Fasih Berbahasa Inggris Hanya Bermodalkan Buku dan Film, Ini Caraku!

Buku sebagai langkah pertama belajar

Selama ini ada anggapan bahwa belajar bahasa Inggris itu sulit. Rumitnya tata bahasa serta banyaknya kosakata yang harus dihapalkan memang menjadi salah satu faktor penyebabnya. Hal ini pun sempat saya rasakan saat dulu pertama kali mempelajari bahasa Inggris di sekolah. Pusing sekali rasanya mendengarkan penjelasan guru tentang grammar.

 

Sampai akhirnya saya menyerah dan tak lagi memaksaan diri belajar menurut buku pegangan di sekolah. Alih-alih, saya malah asyik belajar membaca novel-novel berbahasa Inggris yang saya pinjam dari perpustakaan.

Apakah saya langsung jago bahasa Inggris? Tentu tidak hehehe. Ada beberapa langkah  yang saya lakukan untuk mempermudah belajar bahasa asing melalui buku bacaan, di antaranya:

Baca juga : Pengalaman Diet OCD, Dari Diet Jadi Gaya Hidup Sehat!

1. Cerita sesuai dengan minat

Ada banyak genre cerita yang bisa kita pilih. Karena saya suka sekali dengan cerita petualangan dan misteri, dulu saya belajar membaca bahasa Inggris dari koleksi buku karangan Enid Blyton dan Agatha Christie. Bagi teman-teman yang lebih menyukai cerita drama, misalnya, tentu bisa memilih pengarang lainnya.

Timbul pertanyaan: Bagaimana kalau tak suka novel fiksi?

Jawabannya mudah saja. Kita bisa memilih untuk membaca artikel-artikel berita di media online, atau buku-buku pengembangan diri.

Intinya, bacaan apapun tak masalah. Yang terpenting, pastikan saja pilih yang sesuai dengan minat kita agar semangat membacanya.

2. Pilih buku yang tipis dan ditujuan untuk pemula

Saat membaca buku-buku cerita berbahasa Inggris, biasanya di sampul belakang tertera target pembaca yang dimaksud. Misalnya, apakah buku tersebut ditujukan untuk pembaca dengan level bahasa Inggris Beginner, Intermediate, ataukah Advance. Saya mulai membaca dengan buku-buku yang tidak terlalu tebal serta memiliki kosakata yang mudah, agar otak saya tak terlalu stres dengan vocabulary yang sulit.

3. Catat kata dan ungkapan yang sulit

Dalam setiap bacaan, pasti kita akan menemukan kata-kata yang kurang familiar. Nah, dari dulu saya selalu membiasakan diri untuk mencatat kata-kata dan ungkapan tersebut, lalu mencari tahu artinya dalam kamus. Dengan begitu, setiap kita membaca satu halaman saja, pengetahuan kosakata kita pun akan bertambah.

4. Berlatih menerjemahkan paragraf

Menerjemahkan adalah salah satu cara tercepat menguasai bahasa Inggris. Percaya deh. Itu benar-benar saya rasakan. Biasanya setelah selesai membaca satu bab dalam novel, saya memilih 1 paragraf untuk diterjemahkan.

Walaupun terdengar simpel, tapi teknik ini terasa banyak sekali manfaatnya, karena otak kita jadi terbiasa untuk switching dari bahasa Inggris ke Indonesia dengan cepat.

 

Film sebagai pelengkap yang mempermudah belajar

Selain lewat buku cerita, kemampuan bahasa Inggris saya sangat terbantu dengan berbagai tontonan televisi dan film. Salah satu yang dulu jadi andalan saya adalah serial Friends dan film Harry Potter.  Yang saya rasakan, ada beberapa manfaat belajar bahasa Inggris lewat film, yaitu:

1. Memudahkan mengetahui cara pengucapan kata

Perbedaan cara pengucapan kata orang Indonesia dan native speaker membuat terkadang sulit bagi kita untuk tahu bagaimana pengucapan atau pronunciation suatu kata. Nah, film menjadi media yang paling ampuh bagi saya untuk mempelajari cara pengucapan tersebut.

2. Mempelajari aksen

Salah satu yang membuat saya tertarik belajar bahasa Inggris adalah aksen native speaker yang berbeda-beda. Saat menonton serial Friends, saya bisa dengan mudah mengenali aksen New Yorkers para tokohnya. Tapi sewaktu kemudian saya menonton film Harry Potter, sejujurnya saya mengalami kesulitan menangkap dialognya dengan jelas, karena aksen British kental para pemainnya.

Nah, di situlah saya sadar bahwa telinga saya yang sudah terlalu terbiasa mendengar percakapan dengan aksen Amerika ternyata masih lemah dengan aksen-aksen native speaker lainnya. Maka dari itu saya pun kemudian lebih sering menonton film yang berasal dari Inggris, Irlandia, dan Australia, agar terbiasa dengan aksen mereka.

Baca juga : Pengalaman Cara Hamil Kembar, Ini Kalau Mau Punya Anak Kembar!

3. Mempelajari istilah-istilah gaul

Saat menonton banyak film-fim barat, saya baru sadar bahwa materi bahasa Inggris yang diajarkan di sekolah saatlah kurang memadai untuk bisa dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Ada banyak istilah yang baru saya temui di film tersebut.

Sebagai contoh, di sekolah saya diajarkan untuk menyapa teman dengan kalimat:

“Hi, how are you?”

Tetapi pada kenyataannya, menyapa teman akrab lebih sering menggunakan kalimat:

“Hi, what’s up?”

Nah, hal-hal seperti inilah yang menjadikan istilah dalam film lebih terpakai dalam percakapan sehari-hari.

4. Melatih telinga mendengarkan percakapan bahasa Inggris

Dulu, saat mendengarkan orang berdialog dalam bahasa Inggris, otak saya harus menerjemahkan dulu ke dalam bahasa Indonesia, barulah saya mengerti arti percakapan tersebut. Tetapi, setelah menonton banyak film dan serial TV, lambat laun saya pun mulai dengan mudahnya bisa mengerti dialognya tanpa harus menerjemahkan dulu dalam otak.

Tips belajar bahasa Inggris lewat film

Kalau teman-teman ingin melancarkan bahasa Inggris dengan cara menonton film, ada beberapa tips yang bisa saya bagikan:

1. Bagi tahapan menonton menjadi 3 bagian

Bagi saya, wajib hukumnya untuk berkali-kali menonton film yang sama, dengan pembagian sebagai berikut:

  • Tonton dengan subtitle bahasa Indonesia
  • Tonton dengan subtitle bahasa Inggris
  • Hilangkan subtitle-nya

Baca juga : Menghilangkan Demam Panggung Saat Menjadi MC? Ini Dia Caraku!

Hal ini dimaksudkan agar kita bisa berlatih secara bertahap, dan memudahkan mengingat arti kalimat-kalimat yang kita dengar. Tak masalah jika kita menonton film yang sama sampai ratusan kali pun, yang penting lewati tahapannya seperti tadi.

Nanti jika sudah lumayan fasih, kita pun akan dengan sendirinya melompati dua tahapan pertama, dan langsung bisa menonton film apapun tanpa menggunakan subtitle.

2. Ikuti pronunciation dialognya

Untuk mempermudah lidah kita mengucapkan kata-kata bahasa Inggris, biasakan untuk mengucapkan kalimat-kalimat yang kita dengar dalam dialog film. Caranya seperti ini:

  • Lakukan tahapan-tahapan penggunaan subtitle seperti pada poin di atas.
  • Setelah melewati tahapan terakhir, yaitu menonton tanpa menggunakan subtitle, hentikan video setiap beberapa adegan untuk menirukan pengucapan dialognya.
  • Lakukan kegiatan ini terus-menerus sepanjang film, sampai pronunciation dan intonasi kita mirip dengan pengucapan aktor dalam film tersebut.

3. Catat istilah-istilah yang ada dalam film

Sama seperti saat membaca buku, penting bagi kita untuk mencatat ungkapan dalam film yang ditonton. Biasanya, yang saya lakukan adalah selalu menyiapkan notes kecil saat akan menonton sebuah film. Jadi, saat menemukan kata-kata sulit, saya bisa langsung dengan mudah mencatatnya.

Menguasai bahasa Inggris memang tak bisa dilakukan hanya dalam waktu semalam saja. Butuh proses untuk bisa sampai ke tahap fasih seperti native speaker. Meskipun begitu, teknik-teknik yang saya lakukan seperti di atas tadi sangat membantu mempercepat proses tersebut.

Semoga informasi yang saya bagikan ini bermanfaat ya. Tetap semangat belajar dan jangan patah semangat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *