi Email dari Grab

daftar grabfood

Setelah mengisi detail dan menekan tombol “Daftar”, maka anda akan memperoleh email verifikasi. Anda tinggal mengikuti panduan yang diberikan pihak Grab.

**Catatan: setelah konfirmasi email, anda akan menunggu email selanjutnya dalam beberapa waktu, pengalaman 1-2 hari emailnya sudah masuk.

4. Upload informasi Restoran

email konfirmasi data grabfood

Pada tahap ini, pihak Grabfood akan menghubungi anda untuk menjelaskan proses selanjutnya berkaitan dengan pendaftaran anda sebagai mitra Grabfood. Selain itu, anda juga akan memperoleh email berisi dokumen dan persyaratan yang anda harus lengkapi seperti yang tertera pada bagian persyaratan di atas (KTP/resi, foto restoran, makanan dll.)

Subjek Email: Menjadi Partner GrabFood – Data dan dokumen yang dibutuhkan

Perhatikan ada 2 bagian yang harus anda isi di atas.

Pertama: Detail mengenai restoran anda. Tampilan form pada tautan tersebut seeprti ini

Informasi warung Grabfood anda Informasi cabang usaha makanan Siapa yang bertanggung jawab pada restoran tersebut daftar grabfood

Kedua: Pengunggahan dokumen persyaratan grabfood

Data diri pemilik restoran daftar menu harga restoran daftar grabfood periksa data anda kembali

5. Menandatangani kontrak

Setelah melengkapi dan mengupload informasi terkait usaha makanan anda, email yang berisi kontrak dengan GrabFood (pdf file) akan dikirim dan anda HARUS tanda tangani. Anda unduh file kontrak tersebut, teliti secara seksama, kemudian dicetak.

Anda harus pastikan jika nama pada kontrak sesuai dengan KTP, isi jabatan Anda, dan tanda tangan di halaman ke-4 di atas materai. Data-data yang sudah ada di kontrak terlampir sesuai dengan isi informasi yang Anda kirimkan saat pendaftaran di halaman website GrabFood. Jika merasa informasi yang diberikan saat mendaftar belum benar, Anda silakan mengunjungi halaman website https://grb.to/pendaftaranGrabFood dan isi data-data Anda di website tersebut.

Subjek Email: Tanda tanganilah perjanjian kerjasama GrabFood

6. Email verifikasi outlet

Pihak GrabFood akan mengirimkan email verifikasi outlet. Anda harus men-klik link verifikasi dalam waktu 72 jam. Jika gagal, status anda akan gagal terverifikasi dan anda akan dituntut untuk menghubungi tim telesales GrabFood untuk mengirimkan email verifikasi outlet kembali.

Subjek Email: GrabFood – Verifikasi Email Anda

7. Masuk proses OVO

Setelah semua data dan persyaratan anda lengkap dan berhasil terverifikasi, anda selanjutnya akan memasuki tahap proses oleh OVO. 

8. Verifikasi by OVO

Pihak OVO akan menghubungi anda untuk memverifikasi semua informasi. Setelah semua data divalidasi, anda akan memperoleh notofication dari pihak OVO untuk melakukan verifikasi nama, restoran, dan alamat restoran anda.

9. Email aktivasi dan Training Online

Email terakhir pertanda pendaftaran anda berhasil dan diterima adalah Email aktivasi yang berisi materi training online tentang cara berjualan makanan menggunakan aplikasi dan link aplikasi GrabFood Merchant yang bisa anda unduh. Kabar baiknya lagi, anda juga akan memperoleh notifikasi tentang pengaktifan akun GrabFood Merchant.

Subjek Email: Selamat Datang di Aplikasi GrabFood Merchant

Setelah proses aktivasi selesai, anda bisa langsung jualan via aplikasi GrabFood Merchant!!!

**Catatan: Jika anda tidak mendapatkan salah satu email diatas, mohon cek tab Promosi atau Spam pada inbox anda

Tonton video panduan cara daftar grabfood untuk meningkatkan keuntungan usaha berkali kali lipat!!

Sayangnya, informasi yang kami berikan tidak termasuk cara pendaftaran grabfood offline karena dilihat dari keadaannya, daftar online jauh lebih mudah. Bayangkan saja kalau daftar offline dan harus datang ke kantor Grab sambil membawa cetakan foto restoran, menu dll. Belum lagi panas dan antrian yang super padat.

Agak ribet kan? Karenanya online lebih baik…

Baca juga: Cara dan Sistem Kerja Grab 2019, Driver Harus Paham

Saya juga bertanya kepada CS grab terkait boleh tidaknya daftar offline Grabfood, dan  begini balasannya:

Hai Kak Wahyu.
Mengenai ingin mendaftar menjadi mitra/merchant GrabFood, silakan Kakak mengikuti petunjuk yang ada pada link https://food-merchant-help.grab.com/hc/id atau https://www.grab.com/id/merchant/food/ya.
Nantinya apabila Merchant/Rumah Makan yang Kakak daftarkan lolos seleksi oleh tim Marketing GrabFood kami. Maka pihak GrabFood akan segera menghubungi Kakak secara personal untuk menjelaskan persyaratan lebih lanjut dan perihal pembagian hasil. Saat ini, Grab Indonesia mempunyai layanan fitur GrabChat untuk mempermudah Kakak dalam berkomunikasi melalui pesan tertulis pada saat pelayanan berlangsung. Terima kasih. – Milan

Pertanyaan yang sering ditanyakan

1. Apakah Pendaftaran Grabfood Merchant itu Gratis?

Jawab: Ya, pendaftaran sebagai mitra Grabfood pemilik Restoran adalah 100% GRATIS.

2. Bagaimana cara daftar grabfood tanpa npwp?

Jawab: Tidak bisa, anda harus punya NPWP ketika anda mendaftarkan usaha anda

3. Bagaimana cara merubah daftar menu restoran?

Jawab: mudah, tinggal ikuti caranya di sini.

Demikian informasi lengkap tutorial cara daftar menjadi mitra GrabFood serta beberapa poin penting lainnya yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

20 thoughts on “Cara Daftar GrabFood 2019 Bagi Pemilik Restoran Semua Daerah

  1. Anindya winda

    Apakah sekarang pihak grab menerjunkan salesnya ke lapangan untuk melakukan pendataan calon mitra grabfood?

    Reply
  2. Ria dian sf

    Saya udah masuk bagian langkah ke 4, pas saya klik link pertama Yg atas, itu gabisa malah muncul keterangan “Diperlukan Otorisasi” itu gmna ya caranya? Makasih

    Reply
  3. Maria jozepaha

    Persyararatan pendaftaran sudah saya lengkapi dan sudah tanda tangan kerja sama dan ovo merchant sudah verifikasi..kapan resto saya aktif di grabfood?

    Reply
  4. Gita

    Saya sudah daftar 1 Minggu lagi tetapi sampai sekarang belum ada email masuk

    Reply
  5. Yuni Artika

    Mengapa harus ada NPWP?
    Kalau pedagang kecil kan tidak memiliki NPWP
    Apalagi kalau jualannya hanya di depan rumah.
    Apakah dari pihak grab tidak bisa membantu

    Reply
  6. Andrian

    mw tnya dong, punya saya sudah sampai 2 bulan, dan proses terakhir sudah di telpon verifikasi dari pihak ovo, nah kira2 berapa lama lagi untuk dpt email traningnya ya? atau mgkin biasax pendaftaran grab memakan waktu brp lama ya? thx

    Reply
  7. egaloktara

    Kenapa ya setiap daftar Grabfood, ada email masuk namun tidak bisa klik disini .

    Salah nya dmn ya.

    Tks

    Reply
  8. Matt

    Sumpah.. GrabFood di surabaya lelet banget. Sejak september sampai skrg tidak selesai2. Nomer contact juga ga dikasih.. registrasinya pun pakai email Gmail. Untuk Grab yg sebesar itu prosesnya sangatlah menguras waktu. Kami hanya ingin berbisnis.

    Reply
  9. Nanda

    Saya ingin mendaftar grabfood tapi pas isi formulir pilihan kota saya tidak ada bagaimana solusinya… Saya tinggal di kota Mojokerto. Jawa timur

    Reply
  10. Rizky

    Jika sudah verifikasi email apakah nanti pihak grab akan mengirimkan email lagi untuk link menuju pengisian formulir informasi toko?
    Jika sudah lama melakukan verifikasi namun tidak mendapatkan balasan email lagi bagaimana ya?

    Reply
  11. Hasan

    Setelah tanda tangan kontrak tgl 5 sep 19 kok msih blum aktif ya…hrs gmn proses kok lama

    Reply
  12. Moel

    Tiap upload dokumen/foto yang di minta selalu tampil layar kegagalan server

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *