Cara Daftar Grab Online Langsung Aktif Semua Layanan

By | 7 Maret 2019

Sejak kehadirannya beberapa tahun lalu, ojek online hari ini sangat diminati. Selain praktis, layanan ojek online juga terjangkau. Bukan hanya itu, penyedia ojek online juga melayani jasa lain, seperti pesan-antar makanan. Di Indonesia sendiri, Grab menjadi salah satu perusahaan penyedia jasa ini. Jika Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi mitra Grab, berikut ulasan cara daftar Grab online langsung aktif untuk semua layanan.

Cara Daftar Grab Online

Daftar Online VS Langsung Datang (Offline)

Pada dasarnya sama saja, karena pada akhirnya anda juga harus datang ke kantor Grab untuk verifikasi berkas dan take picture saat diterima. Tapi daftar online bisa menghemat waktu sih, soalnya anda tidak perlu capek capek untuk antri lagi. Yah tergantung kantor Grab nya juga, kalau sepi seperti di Pare – Pare (hanya 1 atau 2 orang yang daftar di kantor) yah langsung saja datang ke kantor, lebih cepat prosesnya.

Tapi, kalau seperti di Makassar apa lagi di Jawa tuh, lebih baik daftar online, lebih enak dan anda tak perlu antri, cukup siapkan berkas dalam bentuk foto/ hasil scan, dan anda hanya perlu untuk upload kok.

Pada akhirnya, keputusan ada di tangan anda. Silahkan dikondisikan dengan keadaan dan suasana di Kantor Driver Grab di Lokasi anda.

Syarat Daftar Grab Secara Online (Melalui Website)

cara daftar Grab online

Beberapa persyaratan untuk menjadi mitra Grab saat ini terbilang lebih mudah dibandingkan beberapa waktu lalu. Berikut persyaratan yang perlu Anda persiapkan sebelum mengikuti cara daftar Grab online:

1. Belum pernah terdaftar sebagai mitra grab

Jika sebelumnya Anda sudah pernah terdaftar sebagai mitra Grab, maka tidak bisa mendaftar untuk kedua kalinya.

2. Memiliki kendaraan sendiri

Karena sesuatu yang Anda kerjakan terkait jasa antar-jemput, maka syarat ini wajib dipenuhi. Untuk GrabBike, kendaraan maksimal berusia 9 tahun. Sedangkan untuk GrabCar, kendaraan maksimal berusia 5 tahun. Selain itu, kategori kendaraan yang dimiliki harus sesuai dengan kategori dari pihak Grab. Kategori mobil yang ditetapkan Grab, yaitu mobil keluarga (7/8 seater), sedan, dan hatchback.

Untuk kendaraan roda dua, tidak terdapat kategori khusus. Selama motor aman dan layak jalan, maka bisa digunakan. Namun perlu diingat bahwa Grab mensyaratkan motor tersebut bukan hasil modifikasi.

Pastikan juga surat-surat kepolisian untuk kendaraan Anda lengkap. Bagaimana ketika nama di STNK tidak sesuai? Apakah bisa daftar dengan STNK sementara? Pastikan Anda melampirkan surat izin menggunakan kendaraan atau surat jual beli dari orang namanya tertera di STNK.

3. Memiliki Ponsel Sendiri

Karena berbasis mobile, maka ponsel juga wajib dimiliki. Perlu diketahui bahwa Grab tidak menyediakan ponsel bagi mitra barunya. Ponselnya pun harus memiliki RAM setidaknya sebesar 1 GB.

Beberapa jenis Hp terbaik untuk Grab yang murah bisa juga Anda temukan ulasannya di blog ini. Ada dari merek Samsung, Xiaomi, Advan, Realme, hingga Meizu. Jadi tidak perlu menggunakan hp yang terlalu mahal dan mewah, asal menunjang kinerja driver, sudah cukup.

4. Melengkapi Semua Dokumen yang Diminta

Sebelum mendaftar, pastikan telah menyiapkan dokumen: KTP, SIM A/B, KK, STNK, SKCK, dan surat kendaraan. Semua dokumen harus asli dan masih berlaku. Dokumen tersebut nantinya diunggah ke situs resmi Grab.

5. Untuk lebih lengkap, Silahkan Baca Syarat daftar online Grab!

Saya sangat sarankan untuk membaca link di atas, karena syarat khusus untuk daftar online Grab di bahas secara lengkap dan mendetail di sana.

Syarat Daftar Grab Terbaru Untuk Masing-masing Layanan

Di atas adalah syarat cara daftar Grab online secara umum. Untuk lebih jelasnya, berikut berbagai syarat sebelum menerapkan cara daftar Grab online terbaru berdasarkan layanan yang bisa Anda pilih.

1. Grab Taxi

Cara daftar grab taxi online

Khusus layanan ini, pengemudi harus memiliki sertifikat lulus uji KIR. Selain itu dia harus memiliki jenis mobil Grab yang ditetapkan oleh perusahaan ini. Adapaun persyaratan mendaftar Grab Taxi adalah

  • Calon Driver berasal dari Fleet Taksi yang sudah terdaftar di sistem, dan memiliki Kartu Tanda Anggota Fleet Taksi.
  • Foto Copy kartu tanda anggota Fleet Taksi
  • Melampirkan Foto Copy SIM A
  • Melampirkan Fotocopy KTP
  • Menyertakan lampiran slip setoran ketika mendaftar
  • Ponsel dengan layar 5 inchi dan RAM minimal 1 GB.

2. GrabBike dan Grabfood

cara daftar grabbike online

Syarat daftar GrabBike dan Grabfood tidak terlalu rumit. Siapkan saja beberapa berkasnya, dan pastikan Anda memenuhi kriteria driver GrabBike.

  • Untuk syarat fisik: maksimal usia 55 tahun, harus sehat jasmani dan rohani.
  • Syarat kendaraan: Motor bertipe non-trekking dengan bodi yang masih layak, dan harus layak jalan.
  • Syarat berkas-berkas yang harus dilampirkan fotocopy-nya: KTP ataupun surat keterangan domisili, SIM C, STNK, Kartu Keluarga, SKCK.
  • Untuk smartphone minimal memiliki layar 5 inchi dengan RAM minimal 1 GB.

3. GrabCar

cara daftar grabcar online

Syarat daftar GrabCar berbeda antara pemilik mobil dan pengemudi. GrabCar sendiri memungkikan Anda yang memiliki rental mobil untuk bergabung sebagai partner Grab, dalam layanan GrabRental yang sekarang jadi Sewa GrabCar.

Untuk driver, syarat berkas yang harus disiapkan adalah:

  • sertifikat uji KIR
  • STNK
  • KTP
  • SIM A atau SIM B
  • SKCK (fotocopy dilegalisir).

Untuk syata kendarannya:

  • mobil jenis Family ataupun MPV

Sedangkan smartphone yang disyaratkan

  • minimal memiliki layar 5 inchi dengan RAM 1 GB.

Syarat daftar Sewa Grabcar, Anda harus melampirkan legalitas CV atau PT (TDP, SIUP, NPPWP). Selain itu perusahaan rental Anda harus terdaftar di Dishub. Siapkan juga email, rekening bank, dan nomor Hp yang aktif.

4. GrabExpress

Syarat daftar GrabExpress tidak jauh beda dari GrabBike. Bahkan sebagian ojol juga menambah penghasilan dengan mendaftarkan diri sebagai GrabExpress. Jadi bisa mendapat orderan penumpang maupun paket barang.

5. Grab Hitch

GrabHitch ini bisa jadi penghasilan tambahan, bukan pekerjaan utama. Sebab Anda hanya bisa dapat orderan pada jam tertentu, misalnya saat berangkat atau pulang kerja. Untuk mendaftar Anda hanya perlu:

  • KTP
  • SIM A atau SIM B,
  • mobil pribadi yang dibuktikan dengan STNK.

6. Grabfood (pemilik restoran)

Buat anda yang punya restoran atau usaha warung makan, bisa memperluas pembelinya dengan daftar menjadi pemilik restoran di Grabfood. Ada banyak sekali manfaatnya.

Syarat:

Cara mendaftar Grab online semua layanan (Grabbike Grabcar)

Ini ini adalah cara pertama buat daftar grabbike dan grabcar secara online. Seumpama tidak berhasil, anda bisa mencoba cara alternatif yang kami tulis di bawah setelah bagian ini. Selain itu, pada bagian alternatif, ada cara daftar grabtaxi, grabfood, grab parcel dan panduan lainnya.

Adapun cara daftar Grab online adalah sebagai berikut.

cara Daftar Grab Online

1. Mengunjungi situs resmi Grab https://register.grab.com/id. Anda juga dapat mengakses formulir versi lainnya di halaman depan situs Grab Indonesia.

2. Mengisi formulir pendaftaran yang berisi data:

  • Nama depan dan belakang:  Isi sesuai dengan nama yang ada pada KTP.
  • Nomor handphone: Isi dengan nomor handphone yang biasa digunakan.
  • Alamat email: Isi dengan alamat email yang aktif dan pastikan Anda masih ingat kata sandinya.
  • Kota: Isi sesuai dengan domisili Anda.
  • Jenis pengemudi yang dapat Anda pilih adalah:
    • GrabBike
    • GrabCar
    • GrabExpress, GrabHitch, Grab Taxi dan GrabFood, silahkan baca di bawah!
  • Isi bagian “dari mana kamu tahu mengenai kami“, sesuai dengan sumber informasi yang Anda peroleh terkait menjadi mitra Grab.
  • Masukan kode referensi (bagian ini bisa dikosongkan)

3. Setelah semua data terisi lengkap, jangan lupa mencentang kolom pada tulisan ‘Saya Bukan Robot’. Setelah itu baru klik ‘DAFTAR SEKARANG’.

4. Kode verifikasi akan dikirimkan melalui SMS. Masukkan kode tersebut lalu klik RESEND OTP.

5. Lakukan pengunggahan foto semua persyaratan yang diminta.

6. Jika sudah dan tidak ada masalah, Anda akan diundang untuk mengikuti pelatihan di kantor Grab terdekat. Informasi terkait pelatihan tersebut disampaikan melalui SMS. Tidak perlu khawatir, pelatihan tidak berlangsung lama. Hanya sekitar 1-2 jam dan setelah itu Anda bisa langsung memulai pekerjaan Anda..

Tidak jarang terjadi penolakan terhadap mitra Grab saat melakukan pendaftaran. Beberapa kesalahan dalam cara daftar Grab online berikut mungkin menjadi penyebab penolakan tersebut.

  • Dokumen yang diunggah tampak tidak jelas
  • Dokumen yang diunggah tidak asli, melainkan fotokopi
  • Dokumen sudah tidak berlaku

7. Setelah diterima menjadi mitra baru Grab, anda direkomendasikan untuk mengetahui cara mengoperasikan aplikasi Grab driver.

Cara Daftar Grabtaxi, Grabbike/ Express, Grabcar Grabfood, Grab Hitch Online (Alternatif)

Seumpama cara diatas tidak berhasil anda bisa mencoba cara alternatif. Silahkan ikuti langkah nya:

1. Siapkan berkas yang diperlukan untuk daftar grab

2. Kunjungi :

3. Masukkan data yang dibutuhkan, seperti nama, no hp, kota, dari mana mengetahui, kode ref.

4. Centang bagia anda menyetujui syarat dan ketentuan

5. terakhir tinggal daftar dengan meng- klik “daftar sekarang”

6. Semoga diterima, kalau ditolak, anda bisa baca alasan daftar grab ditolak

Masih belum jelas? Silahkan baca panduannya satu persatu cara daftar:

Perhitungan Insentif Terbaru, dan Hal Penting Yang perlu Diperhatikan

cara daftar Grab online

Terkait dengan cara daftar Grab online, terdapat beberapa hal yang harus dipahami. Hal-hal tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Perhitungan insentif

Perhitungan insentif untuk mitra Grab sering mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Memang sudah ada banyak situs yang memberikan informasi terkait ini, namun akan lebih baik bila bertanya langsung pada pihak Grab. Tindakan tersebut membuat Anda mendapatkan informasi yang valid sehingga terhindar dari bias informasi.

2. Peraturan Terbaru

Terkadang terdapat pembaruan peraturan dari pemerintah terkadang terkait transportasi online. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pastikan Anda juga mengetahui pembaruan dari persyaratan tersebut. Selain itu, pastikan anda mengetahui cara kerja sistem Grab.

3. Hak dan kewajiban

Pihak Grab pasti memberi penjelasan tentang hak dan kewajiban mitra saat pelatihan. Meski begitu, Anda tidak boleh ragu menanyakan jika ada yang belum dipahami ya.

4. Siapkan Softcopy Dokumen

Karena diunggah, maka dokumen yang harus disiapkan dalam bentuk softcopy. Jangan lupa untuk memastikan semua dokumen lengkap sebelum diunggah.

5. Bekerja Secara Jujur, Hindari Trik yang Ilegal

Kian banyaknya jumlah driver atau mitra Grab membuat persaingan menjadi tidak sehat. Selain itu terkadang sistem Grab sendiri kadang menimbulkan rasa ketidakadilan para driver. Muncullah beragam fenomena yang tidak sehat. Misalnya mengakali orderan dengan aplikasi tertentu agar bisa menangkap orderan di tempat yang jauh dari lokasi mangkal. Selain merugikan orang lain yang menjadi driver di area tersebut, merugikan penumpang karena harus menunggu lama, juga berbahaya pada kelangsungan pekerjaan. Sebab Grab menindak tegas driver yang main curang.

Juga jangan terjerumus pada aksi opik alias orderan fiktif. Tanpa mengantar penumpang, tapi mengakali aplikasi supaya seolah-olah driver mendapat orderan dan menyelesaikannya.

Keuntungan Menjadi Mitra Grab

cara daftar Grab online

Apa saja keuntungan yang akan didapatkan ketika menjadi mitra Grab?

1. Waktu Fleksibel

Tidak ada waktu khusus yang ditentukan untuk seorang pengemudi Grab. Dengan demikian, seorang pengemudi dapat memilih waktu untuk bekerja, disesuaikan dengan kebutuhannya. Pengemudi Grab juga bebas memilih mengambil pesanan antar-jemput penumpang ataupun paket.

2. Potensi Penghasilan

Penghasilan saat menjadi pengemudi Grab dapat dikatakan tidak terbatas. Penghasilan tersebut bergantung pada kegigihan Anda dalam bekerja. Ditambah dengan berbagai trik agar orderan gacor, maupun penggunaan hp terbaik, maka potensoi penghasilan besar benar-benar bisa menjadi nyata.

3. Adanya Jaminan

Ketika Anda menjadi mitra Grab, pihak akan memberikan asuransi kecelakaan dengan jumlah maksimal Rp55.000.000. Dengan demikian maka Anda bisa lebih tenang bekerja sebagai mitra Grab.

Jangan lupa membaca:

Itulah beberapa hal terkait cara daftar Grab online yang penting untuk Anda ketahui sebelum memutuskan menjadi mitra Grab. Apakah Anda tertarik untuk mencoba peruntungan sebagai mitra Grab?

One thought on “Cara Daftar Grab Online Langsung Aktif Semua Layanan

  1. zeth Mokiha

    saya ingin mendaftarkan diri menjadi pengemudi grab online mohon dibantu thankz

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *