3+ Cara Cek Resi Grab dengan Mudah dan Cepat

By | 30 Januari 2019

Bagi para pengguna grab, cara cek resi grab menjadi salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan. Grab? Grab itu perusahaan antar jemput penumpang itu kan? Yap, benar sekali. Grab adalah perusahaan penyedia layanan perjalanan berbasis aplikasi daring yang ada di Indonesia, sebelas dua belas dengan gojek yang sudah kita bahas sebelumnya.

Namun bedanya, grab tidak berpusat di Indonesia, tetapi di Singapura. Jadi di Indonesia hanya cabangnya saja. Perusahaan ini didirikan oleh Anthony Tan dan Tan Hooi Ling yang dahulunya memiliki layanan yang bernama grab taxi. Namun tentu saja kondisi sekarang sudah sangat jauh berbeda.

Cara cek resi grab

Cara Cek Resi Grab dengan Mudah dan Cepat

Grab sudah semakin berkembang, dimana perusahaan yang satu ini sudah memiliki berbagai layanan untuk memuaskan para penggunanya. Tak hanya layanan antar jemput penumpang saja, melainkan juga layanan pesan antar makanan dan pengiriman barang, serta  pembayaran mobile dan finansial.

Layanan Kirim Barang Grab

Bilamana anda ingin mengirim barang untuk orang dan di tempat-tempat tertentu yang jauh dari tempat tinggal anda, maka bisa memanfaatkan layanan “Grab Express”. Jasa yang satu ini di klaim oleh Grab sangat aman dan paket barang bisa cepat sampai tujuan.

Selain itu biaya pengirimannya pun cukup terjangkau, mulai dari Rp 15.000,00. Barang juga terasuransikan hingga 10 juta rupiah, kecuali untuk barang- barang tertentu yang tercantum pada FAQ Grab Express. Untuk bisa menggunakan layanan yang satu ini, anda bisa mendownload aplikasi Grab di google play store.

Cara Cek Resi Grab dengan Mudah

Meskipun beberapa kali telah menggunakan jasa kurir untuk mengantarkan pesanan barang milik orang, tetapi rasa khawatir barang tidak sampai ke tangan yang tepat masih saja timbul. Hal tersebut memang wajar, admin juga sering merasakan hal itu. Tak peduli seberapa terkenal perusahaan tersebut rasa was-was akan selalu ada.

Apalagi barang yang dikirim tersebut ditujukan kepada mitra bisnis kita. Kalau bermasalah, bisa-bisa pembeli kecewa dan enggan membeli produk kita lagi. Waduh, semoga hal seperti ini tidak terjadi seperti ini ya. Lalu bagaimana meminimalisir hal seperti ini?

Salah satu hal yang mesti ada perhatikan adalah masalah resi. Nomor Resi adalah nomor bukti pengiriman yang berasal dari perusahaan jasa/layanan pengiriman atau ekspedisi, salah satunya adalah Grab Express. Mengetahui bagaimana cara cek resi grab itu sangatlah perlu, agar anda bisa mengetahui dengan jelas status pengiriman dan juga memastikan barang yang sampai tiba di tangan yang tepat.

Baca juga:

Cara Melihat Chat di Grab Semakin Mudah, Ini Panduannya!

Ada banyak cara cek resi grab yang bisa anda lakukan. Baik melalui fitur yang ada di aplikasi atau trik lainnya. Bagaimana caranya? Yuk langsung saja simak pembahasannya berikut ini :

1. Cek Resi Grab Via Share My Ride

Cara cek resi grab

Share my ride merupakan fitur yang ada pada aplikasi grab yang berguna untuk mengetahui posisi pengemudi yang mengantar paket tersebut. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak tutorialnya berikut ini :

  • Pertama, pastikan terlebih dahulu status pengiriman produk anda sudah dikirim atau dalam perjalanan.
  • Gulir ke atas dan cari informasi bagian kurir.
  • Silakan klik logo Share my Ride.
  • Selanjutnya pilih Grab Express.
  • Tracking kiriman anda menggunakan google maps

2. Cek Resi Grab Melalui E-commerce Desktop

Cara cek resi grab selanjutnya adalah dengan memanfaatkan web e-commerce yang bekerja sama dengan pihak grab, yakni Bukalapak dan Tokopedia. Salah satu perangkat yang bisa anda gunakan untuk mengecek resi tersebut adalah PC/komputer/laptop. Untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat di bawah ini :

  • Pertama, silakan buka terlebih dahulu situs e-commerce kemudian tap detail pemesanan. Selanjutnya klik “lacak posisi pengiriman”.
  • Pada halaman berikutnya bakal muncul nama dan nomor kurir grab di halaman status pengiriman. Anda bisa menghubungi kurir tersebut untuk menanyakan dan juga memastikan kapan barang tersebut akan sampai. Sangat mudah bukan?

3. Cek Resi Grab Melalui Aplikasi E-commerce

Selain melalui komputer, dari ponsel cerdas pun anda bisa mengecek status pengiriman melalui salah satu aplikasi e-commerce mitra grab di google play store. Caranya kurang lebih sama seperti cara kedua di atas.

  • Download dan install aplikasinya terlebih dahulu.
  • Setelah terinstall, silakan buka aplikasinya.
  • Tap detail pesanan, selanjutnya klik lacak resi pada menu tersebut.
  • Selanjutnya anda akan melihat halaman yang berisi riwayat transaksi. Di sana terdapat informasi lengkap mengenai nama dan nomor telepon driver grab dan tanggal pengirimannya. Silakan hubungi nomor tersebut untuk menanyakan status kiriman anda.

4. Cek Resi Grab Via Mobile

Cara cek resi grab bukalapak ataupun tokopedia yang satu ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan ketiga cara di atas. Hanya saja, yang keempat ini dilakukan melalui smartphone (tapi tanpa aplikasi ya). Nah, untuk tahapan-tahapannya bisa anda baca di bawah ini :

  • Buka situs e-commerce dan login terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, tap detail pesanan. Maka informasi pengiriman barang pun akan muncul. Berikutnya, langsung saja klik “lacak resi anda”.
  • Seperti apa yang sudah dijelaskan sebelumnya, akan muncul data-data lengkap seperti nama dan nomor telepon kurir yang bisa dihubungi. Anda tidak meneleponnya saja untuk bertanya. Tentu saja kurir yang dimaksud di sini adalah kurir grab ya.

Penutup

Sejatinya sangat disayangkan perusahaan seperti Grab belum mempunyai sistem atau software sendiri untuk melacak status pengiriman produk atau barang milik penggunanya. Tetapi masih beruntung anda masih bisa melakukan keempat cara cek resi grab di atas yang bisa dilakukan selama satu hari penuh (24 jam), semoga kedepannya layanan seperti ini akan diperbaiki ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *