Tutorial Cara Cancel Order Grabbike Dengan Mudah

By | 27 Juli 2018

Salah satu ketidakenakkan dari sisi driver ketika sedang bekerja di layanan transportasi online seperti Grabbike adalah ketika harus membatalkan pesanan. Ada banyak faktor yang menyebabkan order harus dibatalkan seperti misalnya ada perubahan rencana mobilitas. Hal ini tentu tidak bisa dihindari. Nah, apabila pembatalan order dirasa perlu, pastikan sudah memahami cara cancel order grabbike berikut ini:

cara cancel order grabbike

Cara cancel order grabbike

Cara Membatalkan Pesanan Grab bike

1. Cara cancel orderan grabbike yang pertama adalah mempertimbangkan dengan baik alasan pembatalan tersebut. Jangan sampai membatalkan pesanan hanya karena titik jemput penumpang yang terlalu jauh. Pembatalan order tentu akan berdampak besar bagi driver yaitu menurunnya persentase performa driver.

Informasi terkait!

Akibatnya, insentif dari perusahaan bisa jadi tidak cair. Maka dari itu, apabila memang tidak sangat mendesar, sebaiknya driver tetap menyelesaikan pesanan yang sudah masuk. Apabila sekiranya ada permasalahan di tengah proses penjemputan penumpang, driver bisa segera memberitahukan kepada penumpang.

Tidak perlu khawatir akan biaya pemakaian pulsa ketika harus berkomunikasi dengan penumpang. Gunakanlah fitur chat yang ada di aplikasi grab.

Setelah menimbang-nimbang dengan baik dan memang sebaiknya harus dibatalkan, cara cancel pesanan grabbike pertama yang harus dilakukan driver adalah dengan masuk ke halaman “Telah dikonfirmasi”. Di halaman ini akan muncul orderan-orderan yang sedang dalam proses. Lihatlah gambar di bawah ini untuk mengetahui di mana letak halaman “Telah dikonfirmasi” (perhatikan nomor 1).

2. Setelah itu, pilihlah salah satu rute yang telah dikonfirmasi. Perhatikan baik-baik orderan dengan rute mana yang ingin dibatalkan. Jangan sampai salah membatalkan pesanan karena sebagai membatalkan satu kali saja bisa mempengaruhi persentase performa di minggu yang bersangkutan. Lihat gambar yang bertanda nomor 2 di bawah ini untuk lebih jelasnya:

cara cancel order grabbike

Langkah 2

3. Selanjutnya, geserlah tampilan layar sehingga bisa menemukan nama penumpang. Kliklah nama penumpang yang pesanannya hendak dibatalkan. Sekali lagi, jangan sampai salah klik pesanan yang akan dibatalkan. Perhatikan gambar dengan nomor 3 di bawah ini untuk mengetahui langkah yang harus dilakukan dengan detail.

cara cancel order grabbike

Langkah 3

4. Langkah selanjutnya dari cara membatalkan order grab motor adalah dengan mengkomunikasikan pembatalan perjalanan ini dengan penumpang yang bersangkutan. Lakukanlah komunikasi ini secepat mungkin agar tidak membuat penumpang menunggu terlalu lama.

Hal lain yang perlu dilakukan juga di tahap ini adalah meminta maaf kepada penumpang karena harus membatalkan pesanan. Bertitahukan juga alasan yang masuk akal. Untuk berkomunikasi dengan penumpang, driver bisa memanfaatkan fitur chat yang ada di aplikasi grab.

Apabila telepon genggam driver tidak mensupport fitur ini, driver bisa menghubungi penumpang melalui SMS. Apabila driver ingin menghubungi penumpang yang bersangkutan secara langsung, driver sebaiknya menelfon penumpang dan memberitahukan tentang pembatalan tersebut.

5. Selanjutnya, cara membatalkan orderan grab motor yang terkahir adalah dengan mengkonfirmasi pembatalan tersebut. Selesaikanlah pembatalan orderan grabbike ini dengan menekan tombol “Batalkan Pemesanan” yang tertera di layar handphone. Tombol konfirmasi tersebut berada di bagian bawah layar handphone. Untuk lebih jelasnya, lihatlah gambar di bawah ini. Tombol konfirmasi pembatalan pesanan ditandai dengan nomor 5.

cara cancel order grabbike

Langkah 4 dan 5

6. Setelah mengkonfirmasi pembatalan, bukan berarti proses pembatalan selesai begitu saja. Driver grabbike masih diminta untuk memberitahukan perusahaan grab akan alasan pembatalan orderan tersebut.

Di aplikasi driver grab, terdapat beberapa pilihan alasan pembatalan pesanan. Apabila alasan pembatalan sudah ada di pilihan tersebut, driver hanya perlu memilih alasan tersebut dengan mengklik kotaknya. Namun apabila alasan pembatalannya berbeda dari semua pilihan alasan yang ditampilkan, driver bisa menuliskannya di kota textbox yang disediakan.

baca juga:

Driver sebaiknya memberitahukan alasan pembatalan dengan sebenarnya agar tidak menimbulkan sanksi di kemudian hari dari pihak manajemen Grabbike.

7. Langkah final dari pembatalan orderan ini adalah dengan menekan tombol “Konfirmasi” yang ada di bawah textbox pengetikan alasan. Apabila dirasa sudah melaporkan alasan pembatalan dengan benar, driver perlu mengklik tombol konfirmasi tersebut. Setelah itu, seluruh proses pembatalan pesanan grabbike selesai dan driver bisa melanjutkan tugas melayani penumpang yang lain.

cara cancel order grabbike

Langkah 6 dan 7

Cara membatalkan pesanan grab motor memang mudah. Cara melakukannya pun tidak akan memakan waktu yang lama. Walaupun begitu, driver tidak disarankan untuk melakukannya berulang kali demi persentase performa mingguan yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *