Cara Daftar Grabcar 2019 dan Syaratnya, Daftar Langsung Aktif

By | 4 Februari 2019

Memiliki penghasilan yang baik menjadi impian setiap orang untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Menjadi mitra Grab bisa menjadi jalan alternatif bagi para pencari kerja yang tak ingin repot menghabiskan banyak waktunya untuk menyiapkan lamaran kerja hingga mengikuti beragam tes seleksi. Terlebih kini daftar GrabCar online dapat membantu Anda yang ingin mendapatkan penghasilan dari hasil mengemudi.

Sama seperti gojek, perusahaan grab tentunya memiliki penilaian tersendiri mengenai driver yang dipekerjakan. Grab menyebut pengemudinya adalah sebagai mitra bukan dengan sebutan supir. Bahkan para driver yang telah bekerja menganggap Grab sebagai keluarga besar dan selalu memperhatikan kesejahteraan mitranya

Cara daftar grabcar

Cara daftar grabcar dan syarat daftar nya

Namun di sisi lain, fakta juga mengatakan bahwa orang-orang Indonesia masih ragu untuk menjadi pengemudi transportasi online. Ada banyak faktor yang mempengaruhi, mulai dari gaji yang dianggap kecil hingga hal lain yang dianggap sangat sepele yaitu gaji. Padahal grab selalu berusaha memperbaiki layanannya, tidak hanya menguntungkan bagi penumpang, juga memberi efek positif bagi mitranya.

Perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 2012 ini telah mengembangkan layanannya ke berbagai negara, mulai dari Singapura, Indonesia, Filipina, Thailand, Malaysia, Kamboja, dan Myanmar. Tak hanya jumlah penumpang yang mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan, tetapi juga semakin banyak orang yang tertarik menjadi bagian dari keluarga besar grab, salah satunya adalah grab mobil / grabcar. Sebelum membahas mengenai cara daftar grab car terlebih dahulu saya sampaikan beberapa alasan mengapa anda harus menjadi mitra perusahaan yang satu ini.

Sebelum baca lebih lanjut, simak Cerita Pengalaman Daftar Jadi Driver Grabcar, Karena Tetangga!

Mengapa Saya Harus Jadi Mitra Grabcar

Tidak perlu malu dan gengsi untuk menjadi pengemudi transportasi daring seperti grabcar ini. Mengapa? Karena banyak hal-hal positif yang akan anda dapatkan. Beberapa keuntungan menjadi mitra Grabcar yaitu:

1. Penghasilan Yang Cukup

Cara daftar grabcar

Bukan 500 rp yah

Berbicara soal penghasilan, pihak grab menerapkan sistem komisi untuk para mitranya. Jadi, setiap orderan pengemudi akan mendapatkan komisi yang dipotong sekitar 10% dari hasil orderan.

Misal, jika dalam 1 hari mendapatkan pemasukan 600 ribu, maka nominal yang didapatkan 10% x 600.000 = Rp 60rb. Jadi driver mendapatkan Rp 540.000 sedangkan Rp 6000 masuk ke perusahaan.

Penghasilan tersebut terbilang banyak, tapi semua tergantung dari usaha anda. Kalau anda memperoleh lebih sedikit, tetap patuh disyukuri dan insya Allah mampu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Nah, biar lebih paham mengenai sistem gaji Grab, anda bisa membaca:

2. Penghasilan Tambahan? Ada Dong

Merasa penghasilan masih kurang dengan komisi segitu? Tenang, seorang driver masih bisa mendapatkan pemasukan dengan cara lain. Bagaimana caranya? Dengan mengikuti program referal. Program ini sangat menguntungkan bagi driver sendiri karena bakal mendapatkan komisi tambahan sebesar 10% dari total penghasilan driver baru yang diajak. Jadi sistem ini mengharuskan anda untuk bisa mengajak orang lain dan tergabung menjadi mitra grab.

Para mitra bisa langsung  membagikan kode referral melalui aplikasi ke teman-teman di akun sosial media seperti facebook, twitter, Instagram, ataupun lainnya. Jika anda mitra grabcar, maka anda tidak hanya mengajak seseorang menjadi pengemudi grabcar, tetapi juga bisa mengajak untuk tergabung jadi anggota grabbike ataupun sebaliknya.

Selain itu ada beberapa syarat yang juga harus dipenuhi:

  • Driver grabcar hanya bisa mendaftarkan 8 calon Mitra setiap bulannya (dari tanggal 1 hingga tanggal 30 atau 31 per bulannya)
  • Pengemudi hanya bisa mendaftarkan calon mitra untuk GrabCar, yang berlokasi di kota pengemudi tersebut terdaftar
  • Pastikan calon mitra yang diajak bergabung belum pernah sama sekali tergabung dengan mitra grabcar sebelumnya. Jangan sampai melakukan kecurangan karena pihak grab pasti akan mengetahuinya. Jika ketahuan maka keduanya bisa mendapatkan sanksi berupa penonaktifan anggota layanan grabcar.

3. Grab Adalah Keluarga

Cara daftar grabcar

Grab is family

Lingkungan kerja di Grab sangatlah hangat, ramah, dan juga nyaman. Grab ibarat sebuah keluarga kedua selain keluarga kita di rumah. Apalagi sesama pengemudi begitu ramah dan bisa saling bertegur sapa dan bercengkrama ketika sama-sama berada di jalan atau saat menunggu orderan. Bisa menambah rekan dan jaringan baru juga kan?

4. Waktu Kerja yang Fleksibel

Perusahaan Grab tidak menuntut anda harus bekerja selama 24 jam non stop. Semua tergantung anda, jika memang ingin mendapatkan hasil atau pendapatan yang besar maka perbanyak orderan. Dalam arti lain, waktu kerja anda sebaiknya diperbanyak. Tidak ada jam istirahat, anda bisa berisitirahat kapan saja (tapi jangan terlalu sering-sering). Yang jelas, waktu kerjanya begitu fleksibel. Cocok bagi anda yang tidak suka terlalu dikekang masalah pekerjaan.

5. Adanya Asuransi

Cara daftar grabcar

Tenang, ada asuransi kok

Ada 2 jenis asuransi pada grab yaitu asuransi all risk dan asuransi kecelakaan. Adapun untuk asuransi kecelakaan grabcar memberikan maksimal Rp 68 juta per orangnya. Adanya Asuransi jelas memberikan banyak sekali keuntungan salah satunya yakni memberikan rasa aman untuk korban dan keluarga dari sisi finansial. Selain itu, biaya pengobatan menjadi lebih ringan sehingga tidak ada lagi orang yang semakin sakit ketika terkena musibah.

6. Program Gold Driver

Tahukah anda? Cara

tidak hanya diperuntukkan untuk mitra dari perorangan saja. Tetapi seseorang yang mempunyai kendaraan atau pemilik rental mobil dipersilakan untuk mendaftar melalui program gold driver. Adapun beberapa dokumen yang harus disiapkan yaitu :

  • Perusahaan rental mobil harus memiliki surat legalitas CV/PT yang terdiri dari Akta, NPW, PTDP, dan SIUP (harus membawa asli dan juga salinannya)
  • Pemilik rental juga harus melampirkan data email (harus gmail), data rekening bank perusahaan baik itu PT maupun CV, serta nomor HP yang dapat dihubungi
  • Terakhir, diharuskan mendaftarkan Perusahaan Rental tersebut ke Dinas Perhubungan.

Syarat Daftar dan Kendaraan Grabcar 2019

Cara daftar grabcar

Syarat daftar Grabcar dan jenis kendaraan

Di bawah ini, kami sediakan list syarat yang harus anda siapkan sebelum mendaftar Grab. Silahkan mark bagian yang sudah ada dan siapkan syarat yang belum ada. Untuk syarat grab car 2019 (berdasarkan situs resmi Grab), calon driver harus memenuhi persyaratan:

  • Mempersiapkan STNK asli bukti punya mobil
  • KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • SIM A (Surat Izin Mengemudi)
  • SKCK yang berlaku
  • Asuransi kendaraan
  • Punya mobil dengan usia maks 5 tahun
  • Mobil jenis MPV dan Family Car diprioritaskan
  • Siap ikut ujian KIR/ KEUR (lengkapnya baca di faq)

1. STNK

STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor merupakan dokumen penting yang menunjukkan kepemilikan sebuah kendaraan. Bukan sekedar itu saja, sebagai seorang pengemudi STNK menjadi surat-surat penting yang harus dimiliki dan dibawa ketika berkendara. STNK yang diupload harus asli dan difoto ya, bukan di scan. Selain itu, pastikan hasil jepretannya jelas dan tidak buram.

2. Surat Izin Mengemudi

Surat Izin Mengemudi merupakan bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan oleh Kepolisian Republik Indonesia kepada seseorang yang dianggap memahami benar peraturan lalu lintas dan terampil dalam mengendarai kendaraan, termasuk mobil. Bila anda ingin menjadi driver, pastikan memiliki SIM A atau B terlebih dahulu. Sama seperti STNK, saat proses pengupoloadan pastikan SIM di foto bukan discan. Selain itu gambar SIM juga harus jelas dan tidak buram.

3. Kartu Tanda Penduduk

Identitas resmi KTP harus bisa anda tunjukkan bila ingin melamar ke perusahaan manapun karena menunjukkan siapa diri kita yang sebenarnya. Pastikan juga KTP tersebut masih berlaku ya. Oh ya, selain itu KTP juga harus jelas dan tidak buram ya. Anda juga harus berusia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun.

4. Surat Keterangan Catatan Kepolisian

Perusahaan memberikan persyaratan SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian untuk memastikan bahwa calon drivernya tidak pernah terkena kasus hukum apapun dan berkelakuan baik. SKCK asli adalah yang “difoto” bukan hasil scan. Selain itu hasil foto harus terlihat jelas. Oh ya, jika anda mendaftar langsung ke kantor grab, siapkan 2 jenis SKCK ya yang asli dan fotokopinya.

5. Mobil

Namanya juga grabcar, tentu saja pelamar harus memiliki mobil dong? Lantas mobil seperti apakah yang memenuhi persyaratan perusahaan grab? Yang pertama mobil pastikan dalam kondisi baik dan tidak cacat. Hal ini bisa dibuktikan dari hasil uji KIR. Yang kedua umur kendaraan minimal kendaraan tahun 2011. Dan yang ketiga, tipe mobil yang utama berjenis MPV atau family car.

6. Smartphone

Eits, ini jangan sampai lupa ya. Soalnya pendafaran bisa secara online. Maka dari itu pastikan anda mempunyai android dengan kapasitas RAM setidaknya 1 GB. Min, kan bisa secara offline daftarnya? Yap memang benar, tapi grab ini berbeda dengan rental mobil biasa yang tidak menggunakan sistem online maka smartphone tidak terlalu diperlukan, melainkan cukup ponsel sederhana saja. Nah karena grab merupakan layanan transportasi berbasis online maka smartphone harus anda miliki sebagai salah satu syarat daftar grabcar untuk para pengemudinya.

7. Foto

Foto yang dimaksud foto disini bukan swafoto atau foto bersama satu keluarga atau teman-teman ya. Melainkan foto dengan background polos atau ada banner grab. Pastikan wajah terlihat jelas, posisi badan tegak dan tidak miring, serta tidak memiliki persyaratan apapun.

Selain itu pastikan kondisi tubuh anda benar fit dan sanggup bekerja sebaik mungkin di bawah naungan Grab. Sehat di sini tidak hanya secara fisik saja, namun juga secara rohani. Tak jangan lupa juga, anda juga harus memiliki email dan nomor ponsel yang masih aktif.

Untuk lebih lengkap nya, anda sangat disarankan untuk membaca informasi penting ini. Dan setelah membaca syaratnya, sebaiknya anda kembali di sini untuk melanjutkan cara daftar Grabcar.

Bagaimana jika anda tidak punya mobil? atau punya mobil tetapi tidak sesuai dengan kriteria daftar Grabcar?

Tenang….

… Anda bisa ikut program Gold Captain atau lebih simplenya program kredit mobil Grab. Jadi anda bisa mencicil mobil langsung di Grab dengan sistem cicilan yang diatur oleh mereka.

Buat pemilik rental mobil yang ingin mengikuti program Gold Driver, anda juga harus memenuhi persyaratan tertentu yakni:

  • Harus melampirkan surat legalitas PT/ CV yang terdiri dari Akta, NPWP, TDP, dan SIUP (Berkas asli dan salinan)
  • Mendaftarkan perusahaan rental ke Dishub
  • Melampirkan gmail dan no hp
  • Melampirkan rek bank, bebas. Direkomendasikan CIMB Niaga

Cara Daftar Grabcar Terbaru 2019 (Online dan Offline)

Sama seperti penyedia transportasi daring lainnya, para pelamar kerja bisa mengajukan lamarannya dengan 2 cara, yaitu cara offline dan online. Tapi, bagusan online atau offline?

Jawabannya, tergantung situasi dan kondisi. Kalau di beberapa tempat yang kantor Grab nya tidak ramai, maka daftar langsung adalah opsi yang aman, terlebih lagi buat driver yang kurang jago di bidang teknologi, harus berurusan lagi dengan file file dan PC. Kelebihan daftar offline lainnya adalah anda bisa memastikan kalau berkas anda sesuai dengan apa yang mereka minta. Itu dikarenakan anda langsung datang dan konsultasi dengan CS Grab di kantor.

Bagaimana dengan daftar online?

Pribadi saya agak ragu, soalnya berkas dan dokumen bentuk foto itu harus kita upload dengan format yang sesuai dengan kebijakan Grab. Apa yang terjadi bilamana berkas yang kita upload tidak jelas, blur, atau tidak sesuai format. Maka anda mau tidak mau harus datang ke kantor Grab untuk memperbaiki. Paling parah kalau permohonan anda ditolak hanya karena ketidak jelasan berkas. Tapi jarang sih terjadi, paling anda disuruh untuk memperbaiki Berkas syarat pendaftaran di Kantor Grab di wilayah anda.

1. Cara Daftar Grabcar Offline

Cara daftar grabcar

Daftar Grabcar itu sangat mudah

Cara luring berarti anda harus datang ke kantor grab yang ada di wilayah atau tempat tinggal anda (datang langsung ke Grab Driver Centre). Kantor Grab yang biasa disingkat dengan GDC tersebut hampir ada di tiap tiap lokasi seluruh Indonesia. Nah, buat anda yang ingin tahu alamat GDC bisa membaca artikel: Alamat kantor grab Indonesia

Pastikan anda datang pada jam-jam buka. Pada saat anda ke sana silakan membawa berkas-berkas dokumen yang diperlukan untuk proses pendaftaran. Berkas dan dokumen tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah berkas persyaratan mendaftar Grab yang sudah dipaparkan di atas dalam bentuk list.

Jadi, mengenai cara dan proses pendaftaran Grabcar secara online dan langsung sudah sangat jelas, yaitu:

  1. Ketahui syarat daftar Grabcar, syarat kendaraan dan jenis mobil yang digunakan
  2. Siapkan berkas syarat daftar Grabcar
  3. Setelah lengkap, silahkan baca lokasi kantor Grab Indonesia
  4. Datangi kantornya dengan membawa berkas yang sudah disiapkan
  5. Isi formulir yang disediakan di sana
  6. Daftar dan ikuti proses selanjutnya

2. Cara Daftar Grabcar Online

Cara daftar grabcar

Daftar online Grabcar bisa dimanapun dan kapan pun

Sebelum Anda melakukan langkah daftar GrabCar online, Anda harus memastikan dokumen yang dipersiapkan lengkap dan sesuai dengan ketentuan. Hal ini akan memudahkan dan memperlancar proses pendaftaran, sehingga waktu yang diperlukan lebih efisien. Dalam mendaftar secara online, Anda bisa menggunakan laptop, PC, ataupun melalui smartphone.

Seperti yang diketahui, daftar online Grab berarti bisa anda lakukan dimana saja dan kapan saja, selama berkas dan dokumen anda lengkap. Bedanya dengan yang offline salah satunya adalah semua berkas harus:

  1. difoto, jangan discan!!
  2. kemudian diupload
  3. daftar selesai, tinggal menunggu informasi via email
  4. mengikuti online training Grab Academy
  5. lulus online training
  6. siap menjadi Driver

Singkatnya, begitu proses pendaftaran Grabcar online.

a. Syarat daftar Grabcar online

Karena daftar online, berkas harus betul betul jelas gambarnya, maka berikut foto berkas yang harus anda persiapkan sebelum melakukan pendaftaran online Grabcar sebagai syarat daftar Grabcar:

  1. Foto Setengah Badan

Cara daftar grabcar

Seluruh calon pengemudi wajib menyertakan foto diri setengah badan yang benar dan tidak boleh selfie. Foto diri disebut sesuai ketentuan jika wajah Anda terlihat jelas dan tidak buram. Anda tak boleh menggunakan aksesoris termasuk topi hingga kacamata. Fotonya bukanlah hasil scan/editan dan menggunakan latar belakang Grab/polosan. Maksimal ukuran file foto adalah 5 MB.

  1. Foto SIM A

Cara daftar grabcar

Sebagai bukti kalau Anda benar-benar bisa mengendarai kendaraan, wajib menyertakan SIM A atau B/B1 sebagai syarat daftar GrabCar dan GrabTaxi. SIM yang disetorkan ke Grab harus atas nama Anda sendiri, asli dan masih berlaku minimal sebulan sebelum habis. Lalu kemudian SIM itu difoto langsung bukannya fotokopi/scan. Seluruh data dan foto pada SIM harus bisa dibaca dengan jelas.

  1. Foto Kartu Tanda Penduduk (KTP)

syarat daftar GrabCar

Wajib menyertakan foto KTP asli bukan editan/crop dan lagi-lagi bukan hasil fotokopi/scan. KTP yang disetorkan harus merupakan informasi data diri Anda pribadi dan masih berlaku minimal sebulan sebelum habis. Bukti identitas lainnya adalah Kartu Keluarga (KK).

  1. Foto STNK

syarat daftar GrabCar

Foto STNK sebagai bukti kepemilikan kendaraan juga termasuk dokumen pelengkap syarat daftar GrabCar, GrabTaxi dan GrabBike. Foto harus jelas dan asli bukannya fotokopi yang pajaknya masih berlaku. Dalam file foto STNK, harus terdiri dari dua lembar yakni dokumen STNK dan pajak STNK.

  1. Foto SKCK

Cara daftar grabcar

Syarat daftar Grab car online berikutnya yang wajib disertakan adalah dokumen foto SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) asli yang masih berlaku minimal dua minggu sebelum habis. Karena memang Grab menetapkan kriteria mitra pengemudi mereka adalah sosok yang tidak memiliki catatan kriminal agar bisa bertanggung jawab terhadap profesi dan membuat konsumen nyaman.

  1. Foto Asuransi Mobil

Cara daftar grabcar

Khusus pendaftar Grabcar, anda harus punya asuransi mobil dan mengambil foto untuk digunakan dalam pendaftaran online Grabcar. Foto harus jelas dan tidak buram, asuransi kendaraan harus masih berlaku.

  1. Foto Buku Tabungan

Sistem pembayaran bonus untuk setiap orderan pengemudi Grab langsung terhubung ke rekening bank ojol. Untuk itu Anda akan diminta memberikan foto halaman pertama buku tabungan rekening bank pribadi. Pastikan file foto berukuran maksimal 5 MB dan nama nasabah, nomor rekening serta bank bisa terbaca jelas.

  1. Foto Sendiri Memegang KTP

selfie memegang KTP

Dokumen tambahan terakhir sebagai syarat daftar Grab 2019 yang biasanya diminta adalah foto Anda sendiri sambil memegang KTP serta memegang STNK/dengan kendaraan. KTP dan STNK yang ikut difoto haruslah sesuai dengan yang Anda setorkan dan bukannya hasil editan.

  1. Email Aktif

Jika seluruh kelengkapan file dokumen sudah dipenuhi, maka syarat daftar Grab mobil berikutnya adalah Anda memiliki wajib punya akun Gmail. Akun Gmail ini akan menjadi akses Anda untuk login ke aplikasi Grab Driver dan menjalankan orderan. Selain akun Gmail, Anda juga wajib menyertakan nomor HP yang masih aktif.

b. Cara Daftar Grabcar Online

Cara daftar grabcar

Laman resmi daftar Grab

  1. Silahkan kunjungi www.grab.com/id/driver/
  2. Di laman tersebut akan ada formulir online yang harus Anda isi sesuai dengan identitas secara lengkap. Identitas yang dimaksud yakni: Nama, Nomor handphone, wilayah, jenis pengemudi (pilih Grabcar)
  3. Klik tanda centang di bagian “Saya menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku” setelah selesai mengisi data
  4. Setelah data yang Anda isi lengkap, klik tombol ‘Daftar Sekarang’
  5. Selanjutnya, anda akan memperoleh SMS berisi link untuk melengkapi persyaratan daftar anda, silahkan klik link tersebut dan anda akan dialihkan ke formulir baru
  6. Lengkapi data dengan mengupload semua berkas gambar dokumen hasil foto
  7. Silahkan tunggu karena pihak Grab sedang mereview permohonan daftar mitra anda dalam waktu 1 x 24 jam
  8. Jika disetujui, akan ada SMS berisi link untuk Online Training dengan berisi ID dan Password log in anda
  9. Jika tidak menerima link atau SMS, anda sebaiknya datang ke kantor Grab terdekat untuk meminta pengiriman ulang
  10. Silahkan mengikuti online training hingga lulus dengan menyelesaikan topik dan menjawab quiz. Kalau gagal, masih bisa mengulang lagi hingga anda lulus
  11. Setelah lulus dan sukses menyelesaikan online training, akun anda akan di aktifkan dalam waktu 24 jam dan siap untuk meluncur
  12. Selamat, anda telah berhasil menyelesaikan pendaftaran Grabcar online dengan sangat mudah
  13. Setelah diterima sebagai driver baru Grabcar, anda direkomendasikan untuk memahami cara menggunakan aplikasi Grabcar driver

Dalam proses pendaftarannya, Anda juga akan dipandu oleh agen pendaftaran melalui chatting WhatsApp. Hal ini akan mempermudah Anda dalam mendaftar driver GrabCar hingga proses verifikasi selesai. Sehingga, lamaran kerja driver GrabCar langsung dapat diterima oleh pihak Grab.

Waktu yang diperlukan hingga proses verifikasi tidak diketahui secara pasti. Meskipun begitu, peluang untuk diterima sebagai driver GrabCar sangat besar asal dokumen yang Anda unggah sesuai dengan ketentuan dari pihak Grab.

Sementara itu, anda juga bisa mencoba cara alternatif (Sama saja) dengan mengikuti petunjuk berikut ini:

Cara daftar grabcar

  1. Kunjungi website driver grab.
  2. Selanjutnya anda diharuskan mengisi data-data diri yang diperlukan.
  3. Pertama, nama depan dan nama belakang. Isi dengan nama anda, ingat nama harus sesuai dengan kartu identitas ya. Misal : Firdaus Deni Febriansyah, maka nama depan bisa diisi Firdaus Deni dan nama belakang diisi Febriansyah.
  4. Langkah berikutnya cara daftar grab car yakni dengan mengisi nomor handphone. Tentu saja harus yang masih aktif ya.
  5. Untuk jenis layanan, silakan pilih grabcar.
  6. Jika semua sudah terisi maka anda harus menyiapkan kelengkapan dokumen yang dibutuhkan dan upload data tersebut ke web pendaftaran.
  7. Silakan ikuti proses-proses berikutnya hingga selesai.

Selanjutnya anda tinggal menunggu panggilan dari pihak grab. Pada saat penguploadan sebisa mungkin jangan sampai ada 1 pun yang terlupa. Karena tanpa disadari sebenarnya banyak sekali pelamar yang tidak ingat dan kelupaan salah satu atau beberapa dokumen yang sebenarnya perlu dikirimkan.

Pastikan anda benar-benar handal dan terampil mengemudikan kendaraan roda empat. Jika belum, jangan paksakan diri anda supaya tidak menyesal dikemudian hari. Karena hal ini, perusahaan mensyaratkan calon pelamar untuk menunjukkan Surat Izin Mengemudi. Apalagi jika anda tinggal di kota yang penuh dengan kemacetan seperti Jakarta sangat berbahaya bilamana harus mengendari mobil padahal kemampuan masih sangat kurang. Ingat, pentingkan orang lain jangan tinggikan ego sendiri. Oke?

c. Cara Daftar Grabcar bagi Pemilik Rental Mobil

Ternyata, seseorang yang memiliki rental mobil sendiri boleh mendaftarkannya ke perusahaan grab. Tetapi dengan syarat memenuhi persyaratan-persyaratan berikut ini :

1. Surat Legalitas Perusahaan

Sebagai lumrahnya sebuah perusahaan, pasti ada surat-surat yang menujukkan bukti bahwa perusahaan tersebut bukan ilegal dan sah di mata hukum. Baik itu CV maupun PT. Adapun surat-surat legalitas yang harus dipersiapkan adalah TDP, SIUP dan juga dokumen pajak yakni NPWP.

2. Alamat Surel

Alamat surel atau surat elektronik juga menjadi syarat bagi pemilik perusahaan rental mobil untuk mendaftarkan kendaraannya ke grab. Usahakan alamat email yang digunakan adalah email perusahaan bukan email pribadi ya.

3. Nomor HP yang Masih Aktif

Sama seperti persyaratan driver grab car di atas, pemilik rental mobil harus memiliki nomor hp yang masih aktif supaya mudah dihubungi apabila resmi menjadi bagian dari keluarga grab.

4. Jangan Lupa, Daftarkan Perusahaan Ke Dishub

Perusahaan transportasi seperti Grab atau Gojek harus tunduk dan patuh dengan aturan Kementerian Perhubungan dalam hal pelayanan terhadap para penumpang. Maka dari itu, rental mobil diwajibkan untuk terdata ke Dinas Perhubungan setempat.

Oh ya, dan tidak kalah penting pastikan anda mempunyai rekening sendiri ya. Hal ini dikarenakan sistem pembagian gaji yang sudah modern menggunakan transfer bank. Tenang buka rekening tidak sulit kok, tinggal datang saja ke kantor bank dengan bawa dokumen KTP, NPWP, dan sejumlah uang. Tidak sampai 1 hari sudah selesai. Setelah sudah siap apa yang bisa dilakukan min?

Anda juga bisa mengikuti langkah di bawah ini:

  1. Silakan hubungi pihak grab yang berlokasi di Gedung Maspion Plaza lantai 2 unit 2P, jalan Gunung Sahari Raya
  2. Kemudian tim akan memandu anda untuk proses dan langkah-langkah selanjutnya
  3. Jangan lupa untuk membawa data-data pendirian perusahaan seperti Akta Pendirian (PT/CV), NPWP, TDP, SIUP (yang berisikan keterangan usaha dalam bidang penyewaan armada roda empat non operator), serta KTP Direksi.

Beberapa Tes yang Wajib diikuti oleh Driver Grabcar

1. Tes KIR/ KEUR

Apa itu ujian KEUR? KEUR adalah syarat teknis bagi setiap kendaraan yang operasionalnya digunakan sebagai kendaraan sewa atau mengangkut penumpang, yang mencakup semua taksi online untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas. Uji KEUR ini dilakukan secara berkala (setiap 6 bulan).

SImplenya, yang wajib ikut uji KEUR saat ini adalah driver yang berlokasi di area JAKARTA. Untuk area luar Jakarta dan BODETABEK, anda diwajibkan untuk daftar saja. Sewaktu waktu saat pemerintah setempat memberlakukan syarat KEUR ini, maka anda bisa langsung ikut test.

Beberapa alasan wajib mengikuti ujian KEUR yakni:

  • Mematuhi aturan UU Lalu Lintas Angkutan Jalan (UU LLAJ)
  • Menghindari ketidaknyamanan selama perjalanan, misal adanya razia dan sanksi dari petugas DisHub
  • Memastikan kendaraan Mitra dalam kondisi layak pakai, sebagai jaminan keselamatan dan keamanan seluruh pengguna kendaraan
  • Tenang dan aman selama mengemudi bersama Grab

Mengenai bagaimana cara melakukan ujian KEUR, anda bisa melihat skema dalam gambar di bawah ini:

Cara daftar grabcar

Proses Uji KIR

Untuk lebih lengkapnya, anda bisa membaca: Penjelasan Lengkap Ujian KEUR oleh Grab

2. Quiz Online Training

Nah untuk yang satu ini bertujuan untuk membuat anda paham betul mengenai bagaimana sistem Grab sebetulnya. Sebelum anda melakukan quiz, anda harus ikut Training Online dengan membaca topik topik yang disediakan pihak Grab setelah mendaftar. Selama itu, anda harus lulus dengan menjawab quiz quiz yang ada.

Bagaimana jika gagal?

Seperti yang dikatakan, anda bisa mengulang quiz hingga anda lulus. Baru setelah lulus, akun Grab driver anda diaktifkan dan siap untuk menjemput rezki.

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan mengenai cara daftar grabcar, semoga bermanfaat dan tidak lagi membuat anda bingung seputar pendaftaran mitra Transportasi online yang satu ini.

8 thoughts on “Cara Daftar Grabcar 2019 dan Syaratnya, Daftar Langsung Aktif

  1. S Budi

    Bagaimana cara mengisi kolom Kode ferensi ?
    Trm ksh atas jawabannya.

    Reply
    1. Info Kerja Post author

      Bisa ditinggalkan kok, tak perlu diisi

      Reply
  2. Tommy

    Pakai mobil kantor apakah boleh? Buat sampingan pas hari libur/sedang tidak ngantor

    Reply
  3. Putra

    Klo untuk daftar daerah jakarta tp domisili bogor apakah bisa om? Grabcar

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *