8 Alasan Akun Grab Dibekukan, Untuk Driver dan Penumpang!

By | 9 April 2018

Siapa yang tidak tahu Grab? Model transportasi berbasis online ini kian menyedot perhatian masyarakat sehingga membuat jumlah pengguna dan pengemudi terus meroket. Namun sayangnya, semakin banyaknya orang bergabung dengan aplikasi ini, semakin banyak juga peristiwa yang kurang baik, salah satunya adalah pembekuan akun grab milik driver yang disebabkan oleh beberapa hal. Apa yah penyebab suspend akun grab dan kenapa sampai disuspend?

akun grab suspend

Sebab umum akun grab suspend

Seperti layaknya tempat kerja kebanyakan, grab pun juga mempunyai kode etik yang harus dipenuhi oleh para pengemudi. Kode etik inilah yang terkadang menyebabkan akun tersuspend.

Penyebab Akun Grab Suspend (Untuk DRIVER)

Suspend adalah bentuk teguran dari pihak Grab kepada para pelanggar, baik itu driver atau kah penumpang grab. Alasan akun grab driver dibekukan bervariasi. Mulai dari hal yang sepele (suspend sementara) hingga pelanggaran sedang dan berat. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak

1. Melanggar KODE ETIK Grab

Ini adalah penyebab suspend paling umum. Konsekuensinya bisa disuspend sementara (beberapa hari) dan yang paling parah adalah putus mitra Grab. Untuk melihat kode etik Grab, silahkan klik di sini.

Di sini ada kode etik grabbike dan grabcar (bisa dilihat di tabel dari link di atas, ada untuk roda dua dan roda 4). Anda hanya perlu menyesuaikan, grabbike atau grabcar.

2. Akun Grab Suspend karena Terjadi Kecurangan

Alasan mengapa akun grab dibekukan yang pertama adalah adanya kecurangan yang dilakukan oleh mitra grab. Layaknya semua perusahaan, grab sangat membenci kecurangan yang dilakukan oleh mitranya karena hal ini menyebabkan perusahaan merugi. Selain itu, kecurangan juga bisa membuat pendapatan mitra grab (baik pendapatan grab car maupun grabbike) lain yang jujur mengalami penurunan pendapatan. Penurunan pendapatan yang dialami driver lain salah satunya mungkin terjadi karena jumlah order yang kian menurun.

akun grab suspend

Beberapa contoh kecurangan yang sering terjadi adalah membuat order fiktif dana atau melakukan order dengan menggunakan akunnya sendiri. Selain itu, indikasi kecurangan lain adalah dengan memodifikasi telpon genggam dengan menggunakan aplikasi gps xposed yang palsu dan juga penggunaan tuyul dalam bekerja. Alasan mengapa akun grab dibekukan ini tentu masuk akal dan harus disetujui oleh semua mitra demi lingkungan kerja yang selalu positif dan baik.

3. Akun Grab Dibekukan karena Membawa Senjata Tajam Ketika Bekerja

Hal lain yang bisa membuat akun grab suspend adalah membawa senjata tajam ketika sedang bekerja. Membawa senjata tajam tentu akan menjadi ancaman sendiri bagi para penumpang terutama mereka yang menggunakan layanan grab pada malam hari.

akun grab suspend

Membawa senjata tajam saat bekerja

Selain itu, alasan logis mengapa membawa senjata tajam dapat membuat akun grab suspend adalah senjata ini yang sama sekali tidak diperlukan ketika mitra grab sedang bekerja. Yang mereka perlukan hanyalah kendaraan dengan kondisi yang baik, peralatan mengemudi, telepon genggam, dan profesionalitas kerja.

Membawa senjata tajam tentu sebuah aksi yang tidak dibenarkan baik dari pihak perusahaan grab maupun dari hukum yang berlaku di Indonesia.

4. Akun Grab Suspend karena Driver Melanggar Hukum

Alasan ketika yang menyangkut kode etik mitra grab yang dapat membuat akun grab dibekukan adalah ketika pengemudi melanggar hukum yang berlaku. Negara Indonesia merupakan negara hukum. Maka, semua orang yang tinggal di negara ini termasuk para pengemudi grab harus tunduk pada hukum yang telah ditentukan demi kenyamanan dan keamanan dalam hidup bermasyarakat. Contoh pelanggaran hukum yang pernah terjadi adalah driver yang ugal-ugalan di jalan sehingga membahayakan penumpang dan pengendara lain.

akun grab suspend

Grabbiker melanggar hukum lalu lintas

Mengemudi dengan ugal-ugalan tentu akan mengundang perhatian polisi dan dapat membuat pengendara itu dikenai sanksi oleh grab yang mana adalah akun grab dibekukan. Selain itu, ugal-ugalan di jalan juga akan membahayakan driver yang bersangkutan karena potensi terjadinya kecelakaan menjadi tinggi. Selain mendapatkan sanksi dari perusahaan, driver tentu akan mendapatkan hukuman dari polisi sebagai aparat penegak hukum.

5. Akun Grab Dibekukan karena Driver Melakukan Pelecehan Seksual

Pelecehan seksual tentu merupakan hal yang harus dibasmi. Selain dapat merugikan penumpang, pelecehan seksual juga tentu akan membuat nama baik perusahaan grab menjadi tidak baik. Ketika nama perusahaan menjadi jelek, driver lainnya lah yang akan dirugikan karena tingkat kepercayaan masyarakat kepada grab akan menurun. Alhasil, penumpang akan berlakih ke moda transportasi lain yang mereka anggap lebih aman dan lebih professional.

akun grab suspend

Melakukan pelecehan terhadap penumpang

Maka, ketika seorang driver grab dilaporkan dan terbukti melakukan pelecehan seksual, baik mitra grab laki-laki dan perempuan akan diproses secara hukum dan akan diputus hubungan kemitraannya dengan perusahaan grab. Driver pun lantas akan mendapati akun grab dibekukan sehingga tidak bisa lagi bekerja di perusahaan grab.

6. Akun Grab Dibekukan karena Driver Mengeluarkan Intimidasi dan Ajakan Untuk Berdemo

Alasan selanjutkan akun grab suspend adalah adanya intimidasi dan ajakan berdemo dari pihak pengemudi. Intimidasi tentu membuat kenyamanan dan keamanan hidup masyarakat terganggu. Pun pula, kenyamanan bekerja karyawan grab yang lain akan turut terganggu.

akun grab suspend

Mengajak orang lain untuk berdemo

Proses intimidasi yang dimaksud adalah ketika driver mengancam petugas call center perusahaan maupun karyawan grab lainnya. Selain itu, pemutusan hubungan kemitraan berupa akun grab dibekukan juga akan terjadi ketika driver memprovokasi karyawan grab lain untuk melakukan demonstrasi di kantor grab.

Permasalahan dalam bekerja memang tidak bisa dihindari karena dinamika aktivitas di antara para karyawan grab. Namun, perusahaan tentu menyediakan cara-cara terbaik bagi driver untuk menyampaikan permasalahan yang terjadi. Intimidasi dan demo pun sebenarnya tidak akan menyelesaikan masalah. Aktivitas tersebut hanya akan menimbulkan kericuhan dan ketidaknyamanan bekerja. Maka, driver harus berhati-hati dalam menyampaikan gagasan maupun dalam melaporkan permasalahan yang dialami.

7. Akun Grab Dibekukan karena Penerimaan Driver yang Kecil Namun Jumlah Pembatalan Besar

Alasan logis lain yang dapat membuat akun driver dibekukan adalah kecilnya penerimaan yang diterima driver dan juga besarnya jumlah pembatalan order. Dua hal ini sudah sangat jelas diatur dalam aturan main perusahaan grab. Maka, driver pun diharapkan memahaminya dan juga menghindarinya.

akun grab suspend

Jumlah cancel besar, berdampak pada ketahanan akun

Pembatalan order ini tidak hanya yang berasal dari penumpang saja, namun juga pembatalan yang dilakukan sendiri oleh driver tersebut. Kenyataannya, banyak sekali driver yang enggan mengambil atau menerima orderan tertentu dan lantas membatalkan pesanan dan atau menolak order yang masuk.

Pembatalan yang dilakukan oleh driver grab kebayakan disebabkan oleh kemalasan si driver dalam mengambil pesanan dalam keadaan tertentu seperti jarak yang jauh, penggunaan promo oleh penumpang, dan lain sebagainya.

Apabila jumlah pembatalan order terus membesar, driver pasti akan mengalami penurunan pendapatan dan juga mendapatkan track record bekerja yang tidak baik. Alhasil, akun grab dibekukan dan driver tidak bisa mengemudi lagi.

8. Akun Grab Dibekukan karena Driver Menurunkan Penumpang di Tempat yang Tidak Semestinya

Pelanggaran ini juga dapat membuat akun grab suspend. Pelanggaran ini terjadi ketika driver memaksa penumpang turun sebelum sampai di tempat tujuan yang telah ditentukan dan penumpang tersebut menolak. Penumpang pun diturunkan secara paksa di tempat yang tidak semestinya.

akun grab suspend

Contoh perkataan driver!!

Peristiwa ini tentu merugikan penumpang tersebut. Nama baik grab pun menjadi taruhan karena kinerja pengemudinya yang dinilai tidak professional. Lama-kelamaan, apabila peristiwa ini terus terjadi, tingkat kepercayaan masyarakat kepada perusahaan grab akan hilang. Akibatnya, perusahaan akan merugi. Maka, pengemudi seperti ini sudah selayaknya diberhentikan.

Namun, lain halnya jika peristiwa menurunkan penumpang bukan di tempat tujuan ini disetujui penumpang. Terkadang, ada beberapa alasan tertentu yang membuat penumpang ingin diturunkan di tempat yang tidak sesuai dengan apa yang tertulis di aplikasi. Alasan itu mungkin karena akses jalan yang tidak mungkin dilalui oleh kendaraan dan hanya bisa diakses oleh jalan kaki maupun alasan-alasan lainnya.

Untuk cara membuka akun grab driver yang dibekukan, anda bisa membaca artikel tentang Trik membuka akun grab drvier dibekukan

Penyebab Lainnya Akun Grab Driver Dibekukan

Sebelum mengulas mengenai cara membuka akun grab penumpang yangg dibekukan, Anda juga perlu tahu mengapa akun Grab Driver dapat di-suspend. Terlebih jika Anda seorang pengemudi Grab. Berikut beberapa penyebabnya.

  1. Aktifitas yang tampak tidak wajar,contohnya terlalu sering keluar-masuk akun dalam satu hari
  2. Login dengan yang berbeda dari ponsel saat pendaftaran. Jika ingin mengganti ponsel, sebaiknya menelpon CS Grab terlebih dulu
  3. Terlalu banyak membatalkan pesanan. Bukan hanya pembatalan dari sisi pengemudi, pembatalan dari konsumen juga berpengaruh. Hal itu mempengaruhi penilaian sistem Grab terhadap Anda sebagai pengemudi.
  4. Terlalu sering mendapatkan konsumen yang sama. Penentuan konsumen memang dilakukan secara random oleh sistem. Akan tetapi jika Anda terlalu sering mendapat konsumen yang sama, bisa terindikasi memiliki langganan. Cara mengantisipasinya dengan berpindah lokasi on-bid.
  5. Mengganti lokasi dengan menggunakan VPN luar negeri. VPN memang bermanfaat untuk beberapa keperluan, misalnya memperoleh akses gratis internet. Akan tetapi jika Anda masuk akun Grab dengan VPN yang masih menyala, maka dianggap sebagai aktivitas yang tidak wajar.

Ketidakwajaran ini timbul karena keganjilan yang muncul ketika menggunakan VPN. Pesanan diperoleh di Indonesia, namun akses internet nya pengemudi terdeteksi dari server di luar negeri.

  1. Terlalu sering mengganti nama akun yang menimbulkan kecurigaan. Bila hanya sekali atau dua kali, sistem Grab masih memakluminya. Namun jika terlalu sering, sistem akan menganggap hal itu sebagai aktivitas yang tidak wajar.
  2. Mengisi saldo kredit terlalu banyak. Saldo kredit akan terpotong setiap kali pesanan masuk. Memiliki saldo kredit yang banyak dapat berarti bahwa pengemudi menjalankan pekerjaannya dengan sungguh-sungguh. Tapi akan berdampak kurang baik jika terlalu banyak, karena sistem bisa menganggap saldo itu digunakan secara ilegal.

Setelah memahami penyebab di atas, maka seorang driver yang mengalami blokir an, harus segera mengetahui cara mengaktifkan atau membuka akun Grab Driver yang dibekukan. Tentu jika driver bersangkutan masih ingin bekerja sebagai mitra Grab.

Penyebab akun grab penumpang dibekukan + Cara bukanya

Selain driver, akun grab penumpang juga bisa disuspend loh. Tentu saja, maraknya penumpang/ passanger nakal membuat Grab harus mengambil tindakan. Tidak sedikit driver grab yang dirugikan loh.

akun grab suspend

Penyebab akun penumpang driver dibekukan

Berikut penyebab akun grab penumpang sampai dibekukan/ suspend:

  • Order fiktif (Pelanggaran berat)
  • Melanggar ketentuan penumpang Grab
  • Keseringan membatalkan orderan secara tidak jelas
  • Gonta ganti nama akun
  • Login dengan memakai VPN
  • Sering login dengan hp lain
  • Top up saldo grabpay berlebihan
  • Aktifitas mencurigakan
  • Untuk membuka suspend akun grab penumpang yang dibekukan, silahkan baca artikel ini.

Ciri ciri suspend grab

Ciri cirinya mudah kok dikenali. Biasanya akan langsung ada tulisan atau peringatan bahwa sahnya akun anda telah dibekukan atau suspend dan tidak dapat digunakan untuk sementara waktu atau kah selamanya. Baik itu suspend grabbike, grabcar dan layanan grab lainnya.

akun grab suspend

CIri akun grab suspend: Muncul notif!

Alasan-alasan yang dapat membuat akun grab milik driver dibekukan di atas tentu tidak diputuskan secara semena-mena. Tentu semuanya diputuskan dengan pertimbangan-pertimbangan sebijaksana mungkin sehingga semua karyawan dapat bekerja dengan baik, adil, dan nyaman.

9 thoughts on “8 Alasan Akun Grab Dibekukan, Untuk Driver dan Penumpang!

  1. Doly aguh tarana

    Nama Doly aguh tarana
    Nomer 085837741342
    Saya mau menyampaikan kenapa akun grab driver saya di suspend di karena kan mendapat oderan yang sama di tempat yang sama berturut-turut dan saya hanyah menjalan kan apa yang ada di aplikasi grab driver saya

    Mohon bantuanya mas dan mba grab yang baca keluah saya sebagai driver grab

    Saya ucapkan terimakasih

    Reply
  2. Heriyanto

    Sy mau sering admnin.akun sy di non aktifkan oleh pihak grab gara2 ferifikasi wajah.d karnakan sy mlampawi batas unt ferifikasi wajah..sy sdh lapor k kantor pusat sy.jawaban org kantor akun saya tidak bs d aktifkan lg gara2 hal sepeleh ferifikasi wajah ini..sungguh miris dnger y…ap rekan2 ad yg mngalami hal serupa sperti sy

    Reply
    1. Ali mustofa

      Sy juga mengalami bos…
      Gara2 vermuk akun sy dinonaktifkan….pdhal sy sdh dtang kekantor grab….

      Reply
  3. I Made Suwenda

    saya mitra grabcar sekarang dalam sakit belum bisa jalan dan saya sudah libur hampir sebulan
    apakah itu berpengaruh untuk terkena suspen?

    Reply
  4. Ikhsan Santoso

    Signal handphone saya sering terganggu hingga membuat saya sering keluar masuk akun tapi itu karna jaringan nya mohon kebijakan nya dari pihak grab, terimakasih

    Reply
    1. Info Kerja Post author

      kebijakan bagaimana? kan yang bermaslah sinyal HP anda mas, makanya Grab ada standar hp buat nge grab. Btw, kami bukan dari pihak Grab yah

      Reply
  5. Sri Rahayu

    Kalau ingin me non aktifkan akun mitra driver, mohon di notifikasi dulu, jangan langsung dimatiin akun nya,, ini ga fair, salah saya dimana? Sy telp CS dia malah nyuruh saya baca Etika Tanpa info apa kesalahan saya, 3 hari lho, amat sangat merugikan saya. Anda mematikan mata pencaharian saya satu2 nya.

    Reply
  6. Sarmanto

    Selamat siang pa/ibu Mohon informasinya kenapa akun grab saya dibekukan. Padahal selama ini saya jujur jujur saja pa/ibu.
    Sementara akun grab ini adalah sebagai mata pencaharian saya. Mohon kiranya agar bisa dibuka kembali. Terima kasih

    Reply
  7. Suralimwijaya

    Gara gara sering cancel kenapa akun driver saya langsung di PM ,,,mohon solusi untuk membuka kembali akun saya

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *