Mau Tahu Cara Ampuh Melawan Tuyul Ojol? Baca Ini!

By | 20 Desember 2018

Untuk Anda para driver transportasi berbasis online berikut akan dibahas cara ampuh atasi tuyul ojol yang keberadaannya sudah pasti membuat resah dan kesal. Kurang ketatnya pengawasan dari perusahaan penyedia layanan aplikasi transportasi online ini menjadi celah yang dimanfaatkan oleh oknum driver yang nakal untuk berbuat kecurangan. Para oknum ini biasanya menggunakan orderan fiktif yang membuat mereka bisa dengan nyaman duduk ongkang-ongkang kaki di rumah tanpa harus berkeliling sembari menunggu order masuk.

Cara Ampuh Melawan Tuyul ojol

Selain menggunakan order fiktif, para oknum driver ojol ini juga sering menggunakan fake GPS untuk menjalankan aksi curangnya. Biasanya cara kerja fake GPS ini membuat oknum driver ojol ini seolah-olah berada pada titik semestinya. Tak jarang, ketika di perhatikan mereka seperti melakukan pergerakan menuju titik penjemputan konsumen. Padahal biasanya mereka justru berada sangat jauh dari tempat yang dituju. Cara ini bertujuan agar selalu mendapat prioritas menerima order. Tapi kini ada cara ampuh atasi tuyul ojol ini!

Baca juga:

Biasanya untuk menggunakan perangkat tuyul ojek online ini para oknum driver memakai banyak ponsel untuk melancarkan aksi kriminal tersebut. Selain itu para driver atau pembuat aplikasi tuyul ini tidak hanya bekerja sendirian, melainkan bersama-sama dengan anggota lainnya dengan sistem yang terorganisir dengan baik.

Tak jarang para pelakunya memiliki markas atau homebase yang digunakan untuk memudahkan aksi bulusnya mengelabui sistem aplikasi online tersebut. Bahkan mereka sanggup untuk mengeluarkan budget yang tidak sedikit untuk dapat memiliki sebuah markas sebagai tempat melancarkan aksinya.

Penyebab Munculnya Fenomena Tuyul Ojek Online

Ada beberapa alasan yang membuat para driver nakal ini melakukan tindak kecurangan tersebut, salah satunya adalah target. Sebagai mitra sebuah perusahaan transportasi berbasis layanan online, mereka memang diharuskan untuk dapat memenuhi target yang harus dipenuhi setiap harinya.

1. Kejar Target Harian

Target harian ini tidak hanya berpengaruh pada pendapatan harian para driver ini saja, melainkan juga berimbas pada insentif yang didapatkan. Performa kerja memang sangat dipengaruhi oleh target ini, dan para driver diharapkan bekerja  lebih keras agar bonus dapat diterima. Itu sebabnya penggunaan perangkat tuyul ini menjanjikan pendapatan di atas rata-rata, sekaligus mendapatkan peringkat yang sempurna setiap bulannya.

2. Tingginya Persaingan Antar Driver Ojek Online

Alasan berikutnya yang menyuburkan aksi curang tersebut adalah akibat adanya persaingan di antara sesama driver ojek online yang cukup tinggi. Persaingan ini dipicu oleh tidak meratanya orderan yang diterima oleh masing-masing driver.

Selain itu jumlah driver ojek online yang juga tidak dibatasi membuat persaingan untuk memperebutkan konsumen semakin menjadi-jadi. Memang tidak semua driver yang menggunakan perangkat tuyul ini, masih ada banyak driver yang mendapatkan penghasilan bagus dengan cara yang baik.

Cara Ampuh Melawan Tuyul Ojol Yang Sudah Diterapkan Perusahaan

Melihat dampak yang ditimbulkan dari kelakuan tuyul ojol ini, maka perusahaan ojek online seperti Grab dan Gojek tak tinggal diam. Berikut ini tindakan yang telah dilakukan untuk meredam kelakuan merugikan tersebut.

1. Gojek Inisiasi #HapusTuyul

Salah satu perusahaan transportasi berbasis aplikasi online, Gojek, mulai menanggapi dengan serius maraknya para driver yang berulah nakal. Salah satu langkahnya awalnya adalah dengan memulai gerakan inisiasi #HapusTuyul. Selain mencanangkan gerakan ini, Gojek juga telah mempersiapkan sebuah cara melawan tuyul Gojek dengan menggunakan sebuah sistem pengamanan.

Sistem pengaman ini  diklaim mampu mendeteksi para driver yang memakai perangkat tuyul tersebut. Sistem keamanan ini memuat beberapa langkah antisipasi untuk bisa mendeteksi dan mengirim pesan peringatan kepada para driver yang juga menyaru sebagai tuyul ojek online.

Gojek memang tidak semerta-merta menjatuhkan sanksi kepada para oknum driver yang kedapatan menggunakan perangkat curang ini. Biasanya para oknum driver tersebut akan menerima pesan peringatan dari sistem Gojek yang mendeteksi adanya transaksi yang tidak wajar.

Jika mitra tersebut tidak mengindahkan pesan peringatan untuk segera menghapus perangkat tuyul tersebut pada ponselnya, maka para oknum driver akan dikenakan sanksi atau suspend. Akan tetapi jika ternyata oknum tersebut tetap saja melakukan tindak kecurangan, maka akan terjadi pemutusan hubungan kemitraan dan bonus yang didapatkan tidak bisa dicairkan. Cara membasmi tuyul ojek online dengan langkah ini diklaim cukup efektif untuk bisa menghentikan pergerakan oknum driver curang.

2. Grab Lawan Opik

Seperti Gojek yang juga serius untuk menghentikan pergerakan oknum driver yang berbuat curang, Grab juga menggalang gerakan yang diberi tajuk Grab Lawan Opik/ Grab Lawan Order Fiktif sebagai salah satu cara melawan tuyul Grab.

Cara ampuh atasi tuyul ojol ini juga melibatkan pihak kepolisian yang berwenang yakni Reserse Kriminal Umum yang telah melakukan penyelidikan mendalam untuk memahami pola kecurangan tersebut. Selain bekerja sama dengan pihak kepolisian, Grab juga telah menempatkan para engineer andal yang berlokasi di Jakarta, Singapura, Bangalore, Vietnam, dan Beijing yang diklaim mampu menemukan kecurangan berupa fake GPS.

Sistem yang dimiliki oleh Grab ini mampu membaca pola yang dihasilkan oleh perangkat yang dipakai oleh para oknum driver yang curang. Perlu untuk diketahui bahwa tindak kecurangan ini menggunakan dua pihak yang memiliki peran masing-masing. Salah satu akan berakting sebagai penumpang yang tengah berpura-pura memberi order ke pihak lainnya yang berperan sebagai driver.

Lalu sistem yang telah disiapkan sebagai cara ampuh atasi tuyul ojol ini bertugas untuk menangkap keganjilan yang terjadi pada orderan tersebut sekaligus mengetahui driver asli dan driver yang menyaru sebagai tuyul. Menggabungkan teknologi dan melakukan kerja sama dengan kepolisian ternyata cukup efektif untuk menurunkan jumlah order fiktif dan penggunaan perangkat fake GPS.

Demikian beberapa cara ampuh atasi tuyul ojol yang telah dilakukan oleh Gojek dan Grab. Cara ini  bertujuan untuk memberantas tindak kriminal yang meresahkan perusahaan penyedia aplikasi transportasi online dan driver ojek online yang jujur dalam bekerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *