Cara Cancel Gojek Menggunakan Aplikasi Versi Terbaru

By | 31 Januari 2019

Tidak banyak yang tau, bahwa ada cara cancel gojek yang bisa dilakukan. Kebanyakan mereka mengira bahwa ketika kita sudah memesan layanan gojek maka pesanan tidak dapat di cancel atau dibatalkan. Bahkan saat pengemudi sudah dalam perjalanan menjemput kita pun orderan masih bisa dibatalkan. Benarkah seperti itu?

Yap, benar sekali. Pengemudi memiliki hak untuk melakukannya. Ada banyak hal-hal yang membuat seseorang harus melakukan hal tersebut. Pertama, bisa dikarenakan saat sudah melakukan orderan tiba-tiba saja keluarga yang menjemputnya. Faktor kedua bisa disebabkan karena tidak sabar menunggu driver.

Cara cancel gojek

Cara Cancel Gojek Menggunakan Aplikasi Versi Terbaru

Dan sebab lainnya bisa dikarenakan aplikasi yang tiba-tiba saja error dan tidak bisa diakses. Tentunya, hal tersebut membuat siapapun merasa kesal. Namun apapun itu, bilamana anda melakukan cara cancel gojek harus didasari alasan yang masuk akal. Beberapa alasan yang bisa diterima yaitu :

  • Pengemudi meminta pesanan dibatalkan.
  • Pengemudi kurang sopan.
  • Terlalu menunggu lama.
  • Sudah mendapatkan transportasi lain atau dijemput orang lain.
  • Lokasi driver terlalu jauh
  • Driver tidak dapat dihubungi.

Selain alasan-alasan di atas anda tidak bisa membatalkan pesanan begitu saja. Semua ini semata-mata demi memberikan kepuasan tidak hanya dari sisi penumpang saja, melainkan juga dari sisi driver. Jadi, tak ada yang dirugikan di sini.

Baca juga:

Pembatalan seperti ini tidak hanya bisa dilakukan untuk 1 layanan saja, melainkan 2 sekaligus. Kedua layanan tersebut adalah go ride (bilamana kita dijemput dengan motor, dan juga go car (jika kita dijemput dengan kendaraan roda empat). Bahkan untuk orderan go food pun juga bisa dibatalkan.

Cara Cancel Gojek Melalui Aplikasi Versi Terbaru

Sebelum melakukan panduan ini, silakan perbarui aplikasi gojek anda di google play store. Jika sudah selesai, baru langkah-langkah berikut ini bisa dilakukan. Namun sebelum kita membahas lebih jauh, anda masih bisa membatalkan orderan gojek jika dalam 2 kondisi ini :

  • Yang pertama, saat anda sedang mencari driver
  • Yang kedua, ketika anda sudah mendapatkan driver

Bagaimana caranya? Yuk langsung saja simak panduannya di bawah ini :

1. Cara Cancel Gojek Saat Sedang Mencari Pengemudi

Cara cancel gojek

Bilamana anda sudah memasukkan lokasi serta tujuan pada saat pemesanan, maka pembatalan orderan masih bisa dilakukan. Namun tentu saja harus dilakukan dengan cepat sebelum anda benar-benar mendapatkan pengemudi tersebut.

Di saat sistem aplikasi gojek sedang mencari driver, maka akan muncul tombol untuk pembatalan pesanan.

Selanjutnya tap tombol “batalkan pesanan” secara cepat sebelum sistem menemukan driver yang anda cari. Jika sudah, maka secara otomatis orderan akan dibatalkan sesuai dengan prosedur.

Selanjutnya anda akan masuk ke halaman konfirmasi pembatalan pesanan layanan Gojek yang berisi “Apa benar kamu mau membatalkan pesananmu?”. Silahkan klik tombol “YA” untuk mengkonfirmasi pembatalaj orderan Gojek. Secara otomatis pesanan akan dibatalkan dan akan kembali ke menu sebelumnya.

2. Cara Cancel Gojek Ketika Sudah Menemukan Pengemudi

Waduh, saya udah dapat driver dan sedang dalam perjalanan menuju ke tempat saya. Apa memang bisa membatalkan pesanan? Tentu saja bisa dong. Namun caranya tentu berbeda dengan sebelumnya. Bila kondisi seperti itu terjadi pada anda, maka hal-hal yang harus dilakukan untuk membatalkan pesanan yaitu sebagai berikut :

  • Pertama silakan masuk ke menu pemesanan, setelah mendapatkan pengemudi yang paling dekat. Selanjutnya hubungi pengemudi melalui layanan telepon atau SMS yang sudah tersedia. (Ingat, segera telepon tidak perlu menunggu hingga driver datang) Jangan lupa beri alasan mengapa anda ingin mengcancel atau membatalkan pesanan.
  • Selanjutnya gulir keatas pada bagian informasi driver maka detail transaksi anda akan muncul. Semua data mulai dari lokasi tujuan, penjemputan sampai detail pembayaran pun sudah ada.
  • Tap batalkan pemesanan.
  • Selanjutnya anda akan menuju ke halaman yang berisi konfirmasi pembatalan pesanan layanan Gojek yang  isinya “Apa benar kamu mau membatalkan pesananmu?”. Silakan klik tombol “YA” untuk mengkonfirmasi pembatalan pesanan Gojek. Secara otomatis pesanan akan dibatalkan dan akan kembali ke menu sebelumnya.
  • Selesai.

Jangan Asal Menerapkan Cara Cancel Gojek Ini

Dan yang harus anda ketahui, sebaiknya jangan terlalu sering melakukan hal seperti di atas. Loh, memangnya kenapa? Itu kan hak-hak saya. Memang benar, tapi demi alasan kemanusiaan maka pertimbangan terlebih dahulu sebelum melakukannya.

Masa sudah capek-capek dan panas-panas di jalan untuk menjemput anda, lalu tiba-tiba saja dilakukan pembatalan. Hal seperti ini membuat sang driver merasa kecewa berat. Terlebih lagi apabila alasan cancel order gojek tidak masuk akal, jelas membuat bertambah kekecewaannya.

Bukan sekedar itu saja, dengan adanya pembatalan order membuat rating driver di mata perusahaan semakin menurun. Jika kejadian seperti ini terus-menerus terjadi bisa membuat sang pengemudi diputus kontrak kerjanya oleh pihak gojek.

Dengan begitu sama saja anda menghilangkan mata pencahariannya selama ini  untuk menghidupi istri dan anak-anaknya (Kasihan sekali ya) . Maka dari itu, janganlah terburu-buru untuk membatalkan pesanan ya, pertimbangkan lagi matang-matang.

Sekedar mengingatkan saja, jangan pernah semena-mena kepada driver ojek online meskipun ada anggapan konsumen adalah raja. Bukankah seorang raja yang baik adalah raja yang berlaku sebaik-baiknya? Jika memang sekiranya masih ragu untuk order karena faktor lain, misal ada seseorang yang kemungkinan menjemput anda maka janganlah buru-buru untuk memesan gojek.

Tetapi tunggu seseorang yang menjemput tersebut hingga tiba. Jika di rasa sudah lama sekali tidak ada tanda-tanda datang maka silakan memesan ojek online, namun bilamana sudah bisa dipastikan dia bisa menjemput anda, lebih baik tidak memesan gojek terlebih dahulu. Simple bukan?

Cukup sekian informasi yang bisa admin sampaikan mengenai cara cancel gojek, semoga bermanfaat bagi semua dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *