9 Langkah Cara Buat SKCK Online Karawang 2020, Sangat Mudah!

Buat SKCK Online Karawang – Karawang sangat dikenal karena memiliki banyak perusahaan dan industri yang mampu menampung banyak tenaga kerja. Perusahaan dan industri ini tentu memberikan berbagai persyaratan (dokumen dan keterampilan) bagi warga yang ingin bekerja. Salah satu syaratnya adalah SKCK, oleh karena itu SKCK online Karawang dibuat oleh pihak kepolisian agar setiap warga Karawang dapat mengajukan surat ini dengan mudah.

Cara Buat SKCK Online Karawang

Cara Buat SKCK Online Karawang

Kemudahan ini tentunya harus dimanfaatkan dengan baik, terutama bagi pihak yang sangat sibuk. Jadi, teman-teman tidak perlu antri terlalu lama lagi, cukup melakukan pengajuan online, terima bukti pendaftaran, kemudian datang sebelum batas waktunya sambil membawa dokumen lainnya. Kemudian, teman-teman hanya perlu menunggu 30 menit atau ke esokan harinya (paling lama) untuk memperoleh SKCK baru.

Walaupun sangat mudah, teman-teman harus memperhatikan beberapa hal. Seperti kesalahan input data, upload dokumen yang sesuai, dokumen usahakan berekstensi jpg atau jpeg. Kemudian jangan lupa untuk menyimpan kartu pendaftaran baik itu dicetak ataupun digital.

Persyaratan Dokumen

SKCK

Dokumen Persyaratan SKCK

Walaupun melakukan pendaftaran secara online, teman-teman tetap harus mempersiapkan beberapa dokumen fisik sebagai syarat daftar SKCK ketika akan berkunjung ke kantor polisi pilihan masing-masing. Hal ini mungkin perlu bagi beberapa tempat sedangkan tempat lainnya tidak. Namun, lebih baik mempersiapkan diri daripada nanti proses pengajuannya menjadi bermasalah.

Adapun beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan adalah:

Untuk Upload

  • KTP, KK, ijazah atau akta lahir
  • Passport (jika ada)
  • Pola sidik jari (jika pernah mengajukan SKCK sebelumnya atau dapat dibuat sendiri)

Untuk Dibawa Ke Kantor Kepolisian

  • Fotokopi KTP, KK, ijazah atau akta lahir
  • Fotokopi passport (khusus untuk kepentingan ke luar negeri)
  • Pas foto ukuran 4×6 dengan latar berwarna merah (3 lembar)
  • Kartu pendaftaran (wajib print)
  • Bukti transfer sebesar Rp 30.000 (WNI), Rp 60.000 (WNA)
  • SKCK lama (khusus perpanjangan)

Yang Sering ditanyakan:

Tutorial Buat SKCK Online Karawang Terbaru 2020

Untukmengajukan SKCK secara online teman-teman dari Karawang dapat melakukannya di website skck.polri.go.id. Website ini dapat di akses melalui komputer, laptop ataupun android masing-masing. Namun, disarankan untuk menggunakan komputer/ laptop karena tampilannya lebih baik sehingga teman-teman mudah memahaminya.

Setelah membuka web SKCK online tersebut, kliklah form. pengajuan yang ada pada sisi kanan atas untuk memulai langkah-langkah pengajuan SKCK online Karawang tersebut.

1. Memilih Kesatuan Wilayah (Kantor Polisi Terdekat)

SKCK

Kesatuan Wilayah

Pada bagian ini, teman-teman dapat memilih keperluan SKCK yang dibutuhkan. Perlu diketahui pada bagian kanan terdapat daftar keperluan SKCK dan kantor polisi apa saja yang melayaninya. Jadi, teman-teman harus memperhatikan hal ini ketika akan mengajukan SKCK online Karawang.

Kemudian, pilihlah kesatuan wilayah untuk daerah Karawang. Untuk daerah karawang, teman-teman harus memilih Polda Jawa Barat, kemudian Polres Karawang, lalu pilihlah polsek terdekat (Kota Baru atau Karawang Kota). Setelah itu isi alamat sesuai dengan KTP beserta pilihan pembayaran (tunai atau transfer). Jika telah selesai, tekan tombol “lanjut” yang ada di sisi kanan bawah.

2. Input Data Diri

SKCK

Data Pribadi

Pada halaman berikutnya, teman-teman dapat mengisi data pribadi secara lengkap seperti nama, tanggal dan tempat lahir, pekerjaan, usia, kewarganegaraan, agama dan lainnya. Jangan lupa untuk upload pas foto ukuran 4×6 dengan latar berwarna merah.

Pada bagian ini, teman-teman harus input data alamat kembali. Setelah itu cek semua hasil inputan, jika telah yakin tekan kembali tombol “lanjut” yang ada di sisi kanan bawah.

3. Input Data Keluarga

SKCK

Data Keluarga

Tahapan SKCK online Karawang selanjutnya adalah input data keluarga seperti ayah, ibu, saudara/i, suami dan istri. Data yang perlu di input adalah nama, umur, alamat, agama, pekerjaan dan kewarganegaraan. Cek kembali datanya, jika telah yakin tekanlah tombol “lanjut” untuk masuk ke bagian berikutnya.

4. Input Data Pendidikan

SKCK

Data Pendidikan

Selanjutnya adalah data pendidikan, dimana teman-teman harus input data tersebut mulai dari jenjang pendidikan terendah (SD) sampai yang tertinggi. Selain itu input secara manual nama sekolah atau universitas serta tahun teman-teman lulus. Jika telah selesai tekan kembali tombol “lanjut”.

5. Input Data Perkara Pidana dan Pelanggaran

SKCK

Perkara Pidana dan Pelanggaran

Kemudian, teman-teman harus input data pelanggaran ataupun pidana yang pernah dilakukan sebelumnya. Jika memang tidak pernah maka pilih opsi “tidak pernah” pada setiap pertanyaan pertama. Setelah itu tekanlah tombol “lanjut” untuk masuk ke halaman selanjutnya.

6. Input Ciri Fisik

SKCK

Ciri Fisik

cara pengajuan SKCK online Karawang selanjutnya adalah input data ciri fisik teman-teman. Data yang dibutuhkan adalah tinggi dan berat badan, warna kulit, bentuk wajah, tanda istimewa, warna rambut serta rumus sidik jari. Rumus sidik jari dapat diketahui jika sudah pernah mengajukan SKCK sebelumnya. Jika belum maka dapat dikosongkan karena nantinya akan diminta secara manual di polsek atau polres pilihan teman-teman.

7. Unggah Dokumen

SKCK

Upload Dokumen

Pada tahap selanjutnya teman-teman harus unggah beberapa dokumen persyaratan seperti KTP, KK, ijazah atau akta lahir, paspor dan sidik jari. Jika paspor dan sidik jari tidak ada, maka teman-teman dapat mengosongkan bagian tersebut. Kemudian tekan kembali tombol “lanjut” untuk masuk ke tahapan berikutnya.

8. Data Tambahan

SKCK

Data Tambahan

Selanjutnya adalah input data tambahan seperti hobi, riwayat pekerjaan, alamat dan nomor telepon yang mudah dihubungi. Sedangkan untuk WNA haru menambahkan data sponsor dalam negeri lengkap dengan alamat, telepon dan jenis usahanya. Jangan lupa untuk mengisi alamat email dan klik tanda centang dibawahnya. Setelah itu klik tombol “proses” agar pengajuan teman-teman diproses oleh sistem.

9. Download dan Cetak Kartu Pendaftaran

SKCK

Kartu Pendaftaran

Setelah semua proses SKCK online Karawang dilewati, maka teman-teman akan memperoleh kartu pendaftaran yang berisikan info berupa keperluan, nama, alamat, masa berlaku kartu, kantor kepengurusan yang dipilih serta biaya dan nomor BRIVA (untuk yang memilih via transfer).

Download dan print kartu ini ketika nanti akan mengunjungi kantor polisi pilihan masing-masing. Ada baiknya jika kalian mengetahui Jam Pelayanan SKCK Kantor Polisi.

Sebelum mengunjungi polres atau polsek pilihan teman-teman harus mempersiapkan dokumen persyaratan sebelumnya untuk jaga-jaga. Karena dokumen ini dapat diminta sewaktu-waktu oleh petugas. Datanglah dengan menggunakan pakaian rapi serta kenakanlah sepatu. Setelah sampai, segera kunjungi loket pengajuan SKCK dan serahkan dokumen, kartu pendaftaran, bukti transfer atau bayar langsung di loket kemudian tunggulah beberapa saat.

Kurang lebih 30 menit teman-teman akan memperoleh SKCK baru. Jangan lupa fotokopi SKCK tersebut dan legalisir. Sedangkan berkas aslinya dapat disimpan karena bisa diperpanjang kembali ketika dibutuhkan di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *