9 Cara Membuat SKCK Online Bogor 2020, Perhatikan Syaratnya!

Buat SKCK Online Bogor -Kota Bogor merupakan daerah yang sangat dekat dengan Ibu kota Jakarta, karenanya teman-teman akan menemukan banyak pegawai asal Bogor bolak-balik ke Jakarta untuk bekerja. Sebelum menjadi pekerja mereka tentu mencari berbagai lowongan dengan kriteria dan persyaratan tertentu. Salah satu persyaratannya adalah SKCK, namun sekarang terdapat SKCK online Bogor yang sangat bermanfaat bagi warga Bogor yang ingin mencari pekerjaan.

buat SKCK Online Bogor

Baranangsiang-Kota Bogor

Layanan online ini diberikan untuk memudahkan pengajuan SKCK. Karena selama ini proses pengajuan dokumen tersebut cukup panjang dan memakan banyak waktu sehingga jika tidak terdesak warga tidak akan mengurusnya. Karenanya, teman-teman asal Bogor dapat memanfaatkan layanan ini dengan baik tanpa harus meninggalkan kegiatannya sehari-hari.

Syarat Dokumen

Untuk melakukan pengajuan secara online teman-teman bisa mengunjungi website skck online. Namun, sebelum itu teman-teman perlu mempersiapkan beberapa hal, seperti:

Dokumen Untuk Scan

SKCK

Upload Dokumen

Karena pengajuan secara online, maka dokumen yang diperlukan haruslah di upload pada website SKCK online tersebut. Adapun beberapa dokumen yang perlu di scan antara lain:

  • KTP
  • KK
  • Akta lahir/ ijazah
  • Paspor (untuk keperluan ke luar negeri)
  • Sidik jari (jika pernah melakukannya di kantor polisi atau dapat dibuat sendiri)
  • Pas foto terbaru ukuran 4×6 dengan background berwarna merah

Dokumen Untuk Dibawa

SKCK

Dokumen Untuk Dibawa

Seharusnya pengajuan SKCK secara online tidak mengharuskan teman-teman untuk membawa dokumen lagi dalam bentuk hardcopy. Namun, alangkah baiknya dokumen ini dibawa untuk jaga-jaga karena petugas bisa saja meminta dokumen tersebut untuk kepentingan pengarsipan dan lainnya. Adapun dokumen tersebut antara lain:

  • Fotokopi KTP, KK, ijazah atau akta lahir
  • Pas foto 4×6 dengan latar merah (6 lembar)
  • SKCK lama atau fotokopi yang dilegalisir (khusus untuk perpanjangan)
  • Mengisi formulir pengajuan dari petugas
  • Pengambilan sidik jari

Baca juga artikel terkait SKCK:

Cara Membuat SKCK Online Bogor 2020

buat SKCK Online Bogor

Halaman Awal SKCK Online Bogor

Setelah mempersiapkan dokumen teman-teman buka website skck online. Setelah itu kliklah tombol “form pengajuan” yang ada pada sisi kanan atas halaman tersebut. Setelah itu teman-teman harus mengikuti langkah-langkah berikut ini, yaitu:

1. Pemilihan Wilayah Kesatuan Kepolisian yang Dituju

SKCK

Pemilihan Kesatuan Wilayah

Hal yang pertama kali harus diperhatikan adalah pemilihan satuan wilayah kepolisian yang dituju. Namun, sebelum itu teman-teman harus memilih untuk apa SKCK dibutuhkan. Informasi ini dapat dilihat pada bagian kanan  sehingga teman-teman paham ke kantor polsek atau polres SKCK ini dapat dibuat.

Setelah itu teman-teman pilih polda jawa barat, lalu polresta bogor dan terakhir pemilihan polsek yang berada di bogor (seperti dramaga, baranangsiang dan lainnya). Jangan lupa untuk input alamat sesuai KTP dan metode pembayaran (cash atau transfer via BRIVA).

2. Data Pribadi

SKCK

Pengisian Data Pribadi

Setelah memilih kesatuan wilayah, teman-teman harus input data pribadi secara lengkap seperti nama, pekerjaan, status pernikahan, alamat dan lainnya. Pada bagian teman-teman dapat unggah pas foto yang telah di scan sebelumnya. Pastikan fotonya terlihat dengan jelas agar hasil cetakan pada SKCK nantinya sempurna.

3. Data Keluarga

SKCK

Pengisian Data Keluarga

Pada bagian ini teman-teman harus mengisi data keluarga secara lengkap untuk mengajukan SKCK online Bogor yang dimulai dari nama, umur, pekerjaan, alamat sekarang sampai pada kelurahan anggota keluarga tinggal. Jika status teman-teman belum menikah maka cukup dengan mengisi data ayah, ibu, adik dan kakak. Namun, jika telah menikah maka isilah semua data sebelumnya plus data istri ataupun suami.

4. Data Pendidikan

SKCK

Pengisian Data Pendidikan

Pada halaman ini teman-teman diharapkan mengisi data pendidikan mulai dari SD sampai dengan jenjang terakhir. Hal ini perlu dilakukan agar data yang tercantum menjadi lengkap. Walaupun jika melakukan pengajuan SKCK secara manual, dokumen untuk pendidikan yang diminta hanyalah yang terakhir.

5. Perkara Pidana dan Pelanggaran

SKCK

Pidana dan Pelanggaran

Bagian ini bisa teman-teman lewati jika memang tidak pernah melakukan tindak pidana ataupun pelanggaran lainnya. Namun, jika pernah terkena masalah ini maka mau tidak mau harus dilengkapi karena pihak kepolisian pasti memiliki catatan kriminal setiap masyarakat. Setelah melengkapi hal ini teman-teman tekan tombol “lanjut untuk masuk ke halaman berikutnya.

6. Ciri Fisik

SKCK

Ciri Fisik

Pada tahap ini teman-teman harus input manual ciri fisik masing-masing. Adapun data yang diperlukan adalah bentuk wajah, rambut, warna kulit, tanda khusus (bekas luka, tahi lalat atau lainnya), dan lainnya. Lengkapilah data ini secara mendetail agar memudahkan proses pengajuan SKCK online Bogor nanti.

7. Upload Berkas

SKCK

Unggah Dokumen

Setelah input ciri fisik, teman-teman akan upload beberapa dokumen yang telah di scan sebelumnya. Dokumen tersebut adalah KTP, KK, ijazah atau akta lahir, sidik jari dan paspor. Jika kebutuhan SKCK untuk dalam negeri maka tidak memerlukan paspor karena dokumen ini khusus bagi teman-teman yang memiliki kepentingan ke luar negeri.

8. Data Tambahan

SKCK

Informasi Tambahan

Tahapan selanjutnya adalah input data tambahan berupa nomor telepon yang dapat dihubungi, alamat email, hobi atau kegemaran serta alamat saat ini. Pada bagian kanan diperuntukkan khusus untuk WNA yang berada di Indonesia, dimana harus dicantumkan pihak sponsor, alamatnya, jenis usaha dan lainnya.

Jika telah selesai teman-teman harus cek semua data kembali kemudian tekan tombol proses agar sistem dapat menerbitkan kartu pendaftaran teman-teman.

9. Download Kartu Pendaftaran

SKCK

Kartu SKCK Online Bogor

Setelah melewati seluruh tahapan, teman-teman akan memperoleh kartu pendaftaran yang dapat di download. Printlah kartu ini ketika akan ke kantor polisi tujuan. Jangan lupa untuk transfer ke BRIVA tujuan atau bayar langsung ke loket. Datangnya waktu tepat untuk mengurus SKCK yah!

Perhatikan waktu operasi kantor polisi dan masa berlaku kartu ini. Jangan sampai teman-teman harus mengulangi proses ini karena melewati waktu yang ditentukan. Ketika berkunjung ke kantor polisi, pakailah pakaian rapi dan sopan. Bawalah kartu pendaftaran, bukti transfer dan dokumen lainnya untuk jaga-jaga. Setelah mengisi formulir, teman-teman hanya perlu menunggu paling 30 menit agar SKCK baru dapat dibawa pulang dan digunakan sesuai kebutuhan masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *