4 Cara Membuka Suspend Akun Grab Penumpang yang Dibekukan

By | 11 Desember 2018

Suspend bisa disebut juga sebagai pembekuan/pemblokiran akun Grab. Suspend akun Grab ini rupanya tidak hanya terjadi pada akun pengemudi/mitra Grab. Akun dari penumpang juga bisa terkena suspend dari pihak Grab. Lantas bagaimana cara membuka suspend akun grab dibekukan buat penumpang tersebut, singkatnya bagaimana cara membuka blokiran grab penumpang? Simak ulasan berikut ini.

Cara Membuka Suspend Akun Grab Penumpang

Penyebab Akun Grab Dibekukan buat Penumpang

Grab juga memberlakukan pengawasan yang cukup ketat terhadap aktivitas penumpang. Jika didapati ada yang tidak wajar, akun Grab bisa saja terkena suspend. Pemblokiran akun penumpang oleh pihak Grab bisa disebabkan oleh beberapa hal:

1. Sering masuk akun Grab dengan perangkat yang berbeda

Jika Anda terlalu sering melakukan log in akun Grab melalui ponsel perangkat yang berbeda, hal itu dapat membuat akun Anda dibekukan. Sistem dari Grab mendeteksinya sebagai aktivitas yang tidak wajar. Akibatnya sistem melakukan pemblokiran pada akun Anda.

Lebih baik membuat akun baru jika ingin membukanya dari perangkat lain. Hal ini mencegah dari pemblokiran akun daru pihak Grab.

2. Terlalu sering membatalkan pesanan

Bukan hanya akun Grab Driver, akun Grab penumpang dibekukan jika terlalu sering membatalkan pesanan. Jadi, jangan suka iseng main cancel order. Selain menyusahkan driver, dapat doa keburukan, akibat paling awal adalah akun Grab penumpang Anda dibekukan.

3. Menghidupkan VPN ketika masuk akun Grab

Aplikasi VPN di android memang bisa menjadi salah satu cara untuk lebih bebas mengakses situs yang dibutuhkan. Namun ketika Anda masuk akun Grab, usahakan aplikasi VPN telah dimatikan. Jika Anda masuk ketika VPN masih menyala, maka sistem akan mendeteksi sebagai akses akun dari perangkat yang berbeda.

4. Sering berganti nama akun

Terlalu sering mengganti nama akun membuat sistem Grab mencurigai aktivitas tersebut, bahkan menganggapnya berbahaya. Demi kelancaran, gunakan nama asli pada akun Anda.

5. Terlalu Banyak Mengisi Saldo

Grab memiliki e-money untuk pembayaran yang bekerja sama dengan OVO. Bila saldonya kosong, transaksi bisa dilakukan dengan tunai. Namun jika saldonya terlalu besar, sistem dapat mencurigainya. Jika mengisi saldo, maka secukupnya saja, sebab OVO bukan rekening tabungan.

Baca juga:

Jangan pernah mengendapkan saldo di akun Grab Penumpang Anda. Akan sangat menyakitkan kalau saldo ratusan ribu, tahu-tahu kena suspend.

Itulah beberapa penyebab akun Grab Penumpang dibekukan. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa membaca artikel Penyebab akun grab dibekukan, untuk penumpang dan driver

Kerugian Akibat Akun Grab Suspend

Pemblokiran tentu saja membawa kerugian. Setidaknya ada 3 kerugian bagi penumpang jika akunnya mendapat suspend dari pihak Grab.

Saldo GrabPay Hangus

Ketika akun Grab Penumpang milik Anda suspend, maka otomatis semua saldo di dalamnya, meskipun baru melakukan top up atau isi ulang, akan hangus. Ini adalah akibat sistem yang serba otomatis. Sedangkan pihak pengelola biasanya akan lebih taat pada sistem daripada mempertimbangkan kehalalan uang yang dihasilkan dari “penghangusan” tersebut.

Namun memang penggunaan sistem tersebut bukan tanpa alasan. Berbagai kasus memaksa pihak Grab untuk menerapkan aturan ketat terhadap akun-akun bermasalah. Meskipun pada akhirnya juga berimbas pada akun yang tidak sengaja. Nah di sinilah fungsinya cara mengaktifkan akun grab penumpang yang dibekukan.

Harus Buat Akun Baru, Aktifitas Jadi Terhambat

Akibat lain ketika akun grab penumpang dibekukan adalah terbuangnya waktu untuk membuat akun baru. Di mana seharusnya Anda sudah bisa segera memesan jasa ojek online, malah harus sibuk membuat akun baru.

Berkurangnya Efisiensi Waktu

Jika akun Anda tidak terkena suspend, Anda bisa tinggal pesan ketika membutuhkan jasa Grab. Berbeda cerita ketika akun Anda diblokir oleh Grab. Setidaknya Anda harus membuat akun baru dahulu, meminta blokir dibuka, atau meminta teman untuk memesankan. Tentu saja hal itu membuat efisiensi waktu menjadi berkurang.

3 Cara Membuka Suspend Akun Grab Penumpang

Ketika akun Anda di Grab dibekukan karena sebab tertentu, seperti yang sudah dibahas, ataupun karena sebab yang Anda sendiri tidak mengerti. Silakan ikuti langkah berikut ini.

1. Email ke grab

Langkah paling sederhana adalah dengan mengirim email ke CS Grab. Alamat email Grab untuk pengaduan ini adalah [email protected]. Beri saja subyeknya dengan kata-kata “Mohon Aktifkan Akun Saya” dan sejenisnya. Selanjutnya, agar permohonan Anda mudah dikabulkan, katakan saja bahwa Anda masih baru dalam menggunakan aplikasi dan layanan Grab. Sehingga kesalahan Anda murni ketidaktahuan. Jurus merendah begini biasanya ampuh.

akun grab dibekukan

Langsung kirim email ke grab

Hanya saja mengaktifkan akun Grab Penumpang yang dibekukan dengan cara berkirim email begini kurang efektif. Soalnya berdasarkan pengalaman, pihak Grab sangat lambat melayani aduan lewat email.

Cara ini bebas dilakukan oleh driver, baik grabbike mau pun grabcar. Semoga bisa menyelesaikan permasalahan grabbike dan grabcar anda.

2. Cara Mengaktifkan Akun Grab Penumpang yang Dibekukan Dengan Menelpon CS

Langsung saja hubungi nomor 021 – 8064 8777. Anda akan dilayani oleh Customer Service Grab. Sampaikan alasan Anda untuk mengaktifkan akun yang suspended. Mohon maaf jika telah terjadi kesalahan.

3. Mengisi Formulir Banding

Cara ini lumayan ampuh untuk mengaktifkan akun Grab penumpang yang dibekukan. Anda bisa mengisi formulir naik banding penumpang grab.

  1. Akses langsung ke halaman www.grab.com/id/appeal/passenger/.
  2. Bisa juga dengan buka “Help Centre” yang ada pada aplikasi Grab kemudian mengisi formulir, formulir ini dinamakan “formulir naik banding penumpang grab”.
  3. Selanjutnya ikuti prosedur pengisian formulir yang tersedia.
  4. Ketika memilih “Reason” pilih saja “Other” lalu paparkan alasannya,
  5. bahkan Anda pun bisa menanyakan pelanggaran apa yang telah Anda lakukan sehingga sistem membekukan akun Anda.
akun grab dibekukan

Naik banding penumpang Grab

Untuk itu, Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Verifikasi email terlebih dahulu: Tujuannya untuk melindungi privasi anda
  2. Update aplikasi: Pada bbrp kasus bisa menyelesaikan masalah
  3. Masuk ke Help Centre di aplikasi: Anda bisa mengakses Help Centre (Pusat Bantuan) di aplikasi guna mendapatkan pengalaman yang lebih personal
  4. Cari jawaban instan: Artikel di laman resmi Grab menyediakan jawaban cepat untuk beberapa masalah yang seringkali ditanyakan
  5. Beritahu tim Grab: Apabila jawaban tidak tersedia, silahkan kontak CS melalui formulir banding yang tersedia
  6. Anda bisa memperoleh kontak CS via email dan memperoleh balasan via email dengan syarat email anda sudah terverifikasi
  7. Jangan sekali kali mengunggah data/ informasi pribadi (jika tidak diminta)
  8. Mengirim email ke Grab. Alamat emailnya adalah [email protected] Anda dapat menambahkan subyek dengan kata-kata “Mohon Aktifkan Akun Saya” atau sejenisnya. Ceritakan apa permasalahannya sehingga akun Anda dibekukan. Namun pengaduan melalui email lambat untuk ditangani.
  9. Menelpon CS di nomor 021 – 8064 8777. Jelaskan alasan mengapa Anda ingin kembali mengaktifkan akun yang terkena suspend.
  10. Mengisi formulir banding ke halaman www.grab.com/id/appeal/passenger/ dan tinggal ikuti langkah-langkahnya.

Meskipun cara mengaktifkan akun Grab penumpang yang dibekukan ini ampuh, namun Anda harus ekstra sabar. Soalnya ada yang menunggu sampai 14 hari kerja.

Sebenarnya ada cara mengaktifkan akun grab yang dibekukan, yang lebih mudah. Yaitu dengan berkomentar di akun media sosial Grab, misalnya Instagram, Tweetter, maupun Facebook. Namun cara ini tidak disarankan karena jawaban yang disampaikan selalu kembali ke poin-poin yang telah kami uraikan di atas. Yaitu diminta menelepon CS atau mengajukan banding. Soalnya akun medsos memang tujuannya untuk promosi, sehingga hanya menerima aduan yang tergolong ringan.

4. Kontak via sosial media

Tidak ada salah nya mencoba cara ini, dan setahu saya, CS grab akan sangat responsif jakalau anda mengontak mereka melalui twitter. Meski demikian, anda bisa mencoba untuk menghubungi mereka via sosial media yang ada, selama mereka masih available.

Begitulah cara membuka akun Grab suspend bagi para pemilik akun Grab driver, baik Grabbike maupun Grabcar, hingga penumpang. Apabila terkena suspend, driver dapat mengajukan naik banding pada pihak Grab. Namun, naik banding belum tentu menjamin driver untuk bisa membuka kembali akunnya. Sebaiknya, hindari hal-hal yang bisa membuat akun driver dibekukan. Tetaplah bekerja jujur dan semangat, drivers!

Itu dia beberapa cara membuka suspend akun Grab penumpang. Kuncinya adalah sabar menunggu proses hingga akun Anda kembali. Semoga berhasil ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *